Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Desain Shabby Chic

    Desain Shabby Chic, Pesona Tren Interior Manis yang Elegan

    Konsep shabby chic merupakan gaya desain yang menggambarkan suasana dengan kesan lembut, feminin dan antik melalui penggunaan beragam furniture. Gaya interior ini mengingatkan pada suasana pedesaan Eropa yang nyaman dan tenang. Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

    Pengertian Desain Shabby Chic

    Dekorasi rumah shabby chic adalah sebuah tren desain interior yang memanfaatkan penggunaan furniture. Biasanya,hiasan dekorasi shabby chic rumah dipenuhi oleh unsur vintage dan antik. Gaya interior ini telah populer sejak akhir 1980an yang terinspirasi dari gaya rumah tradisional di pedesaan Inggris. 

    Desain ini biasanya memadukan motif floral dengan dominasi warna putih atau pastel sehingga memberi kesan feminin pada rumah. Uniknya, desain ini juga memanfaatkan trend daur ulang furniture yang sudah usang. Sehingga, tak hanya menciptakan aksen interior yang unik tetapi juga elegan.

    Warna Rumah Shabby Chic

    shabby chic

    Konsep shabby chic yang mengusung tema feminin dan kasual ini memang sangat digemari banyak kalangan terutama oleh kaum wanita. Biasanya, warna-warna pastel yang lembut menjadi pilihan untuk menciptakan konsep tersebut. Beberapa warna yang sering diterapkan untuk desain ini adalah warna putih, beige, merah muda, biru muda serta mint. 

    Baca juga: KENALI FUNGSI KITCHEN ISLAND DAN 7 INSPIRASI DESAINNYA

    Contoh Penerapan Desain Shabby Chic

    Selain warna, tentu Anda juga perlu memahami bagaimana contoh penerapan desain shabby chic yang benar. Berikut langkah-langkahnya.

    1. Hiasan dinding dan dekorasi shabby chic

    shabby chic

    Penggunaan hiasan dinding atau dekorasi shabby chic yang tepat pada ruangan tentunya menambah kesan elegan dan cantik pada interior rumah. Beberapa dekorasi yang dapat Anda tambahkan seperti cermin, pajangan, vas bunga, rak, lampu gantung, sofa serta lemari.

    2. Desain kamar tidur shabby chic

    shabby chic

    Salah satu ruangan yang sering di desain dengan konsep ini adalah kamar tidur. Sentuhan feminin dan elegan dinilai mampu memberikan kenyaman dan ketenangan saat Anda sedang beristirahat di kamar.

    Bagi Anda yang tertarik mendekorasi hunian menggunakan desain ini, berikut beberapa tipsnya.

    1. Memilih warna natural

    shabby chic

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, desain ini identik dengan warna - warna pastel natural. Oleh karena itu, Anda dapat memulai dengan menggunakan palet off white dan krem sebab warna - warna tersebut netral dan cocok dipadukan dengan warna lainnya. 

    Ketika ingin mendapatkan tampilan yang sempurna, gunakan aksen kayu berwarna putih, abu - abu atau coklat pada lantai. Selain memperhatikan pemilihan warna, Anda juga bisa menambahkan penggunaan dekorasi yang memiliki banyak detail dan tekstur seperti kain linen, rajutan dan renda untuk menghindari tampilan datar dan membosankan. 

    2. Memajang Aksesoris Rumah yang Tepat

    shabby chic

    Cara membuat desain kamar tidur shabby chic berikutnya adalah memilih aksesoris rumah yang tepat untuk dipajang. Meskipun memiliki konsep vintage yang menonjolkan aksesoris bergaya lawas, hindari pernak-pernik yang terlalu kuno dan terkesan kelam. Misalnya, Anda dapat memadukan aksesoris silver di atas meja kayu atau karpet vintage dengan desain floral pada lantai kayu rumah Anda. Beberapa aksesoris lain yang dapat Anda gunakan adalah vas bunga, cermin, hiasan dinding serta lilin aroma terapi.

    3. Memadupadankan Furniture 

    shabby chic

    Dekorasi furniture merupakan poin penting dalam mendesain dan dekorasi rumah shabby chic. Misalnya, memilih sofa berukuran besar yang antik namun tidak meninggalkan kesan seperti furniture baru. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan perabot berwarna dasar pastel. Disarankan untuk menggunakan furniture berbahan kayu dengan warna natural dan tidak mengkilap.

    4. Beri Sentuhan Nuansa Pedesaan

    shabby chic

    Desain rumah shabby chic yang terinspirasi dari rumah-rumah di desa Eropa membuatnya wajib diterapkan dalam proses dekorasi. Anda dapat menciptakan nuansa pedesaan dengan menambahkan sentuhan alami seperti penggunaan kayu eak, kain linen serta katun.

    5. Manfaatkan Motif Bunga

    shabby chic

    Ketika ingin mendapatkan desain yang sempurna, tambahkan motif bunga mawar klasik. Dengan adanya motif bunga ini akan memancarkan kesan feminin pada tampilan rumah Anda. 

    6. Tambahkan Aksesoris Vintage

    shabby chic

    Cara mendekorasi selanjutnya dapat dilakukan dengan menambahkan beragam aksesoris vintage. Misalnya, pilih kain bergaris dengan motif bunga untuk sarung cushion. Kemudian gantung cermin antik dan dekorasi dengan banyak tanaman bunga segar dalam pot untuk menciptakan kesan vintage secara optimal.

    Tips Desain Kamar Tidur Shabby Chic

    Dekorasi rumah shabby chic memang cocok diterapkan pada setiap ruangan di dalam rumah termasuk kamar tidur yang merupakan ruangan paling pribadi milik Anda. Berikut ini tips desain kamar tidur yang dapat Anda ikuti di rumah.

    1. Perhatikan Pilihan Warna

    shabby chic

    Bagi Anda yang ingin menonjolkan konsep shabby chic melalui warna furniture, maka sangat disarankan untuk memilih warna putih pada cat dinding kamar. Selain warna putih, Anda juga dapat menggunakan warna lembut lainnya seperti baby blue, dusty pink dan krem. 

    Warna pastel polos tanpa motif pada dinding kamar akan terlihat cantik ketika dikombinasikan dengan furniture bermotif. Namun, Anda perlu menghindari penggunaan unsur glossy, warna emas atau perak serta pelitur berwarna gelap sebab dapat merusak perpaduan warna kamar Anda.

    2. Memilih Furniture

    shabby chic

    Ketika ingin menyempurnakan tampilan kamar tidur, gunakan furniture klasik yang dicat dengan warna solid. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan furniture dengan cat clear gloss yang memberikan tampilan warna alami kayu. Mengecat perabotan kamar juga dapat dilakukan dengan teknik menyisakan goresan usang untuk memberi kesan lawas. 

    Bagi Anda yang menginginkan furniture berwarna pastel, pastikan untuk menghindari penggunaan tiga warna yang berbeda. Sebab, warna yang berbeda justru akan memberi kesan berantakan pada kamar.

    3. Menyesuaikan Sprei

    shabby chic

    Tak hanya warna dan furniture, pemilihan sprei juga harus diperhatikan dalam dekorasi kamar tidur. Gunakan sprei dan bed cover motif bunga dengan warna pastel yang memiliki detail pita dan renda untuk memberikan kesan elegan dan feminin. Meski begitu, pemilihan sprei juga harus disesuaikan terlebih dulu dengan warna dan motif yang digunakan pada perabotan kamar lainnya.

    4. Lampu dan Pencahayaan

    shabby chic

    Keberadaan lampu meja atau desk lamp dapat memberikan kesan manis pada kamar Anda. Pilih lampu meja bergaya klasik dengan ukiran atau motif bunga berwarna pastel. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan lampu gantung atau chandelier untuk mempercantik kamar.

    Desain Shabby Chic yang elegan dan kental dengan kesan vintage membuat siapapun akan merasa nyaman. Gaya interiornya yang kasual dan tidak terlalu rumit bisa menjadi pilihan tepat untuk diterapkan di rumah maupun kamar Anda. Selain itu, desain ini juga tidak memiliki pedoman aturan yang ketat sehingga Anda tetap bisa bebas menggabungkan berbagai unsur vintage dengan memanfaatkan barang-barang lawas secara maksimal.

    Baca juga: 12 KOMBINASI CAT DINDING KAMAR 2 WARNA ELEGAN TERBAIK 2021