Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Dinding Bata

    7 Ide Dinding Bata untuk Rumah Kekinian Terbaru, Keren!

    Dinding bata selain mudah dibuat, budget yang dikeluarkan pun lebih hemat sehingga sisanya dapat digunakan untuk keperluan lain. Tembok bata pun terkenal kokoh dan mampu bertahan dari segala cuaca. 

    Penggunaan dinding bata untuk interior rumah dapat dikolaborasikan dengan gaya apapun, seperti scandinavian, modern sampai rustic. Maka dari itu, terdapat 7 desain rumah dengan dinding batu bata yang dapat menjadi inspirasi terbaik Anda.

    7 Inspirasi Dinding Bata

    Batu bata tidak hanya membuat rumah terlihat kokoh, namun juga menarik jika Anda bisa mengaplikasinya. Untuk itu cek inspirasi desain rumah dinding bata berikut ini!

    Dinding gaya interior modern dengan batu bata

    dinding bata

    Menggunakan bata sebagai interior modern merupakan langkah awal untuk Anda menciptakan ruangan minimalis. Bukan tidak mungkin dinding material bata diterapkan pada hunian modern, karena kesan artistik dan sederhana semakin terpancar dari desain dinding ini. 

    Pada interior modern, pastikan memakai bata dengan komposisi warna yang lebih solid dan konsisten. Memasangnya pun butuh ketelitian sebab jika ada sedikit saja celah atau deretan bata yang tidak rapi, maka tampilan pada ruangan akan terlihat buruk.

    Dinding bata gaya scandinavian

    dinding bata

    Memakai material batu bata pada dinding tak sepenuhnya warna kemerahan, pada gaya scandinavian Anda dapat merubahnya dengan jenis warna minimalis. Misalnya saja mengambil tone warna grayscale untuk dinding.

    Warna grayscale tersebut didapat akibat penggunaan atau pengapuran semen putih pada tahap pemasangannya. Dinding jenis ini cocok pada ruangan bergaya scandinavian yang menggunakan sedikit palet warna. Jika dinding bata sudah berwarna monokrom, kini saatnya menyesuaikan warna  furnitur dengan dan dekorasinya.

    Dinding bata untuk gaya interior rustic

    dinding bata

    Gaya rustic identik dengan warna gelap dan ruangan desain ala American. Pada konsep ini, salah satu karakteristik yang dominan yakni ada pada warna batu batanya, yaitu abu-abu, hitam, putih dan coklat.

    Usahakan mencari warna bata yang sesuai. Untuk memperkuat gaya rusticnya, kombinasikan bata dengan material kayu bertekstur kasar dan kontras. Ada pula material metal dan besi yang cocok untuk menghidupkan nuansa industrial pada dinding.

    Batu bata hitam untuk konsep mewah

    dinding bata

    Desain rumah minimalis kebanyakan memakai palet monokrom sebagai warna utamanya. Tak terkecuali pada dinding bata, Anda pun dapat menggunakan bata hitam pada beberapa sisi ruangan. Kesan mewah dan elegan semakin menambah kenyaman Anda ketika masuk pada hunian desain satu ini.

    Desain rumah dengan batu bata hitam juga menjadi alternatif lain untuk menghadirkan hunian modern yang menarik. Warna hitam pada dindingnya akan membantu Anda lebih fokus melakukan sesuatu karena hanya beberapa warna yang ditampilkan sehingga tidak menarik pandangan melihat sekitar.

    Baca juga: 7 VARIASI DINDING ROSTER, IDE SIRKULASI UDARA UNIK PENUH GAYA

    Dinding bata ekspos susun

    dinding bata

    Hal lain yang dapat menambah kreativitas Anda dalam menggunakan batu bata, adalah dengan menggunakan pola penyusunan dalam membuat dinding bata. Pola penyusunan yang sedikit rumit dan membutuhkan ketelitian tentu mengasah kesabaran, tetapi Anda pun akan mendapat desain dinding yang unik dari pola yang dibuat.

    Untuk dinding material bata yang berhubungan langsung dengan ruangan luar, pola penyusunan dengan celah atau renggah memberi efek pencahayaan yang menarik.

    Batu bata disusun sesuai pola agar dinding memiliki karakteristik lebih dinamis serta tidak monoton. Begitu pula dengan resikonya, memiliki desain dinding bata yang renggang akan memberi celah udara dingin masuk serta mengganggu privasi apabila diaplikasikan pada ruang tidur.

    Dinding batu bata half and half

    dinding bata

    Masih ragu menerapkan dinding batu bata karena teksturnya yang terlalu kasar? Anda bisa mengatasinya dengan mengimplementasi bata ekspos secara minimalis pada beberapa sisi dinding. Kreasi dinding satu ini menggambarkan perpaduan antara dinding poles dengan batu bata di setengah sisinya.

    Dengan menambahkan finishing yang lebih jelas pada bagian bawah dinding tentu daya tahannya lebih baik karena secara tidak langsung terhindar dari air. Sehingga, kebanyakan desain bata half and half diterapkan pada kamar mandi atau ruangan yang memerlukan ketahanan.

    Dinding all white 

    dinding bata

    All white berarti mengaplikasikan warna putih secara keseluruhan pada dinding termasuk untuk sisi material bata. Warna putih ini terkesan luas dan bersih, tentu tak menghadirkan suasana bosan apalagi ketika Anda menerapkannya pada ruang tamu atau kamar tidur. 

    Perlu di garis bawahi, penggunaan dinding all white harus melalui tahap pewarnaan yang teliti. Desain dinding ini tak hanya memberi nuansa bersih, tetapi membuat ruangan lebih fleksibel untuk dipadukan dengan berbagai model lain.

    Tak semua orang menyukai tampilan rumah dengan dinding berhias batu bata, jelas karena kebanyakan rumah selalu mempoles dinding dasar bata agar terkesan rapi. Tetapi tak ada salahnya mencoba ide baru dengan membiarkan dasar dinding bata menjadi perhatian menarik. Dengan menambahkan 7 inspirasi di atas, tentu Anda dapat membuat dinding berhias bata semakin indah dan memiliki nilai estetika.

    Baca juga: 10 JENIS DINDING BATU ALAM UNTUK DESAIN HUNIAN MODERN