Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Dinding Batu Alam

    10 Jenis Dinding Batu Alam untuk Desain Hunian Modern

    Keramik dinding batu alam adalah salah satu material yang banyak digunakan sebagai pelengkap finishing. Kesan alami yang ditawarkan menjadi salah satu alasan mengapa model dinding batu alam minimalis begitu disukai. Anda salah satunya? Pahami dulu karakteristik, cara memasang serta jenis desain dinding batu alam rumah minimalis berikut ini.

    Jenis Keramik Dinding Batu Alam

    Ada banyak model dinding batu alam yang sering dimanfaatkan untuk membuat suasana hunian tampak lebih alami. Di antaranya jenis andesit, templek dan granit. Bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan dan ciri khas di setiap jenisnya, berikut penjelasan lengkap daftar model batuan alam.

    Batu andesit

    dinding batu alam batu andesit

    Sumber: arstones.wordpress.com

    Di antara jenis lainnya, batu andesit adalah batuan berpori rapat yang paling keras. Andesit berasal dari gunung berapi dengan warna khas abu-abu ataupun hitam. Sifat Andesit yang kuat dan padat membuatnya tahan di segala cuaca sehingga sering menjadi favorit banyak orang untuk melapisi suatu ruang.

    Batu candi

    dinding batu alam batu candi

    Sumber: casaaltadecor.com.br

    Sesuai namanya, batuan jenis ini merupakan bahan material utama pembangunan candi dan stupa pada zaman dahulu. Dibandingkan jenis lain, batuan candi merupakan tipe yang paling murah dan sejuk sehingga disukai banyak orang. Biasanya, batu candi dijual dalam satuan lempengan untuk mempermudah proses pemasangan pada dinding.

    Batu marmer

    dinding batu alam marmer

    Sumber: fox-marble.com

    Meski banyak digunakan sebagai permukaan lantai dan dapur, nyatanya marmer juga bisa dimanfaatkan untuk keramik dinding batu alam rumah minimalis yang elegan. Sebaiknya, hindari memasang marmer di bagian luar rumah sebab karakteristiknya yang rentan akan perubahan cuaca.

    Batu cladding

    dinding batu alam batu cladding

    Sumber: bobosstone.com

    Batu cladding merupakan teknik penyusunan beberapa warna batuan berbeda. Polanya yang unik membuat hasil pemasangan batu cladding terlihat seperti kumpulan susunan mozaik. Itulah sebabnya, batu cladding lebih cocok digunakan sebagai pelengkap desain exterior rumah.

    Batu templek

    dinding batu alam batu templek

    Sumber: floorheatingsystemsinc.com

    Bila dikelompokkan sesuai pola, ada dua motif batu templek yang paling banyak ditemukan yakni persegi dan acak. Batu templek persegi biasanya berharga lebih mahal karena bentuknya simple dan dapat mempermudah proses pemasangan. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab batu templek berpola acak akan terlihat lebih alami dan natural bila diaplikasikan.

    Batu palimanan

    dinding batu alam batu palimanan

    Sumber: configurator-show.xdeoffice.online

    Berbeda dengan marmer, batu palimanan dapat tahan diletakkan di segala penjuru rumah, baik dalam maupun luar ruangan, bahkan di area outdoor sekalipun. Meski demikian, palimanan juga memerlukan perlakuan khusus dengan memberi cairan pelapis untuk menjaga warna dan menghindari kotoran masuk ke dalam pori-pori batu yang besar. 

    Batu paras Jogja

    dinding batu alam batu paras jogja

    Sumber: pinterest.com

    Ada dua jenis batu paras Jogja yang sering digunakan, yakni batu paras Jogja putih dan batu paras Jogja krem. Tampilannya yang elegan dan mempesona membuat batu paras Jogja putih dibandrol dengan harga lebih mahal daripada batuan krem. Teksturnya yang lembut juga membuat batu paras Jogja terlihat mewah bila diaplikasikan pada dinding hunian.

    Batu granit

    dinding batu alam batu granit

    Sumber: hatma.net

    Batu granit adalah jenis batuan paling populer yang sering digunakan sebagai pelapis lantai, wall veneer, hingga dinding kamar mandi dan dapur. Selain menciptakan kesan natural dan segar, batu granit juga akan menimbulkan kesan alami pada hunian, terutama bila diaplikasikan pada dapur dan kamar mandi.

    Batu susun sirih

    dinding batu alam batu susun sirih

    Sumber: kibrispdr.org

    Umumnya, batu susun sirih tersedia dalam ukuran 3x40 cm atau 3x30cm. Setelah dipasang, batu susun sirih akan menampilkan guratan tekstur dengan keunikan tampilan yang berbeda dari batuan alam biasa lainnya. Batu susun sirih cocok digunakan sebagai lapisan dinding pada pagar dan tiang-tiang rumah.

    Batu sabak

    dinding batu alam batu sabak

    Sumber: zdocs.tips

    Batu sabak atau yang juga bisa disebut sebagai dinding batuan alam kali banyak digunakan sebagai pondasi bangunan karena kekuatannya. Biasanya, batu sabak dibentuk menjadi lempengan yang lebih tipis agar mudah dipasang sebagai pelapis dinding. Selain itu, batu sabak juga sering diaplikasikan untuk pinggiran kolam, taman, tiang dan dinding pagar. 

    Baca juga: 8 INSPIRASI DESAIN KAMAR MANDI BATU ALAM NATURAL MODERN

    Kelebihan dan Kekurangan Keramik Dinding Batu Alam

    Sama seperti material lainnya, model dinding batu alam juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja? Berikut daftarnya.

    Kelebihan Keramik Dinding Batu Alam

    Inilah beberapa keunggulan yang akan Anda dapat saat mengaplikasikan batuan alam pada dinding rumah.

    1. Terhindar dari lumut dan jamur

    Anda pasti kesal bukan jika melihat material rumah ditumbuhi jamur dan lumut? Desain dinding batu alam minimalis bisa jadi solusi agar rumah terbebas dari noda lumut dan jamur yang sering mengganggu estetika ruangan.

    2. Perawatan yang mudah

    Saat mengaplikasikan desain dinding batu alam minimalis di rumah, Anda tidak perlu khawatir soal cara perawatannya. Sebab, batuan alam telah dianugerahi warna indah serta tekstur kuat sehingga lebih awet dan tahan lama.

    3. Warna dan tekstur rumah yang lebih bervariasi

    Batuan alam mempunyai tekstur, bentuk dan warna yang sangat beragam. Oleh karena itu, menggunakan keramik dinding batu alam rumah minimalis akan mempermudah Anda untuk menyesuaikannya dengan konsep hunian yang akan dibangun.

    4. Menciptakan kesan mewah, natural dan elegan

    Disadari atau tidak, selain kesan natural dan alami, nilai estetika hunian akan langsung meningkat jika penggunaan keramik dinding batu alam sesuai dengan dekorasi serta tata letak ruang.

    5. Ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan

    Bervariasinya bentuk dan ukuran, membuat batuan alam mudah disesuaikan dengan kebutuhan tiap sudut maupun ruangan yang berbeda. Poin ini juga membuat Anda lebih bebas berkreasi sesuai desain yang diinginkan.

    6. Harga jual rumah yang meningkat

    Selain karena mahalnya harga bebatuan alam, rumah dengan desain dinding batu alam minimalis akan bernilai jual tinggi sebab nilai estetikanya. Hal ini akan menguntungkan Anda, mengingat rumah merupakan salah satu investasi berpotensi tinggi.

    Kekurangan Keramik Dinding Batu Alam

    Di samping keunggulannya, ada juga beberapa kekurangan model dinding batu alam rumah minimalis yang perlu Anda ketahui. Berikut daftarnya

    1. Butuh pelapis khusus

    Pori-pori besar yang dimiliki batuan alam membuatnya butuh zat pelapis khusus saat proses pemasangan berlangsung. Bila tidak dioleskan, air akan mudah masuk ke sela-sela batu sehingga memicu tumbuhnya lumut.

    2. Proses pemasangan yang sulit

    Sebelum memasangnya di rumah, perlu diketahui bahwa material bebatuan alam sangat berat daripada batu biasa lainnya. Akibatnya, selain proses pemasangan yang sulit Anda juga perlu memperhitungkan kekuatan struktur bangunan agar tidak roboh.

    3. Sulit diperbaiki

    Berbeda dengan batu biasa yang jika kotor hanya perlu dibersihkan dengan air, hampir tidak ada solusi untuk bebatuan alam bila terkena noda. Menggantinya dengan yang baru pun tidak akan menyelesaikan masalah mengingat kuatnya lem perekat.

    4. Harganya yang mahal

    Bila Anda berniat untuk membuat rumah dengan budget minim, keramik dinding batu alam minimalis bukanlah pilihan terbaik. Hal itu disebabkan oleh harga batuan alam yang jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan keramik biasa.

    Cara Memasang Keramik Dinding Batu Alam

    Berbeda dengan keramik biasa, berikut cara memasang model dinding batu alam rumah minimalis.

    1. Rendam batu

    Merendamnya hingga pori-pori besarnya hilang adalah langkah awal sebelum memasang desain dinding batu alam minimalis di rumah. Bila langsung dipasang, batuan alam akan beresiko lepas dan tidak kuat.

    2. Amplas permukaan dinding

    Bila batu sudah direndam, langkah selanjutnya adalah mengamplas atau mengupas permukaan dinding yang kasar. Hal ini akan membantu susunan batu menempel lebih padat dan rekat sehingga terlihat kuat.

    3. Gunakan semen khusus

    Bobotnya yang berat, mengharuskan Anda untuk menggunakan semen ataupun perekat khusus agar batuan lebih rekat menempel. Jangan lupa juga untuk mengaduk adonan semen secara merata dan aplikasikan dengan mendetail pada permukaan batu.

    4. Perhatikan proses finishing

    Mengingat proses pembersihannya yang sangat sulit, sebaiknya perhatikan proses finishing pemasangan terutama untuk bekas-bekas semen. Terakhir, tambahkan zat pelapis khusus agar tampilan model dinding batu minimalis terlihat mengkilap.

    Keragaman jenis serta cara memasangnya membuat batuan alam mampu dikreasikan menjadi berbagai macam tampilan dan pola yang menarik. Bahkan karena kepopulerannya, batuan alam seolah menjadi salah satu elemen wajib yang ada dalam setiap pembangunan rumah. Tertarik mengaplikasikannya?

    Baca juga: 10 DESAIN RUMAH BATU ALAM TERBARU, GAYA HUNIAN MINIMALIS ALAMI