Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Dinding Partisi

    Ini 7 Jenis Dinding Partisi Lengkap Ciri Khas & Manfaatnya!

    Dinding partisi seringkali menjadi alternatif untuk membagi ruangan besar menjadi beberapa area kecil tanpa harus melakukan renovasi. Solusi ini biasanya digunakan untuk memaksimalkan fungsi ruangan atau bisa juga dipakai sebagai elemen yang dapat memberi privasi penggunanya.  

    Namun sebaiknya, perhatikan dulu karakteristik dari setiap jenis tembok partisi yang akan Anda gunakan. Sebab ada bermacam-macam tembok partisi yang beredar di pasaran dan tidak semua akan cocok digunakan sebagai penyekat ruang. Untuk itu, berikut beberapa detail dinding partisi yang harus Anda ketahui sebelum mulai menggunakannya.

    Macam-macam Dinding Partisi

    Ada banyak jenis tembok partisi yang bisa Anda gunakan dan temui dengan mudah di pasaran. Misalnya saja dinding partisi gypsum yang populer di kalangan para kontraktor. Namun selain dinding partisi gypsum, masih ada beberapa jenis lain. Apa saja? Berikut daftarnya

    Kaca

    dinding partisi kaca

    Sumber: befurniture.com

    Bening dan kuatnya material kaca membuatnya cocok digunakan sebagai tembok partisi untuk suatu bangunan. Biasanya, dinding partisi bermaterial kaca sering diaplikasikan pada interior kantor sebagai pembatas antar ruangan. Walau demikian, kini sudah banyak hunian pribadi yang juga menggunakan kaca untuk memberikan kesan minimalis modern.

    Papan gypsum

    dinding partisi papan gypsum

    Sumber: sosvaljalbert.com

    Dinding partisi gypsum merupakan salah satu jenis yang paling populer di dunia konstruksi sebab dinilai lebih ringan, hemat energi, fleksibel, dan tahan akan gempa. Bahkan, dinding partisi gypsum pun dianggap ramah lingkungan sehingga aman untuk kesehatan. Permukaannya yang halus juga jadi alasan tambahan mengapa detail dinding partisi gypsum begitu disukai oleh banyak orang.

    Bata

    dinding partisi bata

    Sumber: perfectspaceinteriors.com

    Baik hunian modern maupun konvensional, popularitas bata sebagai material dinding partisi masih belum tergeser hingga sekarang. Hal ini lantaran bentuknya yang padat dan solid juga membuat bata dianggap mampu menjamin tertutupnya privasi dengan sempurna. Apalagi bata juga memunculkan kesan netral sehingga cocok dipadukan dengan berbagai konsep hunian.

    Polycarbonat

    dinding partisi polycarbonat

    Sumber: dazeen.com

    Meski sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan kanopi, nyatanya polycarbonat juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti dinding partisi gypsum biasa. Karakteristiknya yang kuat dan tahan akan guncangan juga jadi faktor utama mengapa polycarbonat cocok digunakan sebagai tembok partisi. Di samping itu, tampilan visualnya yang transparan seperti kaca tentu akan membuat interior Anda tampak lebih minimalis dan modern.

    Kayu

    dinding partisi kayu

    Sumber: st.hzcdn.com

    Bagi Anda yang ingin menghadirkan suasana natural khas alam yang hangat dan meneduhkan, material kayu bisa jadi salah satu dinding partisi terbaik. Karakteristik kayu yang padat dan kokoh tentu membuat tembok partisi nantinya kuat dan tahan lama. Selain itu, ada banyak pula jenis kayu yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan konsep desain. 

    Besi

    dinding partisi besi

    Sumber: image.made-in-china.com

    Biasanya, dinding partisi berbahan material metal atau besi sering digunakan pada hunian-hunian mewah berkelas yang identik akan nuansa elegan. Apalagi bila besinya dibalut dengan warna silver ataupun emas, pasti tampilannya akan tampak semakin mengkilap dan mahal. Tertarik mencobanya?

    Kalsiboard

    dinding partisi kalsiboard

    Sumber: d1tm14lrsghf7q.cloudfront.net

    Bila Anda ingin lebih menghemat biaya pengeluaran dan tidak tertarik untuk menggunakan dinding partisi gypsum, cobalah untuk memanfaatkan material kalsiboard. Teksturnya yang rata dan halus tentu akan membuat tampilan tembok nantinya bisa lebih menawan. Tak hanya itu, kalsiboard juga termasuk material yang kuat, lentur, mudah dipasang, dan dirawat.

    Ciri Khas Dinding Partisi Berkualitas

    Setelah mengetahui beberapa jenisnya, tentu Anda semakin tak sabar untuk segera membuat tembok partisi di rumah. Tapi jangan salah pilih! Berikut beberapa karakteristik dan ciri khas detail dinding partisi yang bagus untuk dipilih

    1. Ketebalan bahan yang pas

    Pastikan Anda telah memperhitungkan ketebalan material partisi pilihan sebelum terlanjur mengaplikasikannya di rumah. Jangan sampai, tembok partisi nantinya terlalu tipis atau tebal. Jadi, buatlah sekat partisi dengan ketebalan wajar yang sesuai dengan kebutuhan.

    2. Memiliki kemampuan kedap suara

    Bila ingin lebih ekstra dalam menjaga privasi, sebaiknya Anda perlu memilih material yang memiliki kemampuan untuk bisa meredam suara. Walau tidak sepenuhnya kedap suara, setidaknya material yang Anda pilih mampu menahan sedikit keluarnya bunyi ke ruangan lain.

    3. Bahan yang ringan

    Berbeda dengan dinding utama, tembok partisi yang berfungsi sebagai sekat sebaiknya dibuat lebih ringan dan fleksibel. Namun meski ringan, pastikan bahan partisi pilihan Anda juga tetap bertekstur kokoh sehingga kuat dan tahan lama.

    4. Bisa dipasang dengan mudah dan cepat

    Karakteristik bahannya yang fleksibel dan ringan harusnya mampu membuat pemasangan sekat partisi lebih cepat daripada tembok utama di rumah. Jadi sebelum mengaplikasikannya, pastikan agar sekat partisi pilihan tidak menghabiskan banyak waktu saat proses pemasangan.

    5. Harganya terjangkau

    Dinding partisi hadir sebagai inovasi baru agar orang tetap bisa membuat ruangan baru tanpa harus merenovasi ulang dari awal. Oleh karena itu, coba pikirkan kembali apakah material partisi pilihan Anda sudah sesuai dengan rencana budget?

    Manfaat Dinding Partisi

    Selain berfungsi sebagai sekat antar ruang, apa manfaat dinding partisi lain yang bisa Anda dapatkan? Setidaknya, inilah beberapa kelebihan tembok partisi yang akan Anda peroleh nantinya

    1. Fleksibel

    Dibandingkan dengan dinding permanen, tembok partisi dianggap lebih fleksibel karena aspek materialnya yang kebanyakan ringan dan lentur. Hal itulah yang membuat banyak orang menyukai sekat partisi karena mudah dipindah dan dialih variasikan.

    2. Praktis

    Karakteristik partisi yang terkenal ringan tentu membuatnya mudah dimodifikasi dan dikreasikan dengan mudah sehingga lebih praktis. Berbeda dengan dinding permanen, keberadaan tembok partisi akan sangat memudahkan Anda terutama saat harus merombak posisi ruang di rumah.

    3. Lebih hemat

    Daripada harus susah-susah merenovasi ulang dari awal, dinding sekat partisi bisa jadi alternatif terbaik untuk menekan pengeluaran berlebih. Bukan hanya lebih hemat, Anda juga diuntungkan karena tidak perlu menghabiskan banyak waktu selama proses pemasangannya.

    4. Tambahan dekorasi rumah

    Rata-rata, material partisi mempunyai tampilan aesthetic yang sangat cocok digunakan pada konsep hunian modern. Sehingga dengan menggunakan sekat partisi Anda juga akan memperoleh manfaat lain berupa tambahan dekorasi interior yang menawan.

    5. Menjaga privasi

    Itulah beberapa detail dinding partisi berupa macam-macam jenis, ciri khas, lengkap dengan manfaatnya. Memahami karakteristik bahan material sebelum proses pembangunan akan sangat membantu Anda untuk mencegah beberapa kendala yang mungkin terjadi. Kemudian, tembok partisi buatan Anda tentu akan tampil maksimal dan berfungsi sebagaimana mestinya.

    Selain dibuat dengan bahan-bahan material berkualitas, rumah yang nyaman juga pasti didukung oleh aneka furniture menarik yang sesuai dengan konsep hunian impian. Bila sedang bingung mencari toko furniture online terlengkap, Anda bisa mengunjungi laman beranda iCreate sekarang!

    Baca juga: 10 JENIS DINDING BATU ALAM UNTUK DESAIN HUNIAN MODERN