Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Dinding Roster

    7 Variasi Dinding Roster, Ide Sirkulasi Udara Unik Penuh Gaya

    Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kenyamanan hunian. Salah satunya yaitu dengan menghadirkan aliran sirkulasi udara yang baik. Selain jendela dan ruang terbuka di rumah, memasang dinding roster pada bangunan juga dapat dimanfaatkan sebagai tambahan lubang angin.

    Sebagai ventilasi udara pada hunian keberadaan dinding roster dimaksudkan agar ruangan tidak pengap ataupun lembab. Namun bukan hanya rumah sehat dan sirkulasi udara lancar saja, pemasangan dinding roster juga dapat menambah keindahan pada hunian. Tertarik menggunakannya? Langsung saja, simak penjelasan lengkap dinding roster beton berikut ini!

    Apa itu Dinding Roster?

    Roster adalah jenis dinding dari bahan beton, batako, GRC, atau batu alam yang sering digunakan pada bangunan di Indonesia. Fungsi utamanya adalah sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan dalam ruangan agar rumah lebih terang serta terasa sejuk. Maka dari itu, dinding ini cocok digunakan pada daerah tropis seperti di Indonesia untuk membuat hawa suatu bangunan semakin asri dan segar.

    Dikarenakan corak atau desainnya yang semakin beragam, dinding roster juga kerap dipakai untuk tambahan dekorasi agar hunian terlihat semakin indah. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari persegi, segitiga, segi enam, hingga bulat. Umumnya, roster sering dipasang di atas pintu, jendela, maupun pagar rumah. 

    Kelebihan Dinding Roster

    Kepopuleran roster membuatnya semakin banyak digunakan di Indonesia. Apakah Anda salah satu yang tertarik? Sebelum memutuskan untuk memasangnya pada hunian, kenali dulu kelebihan-kelebihan tembok roster berikut ini.

    1. Sebagai sirkulasi udara

    Fungsi utama dinding roster adalah sebagai ventilasi udara pada bangunan. Bentuknya yang berongga, tentu akan memudahkan angin untuk masuk ke dalam ruangan. Sehingga, dengan adanya roster dipastikan rumah Anda akan semakin sejuk dan tidak pengap karena memiliki sirkulasi udara yang baik serta lancar.

    2. Cahaya matahari mudah masuk

    Selain berfungsi sebagai pertukaran udara, lubang-lubang pada roster juga dapat menambah akses cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Alhasil, hunian Anda tidak akan terasa pengap maupun lembab. Hal ini penting mengingat rumah yang lembab berpotensi sebagai tumbuhnya sarang penyakit. 

    3. Menghemat energi

    Tembok roster memanfaatkan potensi udara, angin, serta cahaya alami secara maksimal, sehingga meminimalisir penggunaan energi di dalam rumah. Dengan begitu, adanya dinding ini membawa dampak positif bagi lingkungan.

    4. Menambah sisi keindahan hunian

    Karena memiliki corak yang indah dan beragam, Anda bisa memilih bentuk rongga roster sesuai keinginan dan selera. Disamping itu, Anda bebas mendesain pola pemasangannya untuk menciptakan visual bayangan yang unik. Hasilnya, tampilan fasad maupun eksterior bangunan menjadi semakin ekspresif.

    5. Mudah dipasang

    Walaupun terlihat rumit, ternyata pemasangan tembok roster cukup mudah dan tidak berbeda jauh dengan dinding biasa. Hal inilah yang membuatnya banyak diaplikasikan dalam berbagai jenis bangunan seperti rumah, gedung atau ruko, kantor, hingga tempat ibadah.

    Kekurangan Dinding Roster

    Setelah membaca keunggulan roster di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangannya. Berikut adalah beberapa kelemahan dinding model roster.

    1. Minimnya privasi

    Bentuk roster yang berongga, membuatnya mudah diintip melalui kedua sisi. Hasilnya, hunian akan kehilangan privasi karena orang-orang dapat melihat kegiatan Anda di dalam ruangan.

    2. Harus memperhatikan cahaya matahari

    Pemasangan tembok roster harus memperhatikan arah datangnya sinar matahari. Sebab bila pasangannya tidak memperhatikan hal tersebut, maka ruangan akan menjadi semakin panas karena terlalu banyak terpapar sinar matahari.

    3. Tidak bisa dijadikan tembok utama

    Umumnya, roster tidak dibuat dari bahan yang kokoh sehingga kurang kuat menahan beban dinding dan atap secara maksimal. Oleh karena itu, roster tidak bisa dijadikan sebagai tembok utama pada sebuah bangunan.

    4. Debu dan kotoran mudah masuk

    Lubang pada roster bisa mempermudah debu dan kotoran masuk ke dalam rumah. Jika hunian Anda berada dekat dengan jalan raya, sebaiknya hindari memasang dinding ini di bagian eksterior atau luar bangunan.

    5. Harus dipasang orang yang ahli

    Meskipun pemasangannya dinilai mudah, nyatanya tembok roster tetap harus dikerjakan oleh orang yang ahli. Hal ini dikarenakan dindingnya tidak memiliki sistem penguncian saat menyusunnya. Alhasil, mereka yang tidak berpengalaman di bidang pertukangan akan kesulitan memasangnya. 

    Baca juga: 10 JENIS DINDING BATU ALAM UNTUK DESAIN HUNIAN MODERN

    7 Inspirasi Desain Dinding Roster

    Pemasangan roster pada hunian berbeda-beda tergantung dengan material dan tipe bangunannya. Berikut beberapa ide desain roster yang bisa dijadikan referensi. 

    Dinding roster beton

    Dinding roster beton

    Sumber: pinterest

    Selain memiliki tampilan indah, tembok roster berbahan baku beton juga mempunyai kekuatan yang sangat baik. Di samping itu, bentuknya dibuat berlubang di tengah untuk menyalurkan udara segar serta meminimalisir terik matahari masuk ke ruangan. Sehingga, dinding roster beton dapat menciptakan hunian yang tidak hanya cantik namun juga sehat.

    Dinding roster kayu

    Dinding roster kayu

    Sumber: contemporist.com

    Roster kayu cocok bagi Anda yang mengidamkan hunian bernuansa tradisional. Anda bebas memilih jenis kayu favorit lalu memasangnya pada fasad rumah ataupun partisi ruangan. Selain itu, desain dan pola roster dapat dikreasikan sesuai kebutuhan.

    Dinding roster GRC

    Dinding roster grc

    Sumber: kafu-okinawa.jp

    Glass Fibre atau biasa disebut GRC adalah jenis tembok roster modern. Dinding ini diproduksi dengan mesin sehingga  mudah diaplikasikan ke dalam berbagai pola maupun motif berbeda. Materialnya yang ringan, tahan lama, namun kokoh sangat tepat dijadikan dekorasi pada luar ruangan.

    Dinding roster keramik

    Dinding roster keramik

    Sumber: pinterest.com

    Tampilan mengkilap dan mewah pada roster keramik selalu menjadi favorit banyak orang. Makanya, tak heran beberapa bangunan menggunakan tembok ini untuk menciptakan kesan hunian modern dan elegan. Namun, perlu diingat bahwa material keramik rentan pecah karena bahan bakunya tidak sekuat dinding roster beton. Jadi, roster pun harus dipasang dengan ekstra hati-hati agar tidak tergores dan patah.

    Desain dinding roster pada vila

    Dinding roster beton

    Sumber: pinterest

    Tembok roster sering dijumpai di hotel atau penginapan bernuansa tropis seperti vila-vila di Bali. Pada gambar di atas, dindingnya dipasang sebagai pagar di kolam renang untuk membatasi orang luar mengetahui kegiatan dalam hunian secara jelas. Tak hanya itu, vila juga terlihat sangat ekspresif dan modern.

    Desain dinding roster pada tempat ibadah

    Dinding roster tempat ibadah

    Sumber: behance.net

    Pada tempat ibadah, biasanya roster dipasang di tempat wudhu atau untuk pagar eksterior . Selain itu, pemasangannya juga ditemukan pada fasad bangunan maupun partisi antar ruangan. Alhasil, tempat ibadah dengan tembok roster selalu menciptakan suasana dalam ruang yang terang serta sejuk karena udara keluar dan masuk dengan lancar.

    Desain dinding roster untuk dapur

    Dinding roster dapur

    Sumber: pinterest.com

    Kini, semakin banyak bangunan di Indonesia menggunakan roster untuk tembok, salah satunya diaplikasikan pada dapur seperti inspirasi desain di atas. Meskipun tidak bisa dijadikan tembok utama, dinding jenis ini dapat menambah sisi estetika pada hunian. Oleh karena itu, rumah Anda akan terkesan modern dan mewah dengan adanya roster.

    Itulah penjelasan lengkap mengenai tembok roster beserta kelebihan dan kekurangannya. Setelah menyimak dengan baik poin-poin di atas, kini tidak perlu ragu lagi menggunakan roster untuk hunian Anda. Selain menjadikan rumah nyaman, sisi estetikanya pun bertambah. Jadi, dari ketujuh desain roster di atas, manakah yang menjadi favorit Anda?

    Setelah mempercantik eksterior hunian luar Anda berkat dinding roster, kini saatnya menyempurnakan keindahan interior dengan perabot terbaik. Oleh karena itu, iCreate hadir untuk menyediakan segala kebutuhan furniture Anda dengan kualitas yang mumpuni, mulai dari meja, kursi, sofa, bahkan aksesoris rumah. Yuk, buktikan sendiri kualitasnya dengan berbelanja di iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 7 MACAM DINDING PARTISI LENGKAP MANFAAT DAN DETAILNYA