Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Fasad Rumah

    Apa itu Fasad Rumah? Mengenal Fungsi dan Ide Desain Terbarunya

    Fasad rumah adalah bagian exterior yang akan menjadi bagian terluar dari bangunan. Oleh karena itu, desain fasad rumah sebaiknya diperhatikan mengingat perannya sebagai kesan pertama yang akan mendeskripsikan konsep keseluruhan hunian. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Berikut beberapa tips dan ide desainnya.

    Apa itu Fasad?

    Fasad adalah sisi luar dari suatu bangunan, dapat berupa bagian depan, samping ataupun belakang. Dalam dunia arsitektur dan konstruksi, peran fasad dianggap sangat penting karena dianggap mampu mempengaruhi suasana bangunan yang lain.

    8 Ide Desain Fasad Rumah

    Ada banyak pilihan desain fasad yang dapat Anda pilih. Mulai dari fasad rumah minimalis, modern, hingga konsep fasad scandinavian. Yuk tentukan fasad rumah terbaik untuk rumah Anda dari beberapa inspirasi berikut ini.

    Fasad rumah minimalis

    fasad rumah

    Sumber: evrodim.com

    Meski terkesan simpel dan sederhana, nyatanya fasad rumah minimalis masih jadi tren yang sangat diminati akhir-akhir ini. Bahkan, kesan simpel itulah yang menjadi daya tarik utamanya. Fasad rumah minimalis menekankan pada bentuk geometris yang nyata . Tak lupa, seluruh elemennya juga harus dibuat dengan mempertimbangkan sisi fungsionalnya.

    Gaya mediterania

    fasad rumah

    Sumber: buildallen.com

    Rumah bergaya mediterania memang selalu tampak mencolok berkat setiap elemennya. Penggunaan warna-warna earth tone seperti coklat, oranye dan beige membuat rumah mediterania tampak nyaman serta hangat. Keberadaan tangga di bagian pintu masuk seringkali menjadi ciri khas rumah mediterania style.

    Nuansa klasik

    fasad rumah

    Sumber: rtedgar.au.com

    Fasad bernuansa klasik tetap menjadi primadona bagi banyak orang karena mampu menciptakan kesan elegan dan mewah tanpa berlebihan. Biasanya rumah bernuansa klasik seperti ini akan dilengkapi dengan banyak detail seperti tiang berukuran besar, jendela berbentuk hung, lampu berwarna kuning serta langit-langit plafon yang tinggi.

    Tema scandinavian

    fasad rumah

    Sumber: honka.com

    Sederhana, ramping dan keunggulannya di sisi fungsional menjadi ciri khas dari tema scandinavian ini. Ketiga hal tersebut dapat dilihat dari model fasad rumah modern pada gambar di atas. 

    Desain ini menggunakan tipe jendela berukuran lebih lebar dan langit-langit rumah yang tinggi agar sirkulasi udara di dalam rumah tidak terasa pengap. Selain itu, struktur bangunan desain fasad scandinavian dapat memudahkan akses cahaya yang masuk. Sehingga ketika siang hari Anda dapat memanfaatkan sinar matahari sebagai  tersebut lebih hemat energi.

    Bohemian style

    fasad rumah

    Sumber: thecasacollective.com

    Bohemian style merupakan gaya yang akan memadukan beberapa konsep seperti rustic, vintage dan klasiksehingga memungkinkan penggunanya untuk bisa berkreasi bebas. Gayanya yang nyentrik dengan beragam perintilan-perintilan kecil unik seperti dreamcatcher, karpet warna-warni membuat fasad bohemian masih banyak digemari oleh berbagai kalangan.

    Fasad rumah modern

    fasad rumah

    Sumber: vivadecora.com.br

    Kesediaan lahan yang semakin sedikit tentu berpengaruh pada perkembangan desain dan bentuk rumah. Salah satunya dapat dilihat pada fasad rumah modern kali ini. Bentuknya yang dibuat meninggi ke atas dinilai sebagai bentuk mengatasi masalah minimnya lahan. Dinding kacanya juga dapat dimanfaatkan sebagai akses utama masuknya cahaya ke dalam rumah.

    Sentuhan tropical

    fasad rumah

    Sumber: hgtv.com

    Suasana tropical yang hangat ternyata juga dapat dihadirkan pada rumah fasad minimalis seperti desain kali ini. Ciri utamanya adalah berupa warna- warna netral, banyaknya ventilasi serta penggunaan material alami seperti kayu dan pepohonan. Rumah tropical juga umumnya menggunakan konsep open space sehingga lebih unggul dari segi fleksibilitasnya.

    Fasad rumah minimalis mid-century

    fasad rumah

    Sumber: oswaldhomes.com.au

    Langit-langit atapnya yang datar termasuk salah satu ciri utama fasad rumah minimalis mid-century. Bentuknya yang tampak asimetris, serta kekontrasan warna cat dindingnya dinilai mampu membuat kesan rumah terlihat kuat dan menarik dari segi visual. Adanya pepohonan dan rumput hijau di sekeliling rumah juga membuatnya tampak nyaman.

    Tips Membuat Desain Fasad Rumah

    1. Tentukan pemilihan elemen dan cat dinding

    Kesesuaian bentuk, warna cat dengan dekorasi dan konsep rumah sangatlah penting. Itulah sebabnya, coba pilih warna cat dinding dan elemen yang mendukung. Misalnya, saat ingin menambahkan komponen batu alam. Pastikan batu alam yang dipakai telah sesuai dengan konsep hunian.

    Selain memperhatikan tampilan visualnya, Anda juga harus mengamati kualitas setiap produk yang digunakan. Pastikan material yang digunakan untuk membangun fasad merupakan bahan berkualitas. Sehingga fasad hunian akan tahan lama dengan tampilan yang menarik. 

    2. Perhatikan akses ventilasi dan cahaya matahari

    Sebelum mulai membangun, tentukan titik mana saja yang  tepat untuk dijadikan sebagai jalan masuk cahaya matahari dan udara segar. Memperhatikan akses masuk udara dan cahaya matahari akan membuat rumah Anda terasa sejuk dan tidak pengap. Anda juga bisa menghemat energi karena tidak perlu menyalakan lampu sepanjang hari.

    Hindari pemilihan desain fasad rumah yang berpotensi menutupi seluruh akses masuknya cahaya matahari.

    3. Lengkapi setiap elemen pentingnya

    Membangun sebuah rumah, idealnya harus memiliki komponen wajib seperti pintu, jendela, dinding, teritissan, dan sun shading. Jika salah satu elemen tersebut tidak tersedia, tentu fungsi rumah tersebut tidak maksimal, atau bahkan tidak layak huni. 

    Apapun desain dan konsepnya, kelengkapan elemen dalam membuat fasad harus selalu menjadi perhatian utama.Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kualitas dari setiap material elemen penting tersebut.

    4. Perhitungkan penempatan setiap elemen

    Setelah melengkapi setiap elemen fasad, hal selanjutnya yang juga perlu diperhatikan adalah perhitungan tata letaknya. Apakah penempatan pintu, jendela serta elemen lainnya sudah pas dan sesuai dengan perhitungan bangunan? Kesesuaian tata letak masing-masing elemen juga akan berpengaruh pada hasil desain fasad rumah Anda nantinya.

    Secara keseluruhan, konsep rumah Anda akan bergantung pada desain fasad yang digunakan. Itulah sebabnya, pikirkan dengan baik sebelum memutuskan pilihan desain fasad rumah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang berkeinginan untuk membuat fasad impian di rumah.

    Selain desain fasad, Anda juga perlu memperhatikan konsep interior hunian. Untuk itu, lengkapi kebutuhan interior rumah Anda dengan perabot yang sesuai dan mendukung. Temukan berbagai furniture berkualitas hanya di iCreate!

    Baca juga: 5 DESAIN RUMAH MEWAH 1 LANTAI TERBARU DAN DENAH INTERIORNYA