Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Feng Shui Rumah

    10 Tips Feng Shui Rumah Tinggal Hoki Agar Rejeki Lancar

    Tempat tinggal dibangun agar setiap penghuni bisa hidup nyaman dan bahagia di dalamnya. Dari banyaknya budaya dan kepercayaan, sejak zaman kuno leluhur Cina meyakini bahwa sesungguhnya ada hubungan antara manusia dan hunian yang dapat mempengaruhi kesehatan, kelancaran rejeki, dan juga kebahagiaan. Keyakinan inilah yang akhirnya disebut sebagai feng shui rumah.

    Feng shui percaya bahwa manusia hanya dapat hidup bahagia bila mau menerima kekuatan positif dan menghindari energi (chi) negatif. Menurut feng shui, kehadiran dua energi tersebut dapat dibentuk dan dipengaruhi dari tata letak hunian yang dibangun. Lalu apa saja panduan tempat tinggal yang sesuai dengan feng shui rumah? Simak tips lengkapnya berikut ini

    Apa itu Feng Shui Rumah

    Feng shui yang secara harfiah bermakna angin dan air merupakan warisan budaya Tionghoa sudah ada sejak 6000 tahun lalu. Pada dasarnya, feng shui adalah ilmu topografi kuno mengenai panduan keseimbangan hidup manusia dengan lingkungan sekitar dan aktivitas sehari-harinya. 

    Feng shui mengamati bagaimana lingkungan sekitar bangunan dan energi alam semesta dapat memiliki hubungan serta mampu mempengaruhi keberuntungan hidup seseorang. Bahkan di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, feng shui masih banyak digunakan sebagai panduan tata kota, gedung-gedung, serta perumahan.

    Ada 5 elemen yang dipelajari dalam feng shui, mulai dari kayu, air, tanah, api, dan logam. Elemen air berfungsi untuk inspirasi dan relaksasi. Sementara elemen tanah mewakili energi damai, tenang, dan stabil. Sedangkan elemen api melambangkan ekspansi energi dan transformasi waktu. Terakhir, elemen logam mewakili ketegasan dan keberanian.

    Tips Feng Shui Rumah Tinggal Hoki

    Agar banyak membawa keberuntungan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan menurut aturan feng shui rumah tinggal hoki. Jangan sampai salah, yuk pahami beberapa tips khusus feng shui rumah agar rejeki lancar yang wajib Anda ketahui!

    1. Gunakan warna yang mengundang datangnya rezeki

    feng shui rumah

    Sumber: oglinginches.com

    Bagi masyarakat Tionghoa, warna emas dinilai mampu menghadirkan energi positif ke dalam rumah. Oleh karena itu, coba berikan sentuhan emas di beberapa elemen seperti warna cat interior ruang untuk mengundang datangnya rezeki. Pilihan lainnya, tambahkan dekorasi atau hiasan berwarna emas sebagai alternatif mudah yang dapat Anda lakukan.

    2. Letakkan simbol rezeki di ruang tamu

    feng shui rumah

    Sumber: justdial.com

    Kultur Tionghoa terkenal akan hubungan eratnya akan binatang-binatang. Bahkan binatang dijadikan sebagai simbol pengelompokan shio yang merupakan astrologi Tionghoa. Oleh karena itu, naga, kodok, dan ikan arwana sebagai lambang kekuatan rezeki banyak dibuat patung untuk kemudian diletakkan di ruang tamu rumah. 

    Di samping hewan, feng shui rumah agar rejeki lancar biasanya juga akan menyarankan untuk menempatkan pohon uang dan patung kapal dagang emas di ruang tamu.

    3. Buat ruang luas terbuka yang minim perabotan

    feng shui rumah

    Sumber: maxhouzez.com

    Tak hanya memudahkan penghuninya untuk leluasa bergerak dan beraktivitas, luasnya ruang terbuka yang minim perabotan juga tidak akan merepotkan kita untuk merawat barang dalam jumlah banyak. 

    Leluhur Tionghoa meyakini ruang luas terbuka mampu memancing kehadiran rezeki serta energi positif yang lebih besar dan tahan lama.

    4. Tambahkan kaca dan cermin dalam ruang

    feng shui rumah

    Sumber: decorareas.com

    Menurut aturan feng shui rumah tinggal hoki, kaca dan cermin dianggap mampu memancarkan energi positif sekaligus membawa keberuntungan bagi para penghuninya. Bila dipahami secara logika, disamping bermanfaat untuk membuat rumah lebih dekoratif, kaca juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti cahaya di siang hari sehingga lebih hemat listrik.

    5. Beri aliran air dalam ruang

    feng shui rumah

    Sumber: koloapp.in

    Air termasuk salah satu lambang kelancaran rezeki yang banyak diletakkan di ruang tamu maupun tengah. Biasanya, aliran air dalam rumah dihadirkan dalam bentuk akuarium ataupun mini waterfall yang sesuai dengan feng shui rumah agar lancar rejeki. 

    Sebagai salah satu elemen dalam feng shui rumah tinggal hoki, air juga diyakini mampu memberikan inspirasi dan efek relaksasi bagi kehidupan manusia.

    6. Hindari sudut runcing yang tajam

    feng shui rumah

    Sumber: luxdeco.com

    Feng shui rumah tinggal hoki percaya keberadaan sudut runcing yang tajam dapat menyerap energi negatif bagi penghuninya. Namun bila tak ada pilihan lain, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. 

    Pertama, tutupi sudut runcing dengan perabot lain yang berbentuk lengkung. Selanjutnya, Anda juga dapat meletakkan cermin besar dan tanaman-tanaman hias di sekitar sudut runcing untuk menutupinya.

    Panduan Feng Shui Rumah Agar Rejeki Lancar

    Selain beberapa tips khusus, feng shui rumah tinggal hoki juga percaya bahwa tata letak setiap elemen dalam hunian dapat mempengaruhi kualitas energi yang diserap. Berikut beberapa panduan tata letak pintu, kamar tidur, dapur, dan tangga sesuai feng shui rumah agar rejeki lancar.

    1. Pintu utama

    feng shui rumah

    Sumber: johndaveydiy.co.uk

    Sebagai jalur utama keluar masuk, pintu utama tentu punya andil yang cukup besar dalam menangkap energi, positif maupun negatif. Sebaiknya, perhitungkan ukuran pintu utama agar sesuai dan tampak proporsional dengan ukuran rumah. 

    Selanjutnya, pastikan agar pintu utama tidak langsung mengarah ke pintu belakang. Harapannya, energi positif yang masuk tidak akan langsung keluar begitu saja sehingga sempat mengitari seisi rumah.

    Hindari juga untuk memasang pintu utama yang berhadapan langsung dengan toilet ataupun kamar mandi. Dipercaya, kamar mandi bisa membawa energi negatif yang dapat mempengaruhi lingkungan sekitar pintu utama.

    2. Kamar tidur

    feng shui rumah

    Sumber: patioliving.com

    Aturan feng shui rumah tinggal hoki menyarankan agar kamar tidur tidak diletakkan tepat di atas garasi karena dapat merusak energi positif yang masuk. Bila dipikir secara logika, kamar tidur yang diletakkan di atas garasi memang sebuah pilihan buruk. Alasannya, garasi merupakan area keluar masuk kendaraan penghasil suara bising dan polusi yang nantinya dapat berakibat pada buruknya kualitas tidur.

    Selain garasi, jangan buat kamar tidur di loteng juga ya! Lantaran, loteng biasanya dibangun dengan ketinggian dan luas ruang yang tidak proporsional. Feng shui rumah agar rejeki lancar menilai hal ini dapat menyebabkan seseorang tak bisa beristirahat dengan nyaman karena efek ketidakseimbangan ruangnya.

    3. Dapur

    feng shui rumah

    Sumber: ezeljs.com

    Berdasarkan perspektif rumah agar rejeki lancar, dapur merupakan pusat kesejahteraan dan kemakmuran dalam suatu hunian. Oleh karena itu, jaga energi positif di sekitarnya dengan tidak menempatkan dapur dan kamar mandi secara berhadapan. 

    Pastikan juga untuk tidak membangun dapur di tengah area rumah. Sebab, suara perabotan, hingga aroma dan asap masakan tentu akan mempengaruhi suasana ruang di sekitarnya.

    4. Tangga

    feng shui rumah

    Sumber: accessorydwellings.org

    Idealnya, anak tangga sebaiknya disusun sejumlah kelipatan lima yang di tambah satu atau dua sesuai feng shui rumah agar rejeki lancar. Di samping itu, untuk menjaga keseimbangan feng shui rumah tinggal hoki, jangan letakkan tangga tepat di tengah-tengah bangunan dan juga ruang tamu.

    Bila nekat melanggar, hal ini dipercaya akan mempengaruhi kelancaran rezeki dan keharmonisan antar anggota keluarga. Hindari juga penggunaan anak tangga berbentuk tajam karena dapat mengalirkan energi negatif ke seisi rumah.

    Mengetahui beberapa tips dan panduan khusus menurut aturan feng shui rumah tinggal hoki bisa jadi salah satu hal yang dapat Anda pertimbangkan kembali sebelum mendirikan suatu hunian. 

    Pahami anjuran baik feng shui rumah dan hindari larangan-larangan tertentu yang memang tak boleh dilanggar. Dengan demikian, rumah Anda pun semakin nyaman huni dan diberkati oleh banyak energi positif.

    Selain mengikuti beberapa petunjuk sesuai feng shui rumah, tentu Anda juga perlu memperhatikan kenyamanan hunian dari segi pemilihan tiap perabotnya. Mudah banget! Kini Anda bisa menemukan berbagai koleksi furniture berkualitas dengan harga terjangkau hanya di iCreate. Klik tab beranda sekarang dan dapatkan aneka penawaran menarik lainnya!

    Baca juga: HARI BAIK PINDAH RUMAH MENURUT ISLAM, PRIMBON, DAN FENGSHUI