Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Foyer Adalah

    Apa itu Foyer? Inspirasi Desain dan Tips Menghiasnya

    Meski asing di telinga masyarakat Indonesia, foyer adalah suatu istilah yang sudah biasa digunakan pada hunian luar negeri. Foyer adalah ruang dengan peran penting yang dapat menjadi kesan pertama tamu saat memasuki hunian Anda. Lalu, apa itu foyer? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

    Apa itu Foyer?

    Keberadaannya yang masih asing di perumahan Indonesia, membuat banyak orang belum mengenali apa itu foyer. Foyer adalah ruangan transisi antara teras dan ruang tamu yang membatasi sisi luar dengan privasi dalam rumah. Mengingat fungsinya sebagai tempat peralihan, sederhananya foyer adalah lobi yang berada di dalam rumah. 

    Biasanya, ruang yang tampak seperti lobi di rumah ini dibangun tepat setelah memasuki pintu utama. Lahan yang digunakan juga tidak terlalu luas dan berisi perabotan fungsional minimalis. Anda dapat memanfaatkannya sebagai area bersantai sekaligus menerima tamu dan ruang penyimpanan sepatu, sandal maupun tas yang sering digunakan.

    7 Inspirasi Foyer Design

    Setelah mengetahui beberapa tips membuatnya, berikut beberapa inspirasi foyer design yang dapat Anda pilih. Simak 7 ide kreasinya berikut ini

    Kesan klasik dengan pajangan pigura

    foyer adalah

    Sumber: nextluxury.com

    Desain lobi satu ini cocok diaplikasikan pada hunian bergaya klasik dengan paduan warna putih, hitam, emas dan abu-abu. Pasang jendela untuk memaksimalkan cahaya dan membuatnya tampak luas. Tambahkan juga lampu gantung bulat di atasnya untuk menambah kesan elegan ruang. Lalu gantung beberapa pajangan pigura di samping kanan dan kiri ruang.

    Foyer minimalis yang simpel

    foyer adalah

    Sumber: behance.net

    Tidak perlu terlalu pusing memikirkan dekorasi foyer minimalis design yang berlebihan, Anda dapat membuatnya seperti desain di atas. Walau terkesan simpel, lobi rumah satu ini tetap terlihat mewah, elegan dan menawan bagi tamu-tamu Anda. Keberadaan cermin bulat di tengahnya juga dapat menjadi daya tarik tersendiri dari lobi di rumah.

    Kombinasi dengan mudroom samping rumah

    foyer adalah

    Sumber: jeanstofferdesign.com

    Memadukan mudroom dengan foyer adalah salah satu solusi bagi Anda yang ingin menambah ruang penyimpanan di rumah. Terutama untuk barang-barang yang biasa dibawa saat bepergian ke luar rumah ataupun bawaan tamu. Berikan sedikit sisa lahan di samping bangunan utama rumah, lalu desain dengan aspek pencahayaan yang cukup agar tampak luas.

    Foyer minimalis serba putih

    foyer adalah

    Sumber: hungerfordinteriordesign.com

    Sesuai konsepnya yang minimalis, Anda bisa mendesain lobi di rumah serba putih seperti inspirasi kali ini. Agar terlihat kontras dan tampak lebih alami, tambahkan sedikit sentuhan pernak pernik berwarna kecoklatan. Terakhir, beri sekat berupa dinding untuk membuat batas kedua ruang semakin jelas.

    Tampak santai dan cozy

    foyer adalah

    Sumber: mydomaine.com

    Bila Anda ingin membuat ruangan mini yang multifungsi, menerapkan desain di atas bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Walau tidak terlalu luas, penataan furniture serta aspek pencahayaan yang tepat membuatnya tetap lega dan sejuk. Bantalan empuk di atas susunan storage juga dapat dimanfaatkan sebagai area duduk yang santai.

    Modern foyer minimalis yang lega

    foyer adalah

    Sumber: ceciliamoyerblog.com

    Agar terlihat minimalis, Anda tak harus selalu meletakkan susunan storage tinggi di samping ruang. Buktinya, inspirasi satu ini menampilkan kelegaan lobi rumah hanya dengan furniture minimalis. Peletakkan setiap elemennya juga terlihat pas sehingga membuat ruang tampak estetik dan menawan.

    Sentuhan nuansa scandinavian

    foyer adalah

    Sumber: apartmenttherapy.com

    Di samping konsep minimalis, Anda juga bisa menghias lobi rumah dengan sentuhan tema scandinavian seperti desain inspirasi di atas. Kombinasi warna dan bentuk setiap furniturenya membuat ruangan tampak hangat serta nyaman. Tamu yang masuk ke dalamnya juga akan merasa senang bila disambut dengan dekorasi teduh. 

    Tips Menghias Foyer Design

    Untuk membuat lobi di rumah lebih bermakna dan berkesan bagi para tamu, berikut beberapa tips serta hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat foyer design.

    1. Sesuaikan fungsi ruang dengan kebutuhan

    Ada beberapa pilihan fungsi lobi dalam rumah yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan di rumah. Misalnya, seperti pengganti ruang tamu yang berisi sofa atau hanya sebagai tempat bagi tamu untuk meletakkan barang-barang bawaannya. Anda juga dapat membuatnya sebagai area khusus untuk menaruh berbagai hiasan atau pajangan.

    2. Buat desain yang sesuai dengan konsep rumah

    Sebelum mulai membangunnya, tentukan dulu model ruang yang ingin Anda terapkan. Kemudian, coba pikirkan apakah desain yang dipilih sudah sesuai dengan konsep hunian atau ruangan lain di rumah. Jangan sampai, desain ruang lobi yang Anda buat tidak sesuai dengan konsep keseluruhan hunian.

    3. Tentukan luas ruang

    Walau tak harus fleksibel dan pakem akan aturan tertentu, sebaiknya tentukan luas ruang yang ingin dibuat menjadi lobi dalam rumah. Setelah mengukur luas ruangnya, tentukan juga batas jelasnya. Selain membantu untuk memilih konsep desain, hal ini juga berguna agar Anda maupun tamu paham mana saja batasan area privat dan publik rumah.

    4. Perhatikan aspek pencahayaan dan sirkulasi udara

    Kebanyakan, lobi rumah mempunyai area yang tidak terlalu luas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan sirkulasi udara serta aspek pencahayaan di dalamnya. Jangan sampai, ruang terasa sesak, panas dan tidak nyaman. Memperhitungkan aspek pencahayaan dan sirkulasi udara ruang akan membuat tamu Anda merasa nyaman berada di dalamnya.

    5. Manfaatkan bagian samping rumah

    Bila Anda tidak mempunyai sisa lahan di antara teras dan ruang tamu, coba manfaatkan bagian samping bangunan utama untuk membuat lobi dalam rumah. Meski tidak berada di depan ruang tamu, Anda tetap bisa menatanya agar ruang tersebut dapat berfungsi semestinya. Beri celah antara bagian samping dan tengah rumah untuk menghubungkan keduanya.

    6. Padukan dengan mudroom

    Mudroom adalah ruang penyimpanan yang berada di area masuk rumah. Memadukan mudroom dengan foyer adalah suatu ide yang sangat berguna agar kedua ruang dapat berfungsi lebih maksimal dan efisien.

    7. Tambahkan perabotan yang sesuai

    Mengingat ukurannya yang tidak terlalu luas, sebaiknya isi ruang lobi dengan furniture-furniture yang multifungsi.Jangan sampai lobi dalam rumah terasa sempit dan sesak karena adanya berbagai perabotan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

    Kini Anda telah mengetahui apa itu foyer serta beberapa tips membuatnya. Selain menambah nilai estetika hunian, pemilihan foyer design yang tepat dapat membuat kesan menyenangkan bagi tamu Anda. Untuk membuatnya lebih menarik, coba lengkapi perabotan di dalamnya dengan furniture unik hanya dari iCreate!

    Baca juga: DESAIN MEZZANINE : ARTI DAN INSPIRASI AREA TAMBAHAN UNTUK RUMAH MUNGIL