Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Furniture Adalah

    Apa itu Furniture? Ini Pengertian, Jenis & Tips Memilih Lengkap!

    Furniture adalah perabot yang banyak digunakan untuk membantu aktivitas kita, baik itu di rumah, sekolah maupun tempat kerja. Sekarang ini, ada banyak sekali jenis furniture yang tersedia di pasaran dengan fungsi yang berbeda-beda. Agar Anda tidak salah memilih, ketahui dulu beberapa jenis furniture berikut ini. Simak juga ulasan tentang tips merawatnya agar furniture awet dalam waktu yang lama.

    Pengertian Furniture

    Mebel atau furniture adalah istilah yang digunakan untuk menyebut perabotan rumah tangga dan kantor, seperti meja, kursi, hingga berbagai jenis tempat penyimpanan. Furniture adalah kata yang berasal dari bahasa Prancis, yakni fourniture. Dari asal katanya, arti furniture adalah perabotan yang digunakan untuk melengkapi suatu ruangan.

    Furniture adalah perlengkapan yang bisa dibuat dari beragam material. Misalnya saja seperti furniture kayu serta mebel dari plastik, logam, dan bambu. 

    Furniture Kayu

    Furniture kayu biasanya digunakan untuk menghasilkan produk artistik yang bernilai seni tinggi. Furniture kayu dapat diukir dan dipahat agar tampilannya semakin menarik dan bernilai jual lebih besar. 

    Jenis kayu untuk furniture

    Wood furniture adalah jenis mebel yang bisa dibuat dari beberapa jenis pepohonan. Masing-masing jenis kayu mempunyai kelebihan dan sifat yang berbeda. 

    1. Kayu jati

    furniture adalah

    Sumber: perhutani.co.id

    Jenis kayu yang cukup populer digunakan untuk membuat furniture adalah pohon jati. Di samping berkualitas tinggi, kayu jati mempunyai kelebihan lain yakni awet dan tahan lama dari serangan rayap.

    Namun, karena merupakan jenis kayu keras, jati lebih rentan rusak jika terkena benturan. Warna kayu jati juga dinilai kurang menarik dibandingkan jenis pohon lain. Sebab, kandungan minyak alami di dalamnya menghasilkan corak yang cenderung gelap. Faktor inilah yang membuat kayu jati tidak cocok digunakan untuk furniture berwarna cerah.

    2. Kayu mahoni

    furniture adalah

    Sumber: perhutani.co.id

    Tak hanya pohon jati, kayu mahoni juga sering dimanfaatkan untuk menghasilkan furniture. Kayu mahoni mempunyai serat-serat halus sehingga dapat memberi sentuhan natural dan klasik pada perabotan. 

    Meski tampilannya indah, nyatanya ketahanan kayu mahoni tidak sekuat dan sekokoh kayu jati. Karena itulah, kayu mahoni lebih sering dipakai untuk membuat perabotan indoor.

    3. Kayu pinus

    furniture adalah

    Sumber: perhutani.co.id

    Selanjutnya, ada kayu pinus yang menjadi favorit para pengrajin mebel karena harganya cukup terjangkau. Berbeda dengan jati, kayu pinus bercorak terang dan lebih mudah diberi warna. Bobotnya pun relatif ringan sehingga sering dimanfaatkan untuk memproduksi furniture kantor minimalis. 

    Kelebihan furniture kayu

    Wood furniture adalah mebel yang memiliki banyak kelebihan. Furniture dari kayu bisa menjadi pilihan tepat jika Anda ingin menciptakan nuansa alami dan elegan pada hunian. 

    Di samping itu, jenisnya cukup bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan dan budget. Furniture dari kayu juga dapat diukir dan dibentuk sedemikian rupa, membuatnya cocok untuk semua jenis desain interior. 

    Cara merawat furniture kayu

    Furniture adalah perlengkapan yang harus dirawat agar selalu tampak bersih dan tahan lama. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat furniture berbahan kayu. Pertama, bersihkan debu yang menempel pada mebel secara rutin. Untuk menjangkau bagian yang sulit, Anda bisa menggunakan kuas atau sikat gigi. 

    Wood furniture adalah jenis mebel yang rentan terhadap cuaca, sehingga Anda perlu menjauhkannya dari air dan sinar matahari. Jika mebel kayu terkena air, segera keringkan dengan lap bersih. Sebab, air yang dibiarkan akan meninggalkan noda permanen dan merusak keindahan mebel.

    Furniture Rumah 

    Home furniture adalah jenis mebel yang dibuat khusus untuk melengkapi hunian. Karena salah satu fungsi furniture adalah mempercantik tampilan rumah, jangan lupa untuk memilih desain mebel yang tepat.

    Perabotan ruang keluarga

    Fungsi house furniture adalah membuat aktivitas di rumah menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Agar ruang keluarga semakin nyaman, furniture rumah yang bisa Anda gunakan untuk ruang keluarga yakni sofa minimalis, meja, serta beberapa rak penyimpanan. 

    Untuk membuat ruang keluarga lebih hidup, Anda pun dapat meletakkan dekorasi menarik seperti tanaman hijau, lukisan minimalis, dan frame foto. Misalnya saja seperti Haiti Sofa 2 Seater Yellow dari iCreate ini

    furniture adalah sofa 2 seater

    Perabotan ruang tidur

    Sementara untuk kamar, gunakan furniture rumah seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan satu set bantal selimut. Jika masih terdapat area kosong di ruang tidur, tambahkan pula meja rias yang dilengkapi dengan cermin. Cermin Mortana Mirror Wood dari iCreate berikut dijamin bisa membuat tampilan kamar semakin unik. 

    furniture adalah cermin dinding

    Perabotan untuk area teras

    Biasanya, furniture rumah yang dipakai di beranda hunian atau teras yakni kursi dan meja serta tenda payung. Karena rentan terkena sinar matahari dan air hujan, pastikan Anda memilih furniture rumah khusus area outdoor. 

    Tips memilih furniture untuk rumah

    Memilih furniture rumah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda harus memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Cari bahan furniture rumah yang mudah dibersihkan agar awet dan tahan lama. Sesuaikan juga material furniture rumah dengan jenis ruangannya. Jangan sampai Anda menggunakan mebel indoor untuk teras rumah.

    Furniture Kantor

    Office furniture adalah berbagai jenis mebel yang digunakan untuk membantu seseorang melaksanakan pekerjaan. Umumnya, furniture kantor dipilih berdasarkan kebutuhan ruangan. 

    Macam-macam furniture kantor

    Jenis furniture kantor yang tersedia di pasaran sangat bervariasi. Untuk meja kerja, misalnya, Anda akan menemukan banyak sekali pilihan yang tak hanya menarik, tapi juga fungsional.

    1. Meja kerja

    Meja kerja yang digunakan untuk furniture kantor wajib dipilih sesuai dengan kebutuhan ruangan. Ada banyak sekali jenis meja kerja, yakni meja staf, meja resepsionis, meja direksi, maupun meja rapat. Untuk meja kerja tim, Anda bisa memilih Green Double Workstation dari iCreate berikut.

    furniture adalah meja kerja

    2. Kursi kerja

    Sementara untuk kursi kerja, pastikan Anda memilih model yang menerapkan prinsip ergonomis sehingga nyaman digunakan. Di Indonesia, tinggi kursi kerja rata-rata adalah 0,46 m. Jenis kursi kerja yang dijual di pasaran bermacam-macam. Mulai dari kursi direktur, kursi manager, kursi sekretaris, kursi lipat, kursi tunggu, hingga Lilo Chair dari iCreate.

    furniture adalah kursi kerja

    3. Lemari dan kabinet

    Agar berkas-berkas kantor tersimpan dengan rapi dan aman, Anda membutuhkan lemari penyimpanan. Anda dapat memilih lemari dengan tipe bukaan maupun yang dilengkapi pintu geser. 

    Selain itu, gunakan juga lemari brankas untuk menyimpan uang, cek, dan surat berharga. Sebagai alternatif, Anda pun bisa menggunakan lemari kabinet Tori Sideboard dari iCreate berikut.

    furniture adalah lemari kabinet

    Tips memilih furniture untuk kantor

    Salah satu tips dalam memilih office furniture adalah tidak memilih meja kerja dengan permukaan alas yang mengkilap. Pantulan cahaya yang mengenai permukaan meja akan membuat mata silau dan sulit berkonsentrasi.

    Kemudian, hindari juga meja kerja dengan luas yang berlebihan karena akan memakan banyak tempat. Agar efisien, luas meja kantor sebaiknya disesuaikan dengan ukuran ruangannya. 

    Itulah serba-serbi furniture termasuk variasi serta trik memilihnya agar sesuai dengan kebutuhan. Jadi, furniture seperti apa yang Anda inginkan? Apapun perabotan yang Anda pilih, pastikan untuk selalu merawatnya dengan rutin. 

    Kemudian, jika Anda tertarik berbelanja furniture berkualitas dengan desain menarik, iCreate bisa jadi pilihan tepat. iCreate menjual aneka perlengkapan rumah, kantor, hingga aksesoris cantik dengan harga terjangkau. Cek berbagai pilihannya di beranda iCreate sekarang dan selamat berbelanja!

    Baca juga: MENGENAL GYPSUM - KELEBIHAN, KEKURANGAN, DAN CARA MERAWATNYA