Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Gambar Lukisan Dinding

    8 Gambar Lukisan Dinding Cocok Inspirasi Hunian Anda

    Terdapat banyak cara untuk menciptakan kesan artistik pada ruangan, salah satunya adalah menambahkan gambar lukisan dinding. Selain memberikan nilai estetik, adanya lukisan juga dapat menambah inspirasi ketika di lihat. Gambar lukisan dinding yang tepat tentunya akan memberikan banyak manfaat untuk penghuninya.

    Namun, bagi Anda yang gemar melukis tentu membuat sendiri gambar lukisan pada dinding bisa jadi pilihan. Termasuk pada ruang tamu, ruangan ini cukup penting sebab menjadi pusat perhatian ketika ada tamu. Tertarik mempercantik dinding di rumah? Anda bisa menengok 8 inspirasi gambar lukisan dinding ruangan berikut ini.

    Inspirasi Lukisan Untuk Dinding Rumah Anda

    Lukisan juga berpengaruh pada nilai estetika suatu ruangan, dengan hadirnya lukisan tentu akan menarik perhatian. Bagi Anda yang menyukai hal anti-mainstream, inspirasi gambar lukisan dinding 3D dan 2D berikut bisa Anda terapkan di rumah.

    1. Lukisan Abstrak

    Lukisan abstrak tidak memiliki wujud realistis, tidak berbentuk dan tidak berupa. Namun bukan berarti lukisan jenis ini tidak menarik, justru cipratan cat dan campuran warna yang dihasilkan akan memberi kesan elok dan penuh warna. 

    Anda bisa menggunakan sekitar 5 warna dengan 2 warna dasar seperti kuning, merah atau biru. Buat lukisan abstrak dengan berkonsentrasi pada perasaan agar hasilnya pun sesuai dengan yang diharapkan.

    2. Lukisan Watercolor

    Ruangan berkonsep penuh warna akan lebih menarik jika dipasangkan dengan lukisan watercolor. Gambar lukisan dinding ini terlihat bak sentuhan gradasi warna ombre yang luntur karena siraman air. Adanya lukisan watercolor juga akan memberi kesan lembut dan minimalis. 

    Karena gambar lukisan ini terlihat mencolok dari sisi manapun, maka cocok digunakan hampir pada semua konsep ruangan. Jadi, Anda pun dapat memberi inspirasi lebih pada hunian dengan menampilkan lukisan watercolor yang eksentrik.

    3. Lukisan Berpola

    Mengaplikasikan gambar lukisan dinding ruang tamu berpola merupakan pilihan tepat. Ketika menginginkan ruang tamu yang di setiap bagian dindingnya rapi akan pola, maka Anda perlu mencoba lukisan berpola tetap. 

    Berbagai pilihan pola seperti pow print, polkadot, tanaman dan beragam bentuk lain dapat semakin mempercantik hunian. Meskipun terkesan ramai, lukisan berpola dijamin menambah kekayaan desain minimalis tanpa menghilangkan nilai kesederhanaan yang ada.

    4. Lukisan Dinding Pemandangan Berkesan

    Gambar Lukisan dinding pemandangan pada ruangan dapat memberi kesan alami, apalagi jika Anda menaruhnya pada ruang tamu bergaya minimalis. Pemandangan pegunungan, flora dan fauna yang menghiasi lukisan senantiasa memenuhi dekorasi ruangan.

    Tentunya, Anda juga tidak perlu repot membuatnya karena kini sudah banyak penjual lukisan pemandangan dengan harga terjangkau dan pastinya elok.

    5. Gaya Retro

    Meski terkesan ketinggalan zaman, gaya Retro hingga sekarang masih menjadi favorit bahkan tak pernah usang keberadaannya. Warna-warni cerah memberikan nuansa indah pada ruangan Anda, apalagi jika dipadukan dengan konsep minimalis. 

    Karena lukisan bergaya retro memang terkesan simpel namun tak membosankan. Terlebih jika lukisan ini bisa Anda padankan dengan furnitur gaya retro lainnya, ruangan akan tampak lebih menarik dan santai.

    6. Lukisan Dinding 3D Efek Ilusi

    Jenis lukisan ini sebenarnya tidak dapat dipakai pada semua konsep hunian, hanya beberapa saja termasuk pada rumah minimalis. Bagi Anda yang menginginkan tempat tinggal unik, cobalah menerapkan gambar lukisan dinding 3D dengan Efek Ilusi. Tak perlu membayangkan efek ilusi rumit, cukup dengan model tumpukan kubus atau segitiga yang dibuat senyata mungkin. 

    Pemilihan warnanya pun dapat disesuaikan dengan konsep ruangan atau warna furnitur yang bersinggungan. Namun sebagian orang menyukai warna grayscale atau hitam putih ketika memakai lukisan ini. Jika tertarik menggunakan gambar lukisan dinding hitam putih 3D, sebaiknya memakai sebagian bidang dinding saja, Hal ini disebabkan karena jika efek ilusi terlalu besar dapat membuat orang yang melihatnya merasa pusing.

    7. Potret Tokoh

    Bagi kebanyakan rumah, memajang bingkai foto pada dinding rumah sudah menjadi hal biasa dan membosankan. Maka dari itu, agar terlihat unik Anda pun bisa membuat lukisan berupa potret tokoh. Tokoh yang ada di lukisan bisa berupa pemilik rumah maupun idola. 

    Cara membuatnya pun tak sulit, Anda cukup membuat sketsa wajah manusia yang kemudian di cat, bisa dengan hitam seluruhnya ataupun colorful. Untuk memberikan suasana minimalis, sebaiknya buat gambar lukisan dinding hitam putih dengan ukuran sedang, juga tempat pada bagian tengah dinding atau furnitur lain.

    8. Lukisan Mural

    Lukisan dinding ruang tamu bukan hanya sebatas dalam bingkai, namun dinding sendiri adalah kanvas untuk melukis. Mural atau biasa dikenal dengan lukisan di atas dinding, belakangan ini konsep tersebut diminati banyak pemilik rumah tentu karena tampilannya yang unik. 

    Gambar lukisan dinding yang umum dipakai adalah makhluk hidup, pemandangan dan gambar asimetris. Jika ingin menggunakan konsep lukisan ini, Anda bisa memulainya dengan membuat motif mudah seperti geometris dengan bantuan masking tape.

    Baca Juga: Hiasan Dinding Ruang Tamu Populer dan Tips Tepat Memilih Hiasan

    Dimanapun tempatnya karya yang indah selalu menjadi daya tarik pertama. Tak terkecuali saat berada di rumah, maka hal pertama yang membuat pandangan setiap orang terpukau adalah adanya lukisan pada dinding. Jika sudah memilih lukisan yang tepat, maka Anda pun akan semakin nyaman ketika berada di rumah.