Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Gaya 90 An Bikin Ruang Keluarga Lebih Vintage Dan Menarik

    7 Ide Ruang Keluarga Vintage Serta Tips ala 90an yang Kece

    Kehangatan ruang keluarga vintage ala rumah tahun 90an memang masih jadi kenangan terbaik bagi mereka yang lahir di Golden Era tersebut. Bukan tanpa alasan, sebab saat itu merupakan masa transisi dimana teknologi mulai berkembang dan populer. Itulah sebabnya, banyak model rumah vintage yang kembali diusung untuk membawa nuansa 90an.

    Lalu apa saja ide ruang keluarga vintage ala 90an yang masih cocok dibangun saat ini? Dan bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut

    7 Inspirasi Ruang Keluarga Vintage ala Rumah 90an

    Retro, klasik dan timeless, berikut 7 inspirasi ruang keluarga vintage yang akan membawa Anda kembali bernostalgia ke masa-masa penuh kehangatan ala rumah 90an tersebut

    1. Sentuhan klasik yang mewah dan elegan

    Paduan tema vintage dan klasik selalu sukses menghasilkan interior bernuansa mewah seperti gambar di atas. Lantai, dinding, guci, dan vas putih di sekelilingnya tampak kontras dengan sofa bergaya klasik modern coklat di tengahnya. Apalagi didukung dengan keberadaan bunga-bunga kecil serta lampu gantung kaya detail di atasnya semakin menambah kekuatan nuansa luxury elegan dalam ruang keluarga vintage.

    2. Rona beige yang hangat

    Bila tidak ingin terlalu kental akan nuansa 90an, desain ruang keluarga vintage semi modern penuh rona beige seperti desain di atas bisa jadi salah satu yang patut Anda coba. Kuncinya, pilih sofa model basic untuk menghadirkan suasana kekinian di dalam ruang. Selanjutnya, tambahkan lampu kuning di atasnya untuk menyulap suasana ruang tampak begitu hangat dan homey.

    3. Kembali ke rumah tahun 90an

    Beralih sejenak dari modernisasi zaman, kembali ke rumah tahun 90an seperti desain di atas bisa jadi alternatif bagi Anda yang merindukan suasana kebersamaan penuh hangat. Sofa 1 dudukan serta gorden putih ala vintage seakan menarik siapapun untuk kembali ke memori rumah 90an. Tampaknya, seduhan teh hangat di sore hari cukup untuk melengkapi renyahnya momen kebersamaan Anda bersama keluarga.

    4. Paduan gaya retro yang modern

    Vintage, retro tapi modern? Ketiga konsep tersebut dapat digabungkan pada dekorasi rumah tahun 90an penuh arti seperti desain diatas. Setiap elemennya tampak selaras menghasilkan interior ruang keluarga vintage yang harmonis. Konstruksi atap transparan di atasnya juga membuat ruang keluarga vintage tampak terang sehingga terlihat lebih luas dan lapang.

    5. Warna kontras ala 90an

    Tak hanya selalu sarat akan warna-warna kalem yang lembut, Anda juga bisa mengkreasikan ruang keluarga vintage jadi semakin berani dan stand out layaknya desain di atas. Peran cat dinding hijau tosca yang lembut tampak pas dengan mencoloknya warna merah sofa sebagai daya tarik utama ruang keluarga vintage kali ini. Tertarik mencobanya?

    6. Kesan vintage dengan warna lembut

    Desain rumah vintage kali ini sukses membuktikan bahwa sebenarnya Anda tidak membutuhkan terlalu banyak furniture untuk bisa mengadopsi gaya tahun 90an dalam hunian. Cukup dengan pernak pernik berupa speaker, koper, dan rak bergaya retro juga sudah mampu mendukung hadirnya suasana ruang keluarga vintage di rumah 90an ini.

    7. Kesederhanaan rumah 90an yang nyaman

    Kenyamanan rumah vintage memang tidak selalu dinilai dari mewahnya perkakas ataupun pilihan furniture di dalamnya. Misalnya saja desain ruang keluarga vintage di atas. Sofa panjang bermotif diagonal yang sederhana lengkap dengan aneka ragam furniture klasik membuat ruang keluarga vintage tampak nyaman. Dijamin, Anda pasti betah berlama-lama kumpul bersama keluarga di dalam rumah vintage yang kental dengan aksen 90an ini.

    Tips Membuat Ruang Keluarga Vintage ala Rumah 90an

    Setelah mengetahui beberapa pilihan desainnya, apakah Anda semakin tertarik untuk mengadopsi desain ruang keluarga vintage ke rumah? Bila iya, pahami dulu tips membuat ruang keluarga vintage ala rumah tahun 90an berikut

    1. Pilih warna cat dan perabotan yang lembut

    Ciri khas utama dari rumah vintage ala 90an adalah pemilihan warna-warna lembut dari setiap elemen, termasuk perabotan yang digunakan. Warna-warna yang sering digunakan untuk menekankan suasana rumah tahun 90an yaitu rona pastel seperti hijau sage, biru muda, beige, dan kuning.

    Aplikasikan warna-warna lembut tersebut pada furniture utama berukuran besar seperti lemari untuk menghidupkan kesan vintage dalam ruang. Pemilihan warna lembut dilakukan dengan tujuan agar ruang tetap terlihat artistik walau tanpa adanya detail khas vintage terlalu banyak.

    2. Beri sentuhan kayu di beberapa titik

    Selain memunculkan kesan alami, elemen kayu juga sering digunakan untuk membuat rumah vintage yang kental akan nuansa 90an. Jadi, bila tertarik Anda bisa menggunakan kayu sebagai bahan material utama lantai rumah vintage. Warna coklat alami dari kayu dianggap mampu menghasilkan kesan kuno rumah vintage yang hangat.

    Akan tetapi, jika sudah terlanjur menggunakan lantai keramik, ada beberapa alternatif yang dapat Anda gunakan. Pertama, gunakan karpet motif kayu atau vinyl untuk melapisi permukaan lantai. Kedua, berikan sentuhan kayu di perabot lain di luar lantai seperti rak, lemari, ataupun meja dan kursinya.

    3. Tambahkan perabot bergaya vintage

    Agar tampak lebih retro seperti rumah tahun 90an, tentu Anda juga memerlukan perabot dengan desain tertentu yang mendukung bukan? Oleh karena itu, coba gunakan furniture bergaya antik yang khas ala rumah vintage tahun 90an. Jangan takut untuk mengeluarkan perabot jadul yang sudah Anda simpan lama di gudang.

    Biasanya, rumah vintage akan memanfaatkan furniture penuh ukiran seperti pada meja dan kursinya. Di samping itu, Anda juga bisa melengkapi kebutuhan ruang keluarga vintage dengan barang-barang elektronik yang mendukung. Mulai dari radio, koper, speaker, hingga TV tabung yang kental akan nuansa retro

    4. Padukan dengan tambahan motif retro

    Ada banyak motif retro yang dapat Anda tambahkan untuk melengkapi desain rumah 90an. Misalnya, motif burung, dedaunan, bunga hingga corak abstrak. Anda bisa mengaplikasikan motif-motif retro tersebut pada wallpaper dinding, tirai, sarung bantal, selimut, sprei, hingga peralatan dapur dan makan.

    Memanfaatkan motif retro bertujuan untuk membuat sisi vintage rumah tahun 90an lebih terlihat jelas. Permainan motif-motif yang berbeda inilah kunci munculnya nuansa kuno rumah vintage ala zaman dahulu.

    5. Manfaatkan barang-barang bekas

    Biasanya, furniture kuno bergaya retro dijual dengan harga yang cukup tinggi. Hal tersebut mengingat banyaknya pecinta tema rumah vintage yang juga menginginkan perabot kuno. Jadi, bila Anda berniat untuk mengisi ruang keluarga vintage dengan berbagai furniture baru seluruhnya pasti akan sangat mahal.

    Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan. Coba cek gudang dan sortir barang-barang apa sajakah yang masih bisa Anda manfaatkan. Selain menghasilkan nuansa klasik, hal ini juga efektif untuk menekan pengeluaran sehingga lebih hemat.

    6. Jangan takut terlihat kuno

    Langkah utama untuk membuat rumah vintage adalah pastikan Anda tidak takut terlihat kuno. Mengapa demikian? Sebab seluruh tips diatas akan sia-sia dan tidak berguna bila Anda masih takut ketinggalan zaman karena menggunakan perabot jadul. Desain ruang keluarga vintage juga tidak akan terlihat menarik secara maksimal bila Anda tidak sungguh-sungguh.

    Maka dari itu, sebelum mulai membuat ruang keluarga vintage, yakinkan diri Anda terlebih dahulu agar tidak merasa khawatir dan minder dengan desain rumah tahun 90an yang akan dibangun. Setiap desain pasti memiliki sisi keunikannya masing-masing. Mengaplikasikan desain rumah vintage akan membuat hunian Anda tampak unik dari tempat tinggal kebanyakan.

    Bagaimana, terasa seperti kembali ke rumah 90an bukan? Nuansa retro yang klasik membuat rumah tahun 90an serta ruang keluarga vintage jadi favorit bagi para pecinta desain timeless. Intinya, jangan takut berkreasi dan bebaslah berekspresi!

    Rumah vintage ala 90an kini bukan lagi mimpi! iCreate hadir membantu Anda untuk mengkreasikan rumah idaman jadi kenyataan. Temukan berbagai perabot vintage nan klasik berkualitas dengan harga terbaik hanya di iCreate.

    Baca juga: INSPIRASI DESAIN POWDER ROOM DAN 7 ELEMEN PENTINGNYA