Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Green House Sederhana

    Green House Sederhana | 7+ Desain Terbaru dan Cara Membuatnya

    Green house adalah suatu bangunan adaptasi rumah kaca yang biasa digunakan untuk bercocok tanam mulai dari masa pembibitan, penyimpanan, hingga sepanjang proses budidaya. Umumnya, desain green house sederhana berbentuk seperti kabin mini dan mayoritas dibuat dari bahan plastik karena alasan ekonomis.

    Memiliki green house di rumah akan sangat membantu Anda untuk memastikan kondisi lingkungan sekitar tanaman tetap terjaga dan stabil sebagaimana mestinya. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat green house sederhana? Yuk simak ulasan seputar cara membuat serta ide desain green house sederhana dan murah dalam artikel berikut!

    Apa itu Green House?

    green house sederhana

    Sebelum mengintip beberapa inspirasi desain cantiknya, sebenarnya apa itu green house? Meski sudah sering terdengar, mungkin green house adalah istilah yang masih belum terlalu dipahami bagi sebagian orang. Sederhananya, green house adalah bangunan khusus yang digunakan untuk menunjang aktivitas menanam berbagai tumbuhan sebagai alternatif dari rumah kaca.

    Green house adalah media yang dianggap tepat sebagai tempat tumbuh berbagai jenis tanaman. Mulai dari tanaman hias, dedaunan, bunga, hingga sukulen. Seiring perkembangan teknologi, banyak ahli meyakini bahwa green house adalah pilihan tepat untuk membantu tanaman bisa terus tumbuh lebih optimal sepanjang tahun di kondisi apapun.

    Lebih daripada itu, green house adalah media tanam yang memungkinkan Anda untuk memantau lingkungan sekitar tumbuhan secara berkala. Anda dapat memastikan kesesuaian tingkat kelembaban, suhu, angin, maupun hama keseluruhan tumbuhan secara mudah. Singkatnya, green house adalah alternatif terbaik untuk memperoleh hasil tanaman yang lebih berkualitas.

    Cara Membuat Green House Sederhana dan Murah

    Setelah mengetahui uraian lengkap dan beberapa keunggulan green house, tentu Anda semakin tidak sabar untuk menghadirkannya. Lalu bagaimana sebenarnya cara membuat green house sederhana dan murah? Simak urutan langkahnya berikut ini!

    1. Pilih area dan ukur keseluruhan luasnya

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi lahan. Caranya, pilih area yang dari segi topografi, jenis iklim, ketersedian airnya dapat mendukung aktivitas bercocok tanam Anda. Kemudian tentukan batas lahan dan ukur keseluruhan luasnya untuk membantu Anda memperhitungkan berapa kemungkinan biaya pembangunan yang akan dikeluarkan.

    2. Tentukan desain green house sederhana

    Setelah yakin dengan pilihan lokasi, segera tentukan jenis desain seperti apakah yang kira-kira cocok dan mudah diterapkan. Perhitungkan juga besaran biaya yang mungkin dikeluarkan. Sebab, semakin banyak detail suatu desain pasti akan berpengaruh pada rencana biaya pembangunan nantinya. Tentukan desain green house sederhana dengan bijak dan cermat ya!

    3. Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan

    Untuk mewujudkan desain green house sederhana, tentu dibutuhkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan selama proses pembangunan. Mulai dari kayu, bambu, dan pipa sebagai bahan utama kerangka serta plastik, screen, paku, baut, hingga tali untuk menguatkan konstruksi bangunan. Persiapkan seluruh alat dan bahan sebelum mulai membuat green house sederhana.

    4. Bentuk kerangka sesuai desain

    Saat semuanya telah siap, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka desain green house sederhana sesuai pilihan konsep sebelumnya. Bentuk kerangka mulai dari bagian dinding lalu pintu dan atap. Gunakan paku, tali, dan baut untuk mengikat antar sisi bagiannya. Membuat green house sederhana dalam bentuk kerangka ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

    5. Tutup dan lengkapi setiap elemen sesuai kerangka

    Jika kerangka awal sudah rampung, Anda dapat menutup setiap elemen dan melengkapinya sesuai kebutuhan masing-masing bagian. Misalnya, saat kerangka atap sudah selesai, Anda dapat menutupinya langsung dengan plastik UV. Bagian dindingnya juga bisa Anda sempurnakan dengan screen atau paranet yang diikat dengan paku, baut, dan tali.

    6. Sempurnakan desain green house

    Langkah terakhir dalam membuat green house sederhana tentu berupa tahap finishing yang bertujuan untuk menyempurnakan keseluruhan elemen di dalamnya. Aplikasikan beberapa pengaturan seperti suhu dan kelembaban yang sesuai dengan jenis tanaman. Kemudian buatlah sekat dan media tanam yang berbeda sesuai dengan kategori dan jenisnya.

    Baca juga: 7 IDE RUANG KELUARGA VINTAGE SERTA TIPS ALA 90AN YANG KECE

    7 Desain Green House Sederhana

    Bila sudah siap membuat green house sederhana sendiri, yuk lihat beberapa inspirasi desain cantik berikut yang siapa tahu bisa jadi salah satu referensi dan pilihan terbaik Anda.

    Bentuk uniknya yang lucu

    green house sederhana

    Sumber: ezgrogarden.com

    Inspirasi desain green house sederhana pertama ini tampak sangat unik dan lucu dengan bentuk puncaknya yang terlihat menyerupai kuncup bunga. Membuat green house sederhana ini juga cukup mudah. Anda bisa langsung menyusun kerangka dengan menggunakan aluminium ataupun baja ringan lalu tutupi dengan plastik UV berwarna bening di luarnya.

    Rangka besi yang kokoh dan simpel

    green house sederhana

    Sumber: cdn.shopify.com

    Bila tak ingin ribet memikirkan model bentuk dan berfokus pada nilai fungsionalnya, maka desain kali ini sangat cocok untuk Anda. Rangka besinya yang kuat membuat desain green house sederhana di atas tampak sangat kokoh melindungi berbagai tumbuhan yang Anda tanam. Rak-rak besi di dalamnya juga dapat Anda manfaatkan untuk meletakkan tanaman sesuai jenis dan kategorinya.

    Kombinasi beton dengan desain semi kastil

    green house sederhana

    Sumber: gardeners-club.co.uk

    Jika Anda memiliki bata tak terpakai atau budget lebih, maka desain green house sederhana bisa jadi pilihan yang tepat. Rangka atapnya yang dibuat meninggi dengan bentuk segitiga membuat tampilan greenhouse benar-benar tampak seperti kastil klasik seperti di film-film. Kegiatan berkebun pun semakin menyenangkan dengan model greenhouse unik yang elegan.

    Lengkung busur dengan penutup hitam

    green house sederhana

    Sumber: growerssuply.com

    Kesan greenhouse sederhana dan murah tampak sangat lekat dengan desain green house unik kali ini. Anda dapat memanfaatkan pipa lentur untuk membuat lengkung busur setengah lingkaran seperti gambar di atas. Bentuk rangkanya dibuat tak terlalu tinggi, sehingga cocok bagi Anda yang menanam tumbuh-tumbuhan rendah seperti sayuran rambat dan berbagai jenis bunga.

    Kekuatan material kayu yang alami

    green house sederhana

    Sumber: lh3.googleusercontent.com

    Di samping besi, baja, dan pipa, desain green house sederhana dari kayu seperti contoh di atas juga bisa Anda terapkan. Dijamin, greenhouse Anda akan berdiri tegak berkat kekuatan alami kayu. Bukan hanya kuat, material kayu di sekelilingnya juga akan membuat nuansa greenhouse milik Anda semakin tampak natural, alami, dan menyatu dengan tumbuh-tumbuhan di dalamnya.

    Natural minimalis yang teduh

    green house sederhana

    Sumber: erwinbelobone.files.wordpress.com

    Membuat green house sederhana dengan desain simple yang sangat basic seperti contoh di atas tampaknya cocok bagi Anda penggemar konsep natural minimalis. Bagaimana tidak, dengan rangka sederhana saja, greenhouse kali ini sudah bisa tampil maksimal dengan plastik UV bening berisi rak serbaguna dan berbagai koleksi tanaman menarik di dalamnya.

    Sudut hexagon yang unik dari kayu

    green house sederhana

    Sumber: woodpecker-joinery.co.uk

    Desain green house simple terakhir ini cocok bagi Anda yang mungkin ingin menghadirkan media tanam sekaligus pelengkap dekorasi halaman. Bentuk hexagon dan material kayunya membuat desain greenhouse sederhana ini kental akan nuansa rustic yang elegan. Walau tampak kecil, Anda tetap bisa meletakkan koleksi tanaman kesayangan berkat tambahan konstruksi kayu di dalamnya.

    Itulah beberapa desain dan cara membuat green house sederhana dan murah yang bisa diaplikasikan pada kebun hidroponik Anda di rumah. Selain tips di atas, pastikan juga desain green house yang Anda pilih sudah sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan seluruh tanaman di dalamnya.

    Keberadaan green house memang bisa jadi salah satu alternatif untuk menjadikan suasana luar hunian terasa lebih asri dan teduh. Namun di samping itu, Anda juga dapat menciptakan kesan natural dan adem alami di dalam rumah dengan pemilihan perabot yang tepat. Caranya, klik tab inspirasi sekarang dan temukan berbagai koleksi furniture impian berkualitas hanya di iCreate!

    Baca juga: SERBA SERBI HIASAN BAMBU - KARAKTERISTIK & CARA MERAWATNYA