Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Gypsum Adalah

    Mengenal Gypsum - Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Merawatnya

    Memilih bahan untuk membangun rumah idaman tentu harus dilakukan dengan cermat. Dari banyaknya jenis material, gypsum adalah salah satu jenis bahan konstruksi yang banyak diminati karena memiliki berbagai kelebihan, seperti mempunyai bobot ringan.

    Di samping itu, ada juga beberapa kelebihan lain dari dinding gypsum. Apa saja? Yuk simak informasi lengkap tentang gypsum, mulai dari pengertian, cara merawat, hingga inspirasi desainnya berikut!

    Apa itu Gypsum?

    Sebelum menggunakan gypsum, Anda juga harus mengerti bagaimana material ini terbentuk. Gypsum adalah bahan konstruksi dari campuran sulfat, kapur, dan beberapa material lain, yang dibuat menjadi sebuah lembaran papan.

    Berdasarkan bahan pembentuknya, gypsum adalah material yang mempunyai kandungan kalsium tinggi. Fungsi utama dari gypsum adalah sebagai material pembuat dinding dan partisi antar ruang. Di samping digunakan untuk bahan konstruksi, manfaat lain dari gypsum adalah sebagai produk kecantikan dan obat-obatan.

    Jenis-Jenis Gypsum

    Anda bisa menemukan beberapa jenis gypsum yang dijual di pasaran. Jenis gypsum yang bervariasi ini dibedakan berdasarkan ketebalannya. Agar tidak salah pilih, kenali beberapa jenis gypsum dalam penjelasan berikut.

    1. Gypsum desert

    Jenis yang pertama adalah gypsum desert. Seperti namanya, jenis gypsum desert banyak ditemukan di daerah yang kering. Gipsum desert memiliki bentuk mirip dengan bunga mekar dan bertekstur kasar serta berserat. 

    2. Gypsum selenite

    Jenis gypsum selenite mempunyai tampilan yang mirip seperti butiran-butiran halus dengan serabut lembut. Ciri lain dari selenite gypsum adalah bentuknya yang pipih dan terkadang dihiasi dengan kristal ganda. 

    Sumber: minerals.net

    3. Gypsum alabaster

    Memiliki tampilan yang putih bersih, alabaster gypsum adalah jenis yang banyak dimanfaatkan untuk membuat hiasan dan aksesoris. Tak cukup sampai di situ, fungsi lain dari alabaster gypsum adalah sebagai ornamen dan dekorasi pada bangunan. 

    Sumber: cdn.britannica.com

    Kelebihan Gypsum

    Gypsum adalah bahan bangunan yang memiliki beragam keunggulan. Bukan hanya berbobot ringan, gipsum juga dinilai membuat rumah terasa lebih lapang. Berikut beberapa detail kelebihan gypsum yang harus Anda ketahui.

    1. Bobotnya ringan sehingga mudah dipindahkan

    Dibandingkan dengan batu bata, gypsum adalah material yang sangat ringan, sehingga dapat mempermudah proses pembangunan maupun renovasi rumah. Berbeda dengan batu bata yang harus dibongkar, dinding gypsum minimalis hanya perlu dilepas dan dipindahkan. 

    2. Rumah terasa lebih lapang

    Berbeda dengan batu bata, dinding gypsum minimalis tidak memakan banyak tempat. Hasilnya, tampilan interior hunian pun terasa lebih luas dan lega. Sebagai informasi, gypsum adalah bahan dengan ketebalan yang tipis, hanya berkisar antara 9-15 mm.

    3. Lebih mudah diperbaiki

    Dinding yang dibangun dari material gypsum akan lebih muda untuk diperbaiki. Jika terjadi kerusakan, cukup potong bagian yang bermasalah, lalu ganti dengan gipsum baru. Bila dibandingkan material lainnya, perawatan gypsum cukup mudah bukan?

    4. Mudah dikreasikan

    Bahannya yang fleksibel membuat dinding gypsum minimalis mudah untuk dikreasikan dan disesuaikan dengan berbagai jenis desain maupun beragam bentuk. Biasanya, pemilik rumah memanfaatkan gipsum untuk membuat dinding dengan aksen melengkung. 

    Baca juga: 10 GAMBAR SKETSA RUMAH MINIMALIS MODERN TERBARU 2021

    Kekurangan Gypsum

    Setelah mengetahui kelebihan gipsum, tentu Anda juga harus memahami beberapa kekurangannya. Setidaknya, ada dua kelemahan gipsum yang paling utama. Berikut penjelasannya.

    1. Tidak kedap air

    Gypsum adalah jenis bahan yang tidak tahan air. Jika terjadi rembesan air, dinding gipsum bisa hancur seketika. Hal ini sangat berbahaya karena jika banyak bagian gipsum rusak, bisa jadi seluruh bagiannya akan roboh. Untuk mengatasi kelemahan ini, sekarang mulai banyak tersedia gipsum yang tahan air. Anda bisa menemukannya di toko bahan bangunan terdekat.

    2. Tidak tahan terhadap benturan

    Di samping tidak kedap air, dinding gipsum yang bersifat rapuh juga sangat rentan terhadap benturan. Sehingga, Anda harus menjaga tembok gipsum dengan baik agar tidak cepat rusak.

    Cara Merawat Dinding Gypsum

    Agar dinding gypsum Anda tahan lama, pilih bahan yang berkualitas terbaik. Selain itu, ada pula beberapa tips merawat gypsum yang bisa Anda lakukan secara berkala. Langsung saja, berikut tiga cara merawat dinding gipsum dengan mudah.

    1. Perbaiki lubang pada gipsum

    Ada kalanya dinding gypsum berlubang karena menahan beban yang terlalu berat. Jika Anda melihat lubang pada tembok gypsum, segera perbaiki kerusakan tersebut sebelum ukurannya membesar. Untuk kerusakan yang kecil, Anda cukup melakukan penambalan gipsum. Namun, jika terbentuk lubang yang cukup besar, Anda harus menggantinya dengan gipsum baru.

    2. Jauhkan dari air

    Apapun jenis gypsum yang digunakan, Anda harus menjauhkannya dari air. Jika atap mengalami kebocoran, segera perbaiki agar air tidak merembes ke bagian gipsum. Biasanya, gipsum yang mulai rusak akan mengalami perubahan warna.

    3. Bersihkan secara rutin

    Dalam waktu lama, gipsum akan kotor dan berdebu. Jika dibiarkan, kotoran ini akan menempel di permukaan gipsum dan sulit dibersihkan. Untuk mencegah terjadinya hal ini, bersihkan gipsum secara rutin dengan memakai sapu khusus langit-langit rumah.

    Inspirasi Dinding Gypsum Minimalis

    Gypsum adalah bahan bangunan yang sangat mudah dikreasikan. Agar Anda semakin yakin untuk menggunakannya, cek beberapa inspirasi dinding gypsum minimalis berikut ini.

    Pemisah antar ruang dengan dinding gypsum modern

    Sifatnya yang mudah dibentuk dan dikreasikan membuat gypsum adalah pilihan tepat untuk memperindah dekorasi rumah. Proses pengecatannya dijamin gampang karena gipsum mempunyai sifat yang mudah menyerap air. Gambar berikut terlihat memanfaatkan dinding gypsum minimalis sebagai partisi antara ruang tamu dengan family room

    Sumber: decor-zoom.com

    Papan gipsum modern untuk ornamen interior hunian

    Karena mudah dikreasikan, kelebihan lain dari gypsum adalah dapat dibentuk lengkung. Desain dinding gypsum minimalis yang berbentuk lengkung berikut mampu memberi sentuhan modern dan artistik pada ruangan. Di samping itu, gambar berikut turut memanfaatkan gipsum untuk membuat langit-langit hunian tampak lebih menarik.

    Sumber: decor-zoom.com

    Ornamen dekorasi rumah mewah

    Desain di bawah ini menggunakan gipsum untuk membentuk aksen dinding dan langit-langit yang elegan. Agar tampilan semakin mewah, desain berikut mengkombinasikan gipsum dengan wallpaper bercorak keemasan. Lampu gantung besar dengan cahaya kekuningan pun mampu menambah kesan hangat pada ruangan.

    Sumber: decor-zoom.com

    Atap gypsum minimalis

    Langit-langit adalah permukaan interior atas hunian yang menjaga rumah tetap hangat. Biasanya, bahan utama yang digunakan untuk langit-langit rumah adalah PVC, kayu, dan triplek. Namun, gypsum adalah salah satu jenis yang paling populer. 

    Gypsum adalah bahan konstruksi yang cocok untuk menciptakan tampilan rumah mewah. Gambar berikut adalah salah satu contoh pemakaian gipsum untuk langit-langit. Cukup keren, bukan?

    Setelah membaca informasi tentang gipsum di atas, apakah Anda semakin tertarik menggunakannya sebagai bahan bangunan? Tak perlu khawatir, kini bahan gipsum telah dikembangkan sehingga menghasilkan material yang lebih kuat dan tahan lama. 

    Selain menyajikan informasi seputar gipsum, iCreate juga mempunyai artikel seputar desain rumah. Anda pun bisa memadukan furniture berkualitas juara dari iCreate untuk menciptakan rumah idaman. Segera kunjungi beranda iCreate sekarang dan temukan inspirasi hunian impian!

    Baca juga: KENALI PENYEBAB TEMBOK RETAK DAN 5 CARA MENGATASINYA