Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Hiasan Dinding Ruang Tamu

    Gambar Hiasan Dinding Ruang Tamu Minimalis Modern untuk Rumah

    Ruang tamu adalah area pertama yang menampilkan kesan ketika orang-orang berkunjung. Itulah sebabnya desain dan tampilan ruang tamu penting menjadi perhatian. Untuk menampilkan kesan menawan dan terlihat lebih hidup, Anda bisa menghadirkan hiasan dinding ruang tamu sebagai pelengkapnya.

    Hiasan dinding ruang tamu yang sederhana akan membuat tampilan rumah makin terlihat istimewa, menarik dan terlihat cantik. Bagi Anda yang sedang bingung untuk memilihnya, berikut ide dan tips memilih hiasan dinding di area ruang tamu.

    Tips memilih hiasan dinding ini bisa Anda aplikasikan juga untuk rumah minimalis. Tentunya akan membuat ruangan terlihat hidup dan lebih istimewa apapun ukurannya.

    Ide Memilih Hiasan Dinding Ruang Tamu

    Keterbatasan ruang mungkin menjadi penghalang untuk menghadirkan ruangan dengan kesan lebih hidup. Tapi tenang, bagi Anda yang bingung bagaimana cara mendekor rumah minimalis agar lebih hidup khususnya di area ruang tamu. Berikut ide dan tips memilih hiasan dinding untuk ruang tamu yang bisa dicoba.

    1. Hiasan Dinding  Berupa Rak Kayu Tempel

    Jenis hiasan dinding ruang tamu ini tidak hanya akan mempercantik ruangan saja, tetapi sekaligus dapat digunakan sebagai area untuk memajang koleksi pribadi seperti buku-buku, pigura dan pajangan lainnya. 

    Tak hanya sebagai dekorasi, area penyimpanan rak ini juga cukup multifungsi untuk digunakan sebagai area penyimpanan, contohnya seperti meletakkan kunci kendaraan seperti mobil atau motor selesai digunakan.

    2. Cermin

    Jenis hiasan dinding ruang tamu yang juga bisa Anda coba hadirkan sebagai pelengkap dekorasi adalah cermin. Dari segi penempatan cermin memiliki dua jenis, yakni cermin lantai dan cermin dinding. Kelebihan dari dekorasi ini diantaranya, adalah untuk memberikan kesan luas pada ruangan yang sempit. 

    3. Hiasan Dinding berupa Lukisan 

    Lukisan sering menjadi hiasan dinding yang umumnya hadir di ruang tamu. Namun perlu Anda ketahui bahwa menentukan lukisan perlu disesuaikan dengan ukuran ruangan.

    Untuk rumah berukuran minimalis sebaiknya memilih lukisan dengan bingkai sederhana. Disarankan untuk menghindari frame atau bingkai yang terlalu banyak ukiran dan ornamen di dalamnya.

    4. Hiasan Dinding Berupa Kumpulan Foto

    Ketika Anda bingung menghadirkan dekorasi dinding, kumpulan foto juga bisa jadi pilihan. Anda hanya perlu menyiapkan foto-foto yang hendak dipajang. Selanjutnya susunlah rapi menggunakan bingkai ataupun tanpa bingkai agar ruang tamu lebih terkesan hidup.

    5. Hiasan Dinding Ruang Tamu Berupa Foto Keluarga

    Bagi Anda yang ingin menampilkan kesan hangat maka hiasan dinding berupa foto keluarga bisa jadi pilihan. Cukup letakkan satu foto keluarga berukuran besar dengan bingkai yang senada maka dinding ruang tamu akan terkesan lebih hidup. 

    6. Pajangan Tipografi

    Tipografi adalah seni tata huruf berupa kutipan ataupun kata-kata motivasi. Menghadirkan tipografi sebagai hiasan dinding untuk ruang tamu juga bisa jadi pilihan Anda. Dengan menghadirkan jenis hiasan dinding ini sebagai panjangan tidak hanya bisa memberikan motivasi bagi pembaca maupun tamu yang datang, tapi juga kesan semangat dalam ruangan.

    7. Piring Hias

    Jika Anda menyukai desain ruangan bertemakan vintage maka piring hias adalah pilihan tepat untuk hiasan dinding. Dengan memasang piring hias di ruang tamu kesan klasik atau jadul pada ruangan akan makin selaras dan lebih hidup.

    8. Lukisan Dinding Berupa Wallpaper

    Ketika Anda ingin memberikan kesan lebih hidup pada dekorasi ruang tamu namun memiliki budget minim, lukisan dinding berupa walpaper bisa jadi pilihan. Jenis hiasan dinding ini menjadi alternatif mempercantik ruangan yang cukup murah. Anda tinggal memilih motif wallpaper yang sesuai dengan tema dan perabotan yang ada di ruang tamu.

    Tips Memilih Hiasan Dinding Ruang Tamu

    Menghadirkan hiasan dinding memang menjadi solusi untuk membuat ruangan lebih hidup. Itulah sebabnya berikut tips yang bisa Anda coba sebelum memutuskan meletakkan hiasan dinding di rumah.

    1. Perhatikan Luas Dinding

    Hal terpenting ketika ingin menghadirkan hiasan dinding ruang tamu adalah memperhatikan luas dinding. Hal ini berguna agar hiasan dinding tidak merusak komposisi serta keharmonisan tema pada ruang tamu Anda. Karena tidak semua jenis tema ruangan akan terlihat selaras jika terdapat hiasan dinding.

    2. Tentukan Konsep Ruangan

    Selain mengetahui luas dinding, hal penting yang juga harus Anda pikirkan adalah menentukan konsep ruangan. Pilihlah konsep yang sesuai dengan karakter Anda jangan mengikuti trend. Sebab desain ruangan adalah salah satu bentuk representasi dari pemilik rumah.

    3. Pilihlah Jenis Karya Seni Untuk Hiasan Dinding

    Ketika ingin menghadirkan hiasan dinding, pilihlah karya seni yang sesuai. Anda bisa memilih mulai dari lukisan, cermin, rak tempel, maupun wallpaper untuk membantu desain ruangan lebih hidup.

    4. Mempertimbangkan Budget

    Sebelum menjatuhkan pilihan pada hiasan dinding ruang tamu Anda, ada baiknya memperhatikan harga. Anda bisa memulai survei harga di berbagai marketplace ataupun datang ke berbagai pameran karya seni. Dengan mengetahui harga pasar Anda akan lebih mudah mendapatkan hiasan berharga terjangkau tapi juga berkualitas.

    5. Minta Bantuan Ahli

    Ketika Anda masih bingung menentukan hiasan dinding pada ruang tamu, menghubungi jasa desain interior juga bisa jadi pilihan. Konsultasikan konsep desain interior yang Anda inginkan agar tercipta dekorasi memuaskan.

    6. Gunakan desain ruang tamu minimalis sebagai base

    Cara termudah untuk menentukan dekorasi hiasan ruang tamu mana yang cocok untuk Anda adalah dengan menerapkan konsep dinding polos dan desain ruang tamu minimalis. 

    Tak selalu berwarna putih, ada banyak rekomendasi warna yang bisa Anda pilih, seperti hijau, beige dan biru terang. Untuk melihat inpsirasi konsep lainnya, Anda bisa mengulik idenya pada 10 Desain Ruang Tamu Minimalis rekomendasi kami.

    Itulah ide dan tips yang bisa Anda coba sebelum menentukan hiasan dinding di ruang tamu. Ruang tamu menjadi bagian rumah paling utama ketika ada tamu yang datang. Jadi, usahakan hadirkan desain yang nyaman, hangat dan selaras dengan tema rumah Anda sebagai representasi pemilik rumah.