Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Instalasi Listrik Rumah

    Panduan Cara Instalasi Listrik Rumah Tangga Tetap Aman

    Instalasi listrik adalah hal yang tidak boleh diremehkan. Terlebih saat Anda baru memiliki rumah yang belum teraliri listrik. Agar tidak terjadi kecelakaan dan konslet, tentu Anda perlu mengetahui panduan instalasi listrik rumah tangga.

    Kekeliruan pemasangan instalasi listrik tidak hanya menyebabkan korsleting jaringan listrik, namun juga berpotensi terjadi kecelakaan kerja saat dilakukan pemasangan. Lalu bagaimana cara instalasi listrik yang benar dan aman? Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

    Standar ukuran kabel listrik rumah

    Saat akan melakukan instalasi di rumah, Anda tentu perlu mengerti bagaimana standar ukuran yang tepat pada kabel listrik. Ukuran kabel listrik menentukan seberapa besar kapasitas ampere kabel tersebut. 

    Hal ini jelas penting diketahui karena jumlah kabel ampere yang kurang dapat  menyebabkan hubungan pendek arus listrik. Di samping itu, kode warna yang ada pada kabel listrik pun menentukan besaran ukuran kawat konduktor. 

    Tetapi pada arus AC atau arus bolak-balik, kode warna kabel tidak saling berhubungan dengan besaran ampere-nya seperti kabel biru untuk konduktor netral, kabel hitam untuk sumber arus dan hijau sebagai penahanan.

    Cara Instalasi Listrik Rumah

    Pemasangan instalasi kabel listrik rumah bukanlah hal yang mudah dan sangat beresiko. Anda dapat meminimalisir terjadinya konslet dengan menerapkan cara instalasi listrik sederhana berikut ini :  

    1. Membobok dinding untuk tempat saklar dan stopkontak

    Membobok dinding bukan semata-mata hanya untuk memberi tempat saklar dan stopkontak, tetapi Anda pun perlu memperhatikan di mana letak membobok dan seberapa besar lubangnya. 

    Pembobokan dinding sendiri berguna sebagai tempat pemasangan tedus atau tempat saklar dan stop kontak. Jumlah stop kontak dan saklar tergantung dengan kebutuhan dan fungsinya 

    2. Melubangi dinding sebagai jalur kabel dan pipa

    Setelah membuat tempat stop kontak dan saklar pada ruangan, cara instalasi listrik rumah tangga berikutnya adalah melubangi dinding sebagai jalur kabel serta pipa. 

    Jalur pipa dan kabel listrik ini biasanya dibuat panjang hingga ke bagian plafon rumah. Jika selesai dengan pelubangannya, maka pipa ukuran ⅝” PVC siap dipasang sesuai jalur. 

    Jangan lupa menjepit pipa dengan klem. Hal ini berfungsi sebagai pengaman jalur kabel-kabel yang hendak diletakkan.

    3. Memasang Box MCB/ELCB

    Secara umum, pemasangan box MCB berada di dekat sumber listrik melalui KWH meter. Bukan tanpa alasan, pemilihan posisi ini berfungsi untuk memudahkan pemasangan kabel dari sumber listrik utama di rumah. 

    Tahap instalasi rumah tangga ini cukup diwaspadai karena risiko besar bisa saja terjadi ketika memasangnya. Untuk mengurangi resiko, Anda bisa menggunakan pelindung bernama ELCB saat terjadi kebocoran listrik.

    4. Memasang Kabel Jalur Utama

    Tahap instalasi kabel listrik di rumah selanjutnya yakni memasang kabel jalur utama arus listrik. Tetapi, sebelum memasangnya pastikan bahwa kabel sudah tersedia antara 3 jenis. Pertama, kabel phase (+) warna merah. Kedua, kabel netral (-) warna biru. 

    Dan terakhir pastikan terdapat kabel arde berwarna kuning strip hijau. Setelah menentukan 3 jenis kabel dengan benar, pasang jalur utama dari MCB/ELCB menuju instalasi kabel listrik rumah, kemudian sambungkan kabel utama pada saklar, stopkontak dan fitting lampu.

    5. Memasang Kabel ke Stopkontak, Fitting dan Saklar

    Dalam pemasangan kabel untuk saklar, fitting dan stop kontak tidak dapat dilakukan dengan cara seadanya. Tahap instalasi satu ini ada baiknya menggunakan kotak sambungan atau embodus dan wire nut agar sambungan lebih rapi dan lancar. Tak hanya itu, instalasi pada fitting, stopkontak dan saklar tidak hanya merapikan tampilan tetapi kualitas kabel semakin aman dan kuat.

    6. Menyambungkan kabel pada MCB, Fitting, Saklar dan Stop kontak

    Jika sudah melalui tahap pemasangan rapi seluruh komponen kabel, kini saatnya Anda menyambungkan kabel tersebut pada masing-masing baut terminal. Baut terminal sendiri ada pada MCB, ELCB, fitting, stop kontak dan saklar. Pastikan sudah memasang dengan benar seluruh jaringan kabelnya, kemudian tempelkan saklar dan stopkontak sesuai tempat. Tutup kembali saluran kabel dengan semen untuk mengembalikan bentuk tembok juga agar tampilannya semakin rapi.

    Biaya instalasi listrik rumah

    Menggunakan jasa instalasi memang lebih efisien karena pekerja sudah berpengalaman sehingga dapat menjamin tidak adanya risiko. Tentu tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa borongan, namun Anda perlu mempersiapkan sejumlah uang sebagai perkiraan biaya instalasi listrik rumah. 

    Jasa instalasiPerkiraan biaya
    Instalasi MCBRp80.000/titik
    Kabel utamaRp70.000/meter
    Lampu indoorRp100.000
    StopkontakRp120.000/titik
    Lampu outdoorRp120.000 - Rp200.000/titik

    Baca Juga: 11 Inspirasi Model Kanopi Baja Ringan untuk  Teras Elegan

    Hal utama yang perlu diperhatikan dalam memasang instalasi listrik yakni pada langkah-langkah yang Anda lakukan. Pastikan kembali tahapan yang Anda ikuti sudah tepat dan tidak terlewat satu langkah pun. Selain itu, utamakan juga keselamatan kerja dengan memakai peralatan yang sesuai.