Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Jacuzzi Adalah

    Apa itu Jacuzzi? Ini Dia Bedanya dengan Whirlpool & Hot Tub!

    Jacuzzi adalah kolam air hangat yang terkenal memiliki segudang manfaat, terutama dari sisi kesehatan. Umumnya, jacuzzi banyak ditemui di kolam renang resor, hotel ternama, ataupun pemandian eksklusif. Namun kini, jacuzzi pun banyak diadaptasi pada hunian pribadi bergaya modern sebagai tambahan bathtub di kamar mandi.

    Bagi Anda yang ingin menghilangkan penat setelah lelah seharian bekerja, selain whirlpool dan hot tub, jacuzzi adalah salah satu solusinya. Tertarik menghadirkannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

    Apa itu Jacuzzi?

    jacuzzi adalah

    Sumber: businesswire.com

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jacuzzi adalah kolam air hangat berukuran kecil untuk berendam. Aliran air bersuhu tinggi di dalamnya dipercaya mampu membuat seseorang lebih rileks sehingga terhindar dari kepenatan dan stress. Tak hanya itu, Anda pun bisa lebih berenergi dan mendapatkan suasana hati yang baik dengan berendam di jacuzzi bathtub secara rutin.

    Ukuran jacuzzi sendiri tidak terlalu besar sehingga cocok dihadirkan meski di lahan sempit. Meski demikian, ada banyak manfaat jacuzzi yang bisa Anda rasakan bersama keluarga, mulai dari segi kesehatan hingga untuk sarana hiburan tambahan di rumah.

    Perbedaan Jacuzzi dengan Whirlpool dan Hot Tub

    jacuzzi adalah

    Sumber: businessinsider.com

    Pada awalnya, istilah hot tub pertama kali digunakan untuk menyebut bak mandi berbentuk  tong yang sempat populer di akhir tahun 1960-an. Disebut hot tub karena memang bak tersebut biasanya diisi air hangat yang temperatur suhunya akan dipertahankan oleh susunan kayunya. Kehangatan hot tub dianggap mampu memberikan efek relaksasi yang menenangkan.

    Dalam perkembangannya, hot tub tumbuh jadi salah satu sarana bersosialisasi yang cukup tren. Biasanya, orang-orang akan berendam bersama sembari mengobrol santai. Namun seiring majunya teknologi, produsen hot tub mulai berinovasi untuk membuat bak mandi berbahan termoplastik atau kaca fiber karena lebih murah. Nantinya, bak tersebut akan diletakkan di dalam tanah dan disebut spa.

    Jacuzzi, perusahaan pompa asal Amerika Serikat kemudian memperkenalkan spa yang dilengkapi dengan fitur jet. Bak produksi Jacuzzi tersebut memiliki lubang-lubang kecil yang dapat mengalirkan air dengan tekanan tertentu. Jadi bukan hanya sekedar efek relaksasi, Jacuzzi pun mengklaim produk buatannya mampu melancarkan aliran darah serta menyembuhkan nyeri sendi dan otot.

    Produk tersebut kemudian diberi nama Jacuzzi Whirlpool Bath dan sempat populer pada tahun 1980-an. Bahkan banyak hotel mewah yang menjadikannya sebagai penawaran fasilitas eksklusif. Sejak saat itu, istilah whirlpool identik dengan spa yang dilengkapi dengan pompa jet. 

    Nah karena Jacuzzi yang memperkenalkannya pertama kali, maka orang-orang pun kemudian menyebut whirlpool sebagai jacuzzi. Dengan kata lain, sebenarnya jacuzzi adalah sebuah merek. Namun karena terlalu populer, orang-orang jadi mengasosiasikan semua produk whirlpool dengan produk tersebut. Padahal kini, ada banyak produsen whirlpool selain jacuzzi.

    Baca juga: 7 VARIASI DINDING ROSTER, IDE SIRKULASI UDARA UNIK PENUH GAYA

    Manfaat Jacuzzi

    jacuzzi adalah

    Sumber: harborhottubs.com

    Jacuzzi adalah salah satu kolam yang diyakini mampu menghadirkan segudang manfaat. Apalagi kini sudah banyak variasi model jacuzzi bathtub, sehingga akan mempermudah Anda untuk berendam meski hanya dari rumah. Untuk itu, yuk kenali manfaat jacuzzi lebih jauh!

    1. Memperlancar aliran darah

    Saat berendam di air hangat, tubuh akan merespon dan menyesuaikannya dengan memperlebar pembuluh darah. Akibatnya, sirkulasi darah pun akan meningkat dan menjadi semakin lancar. Hal ini baik untuk kesehatan sebab dipercaya mampu meningkatkan suplai zat makanan dan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga Anda pun jadi lebih bertenaga.

    2. Menurunkan rasa cemas

    Manfaat jacuzzi ternyata juga bisa Anda dapatkan saat menghadapi banyak masalah. Sebab ternyata, kecemasan-kecemasan yang mungkin Anda rasakan dapat diminimalisir dengan berendam dan istirahat sejenak di dalam jacuzzi selama minimal 30 menit.

    3. Memberikan sensasi pijatan

    Umumnya, bagian dasar jacuzzi bathtub akan dilengkapi dengan air rattor yang berfungsi untuk memberikan sensasi pijatan di telapak kaki Anda. Nantinya, sensasi pijatan inilah yang akhirnya mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan terhindar dari kondisi stress.

    4. Meredakan nyeri sendi

    Sensasi pijatan dan kehangatan jacuzzi bathtub terbukti mampu mengurangi nyeri sendi yang Anda miliki. Pasalnya daya apung alami air dinilai mempunyai 90 persen dari berat total badan seseorang. Terlebih bagi para penderita arthritis, jacuzzi adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit dari radang sendi.

    5. Melemaskan dan relaksasi otot

    Setelah lelah seharian bekerja, jacuzzi adalah pilihan tepat untuk melemaskan otot-otot yang tegang. Dipercaya, tekanan air dalam jacuzzi bathtub mampu memberikan sejenis pelatihan resistensi yang bisa memperkuat kinerja otot. Tak hanya itu, mineral yang terkandung dalam kehangatan airnya pun juga dinilai dapat meningkatkan kesehatan mental.

    6. Membersihkan kulit

    Air bersuhu tinggi memang dipercaya mampu membuka pori-pori kulit. Dengan begitu, kotoran yang menempel pun dapat terangkat sehingga permukaan kulit jadi lebih bersih. Jacuzzi adalah alternatif yang patut Anda coba, terutama bila tinggal di kota besar rawan polusi.

    7. Menghindari penuaan dini

    Terkadang, di tengah tingginya tuntutan pekerjaan dan padatnya aktivitas sehari-hari membuat pikiran menjadi penat. Alhasil, kemungkinan stress pun semakin meningkat yang nantinya dapat memicu garis kerutan sebagai tanda penuaan dini. Berendam sejenak dalam jacuzzi bisa membantu Anda untuk lebih santai dan rileks.

    8. Meningkatkan kualitas tidur

    Bagi para penderita insomnia, jacuzzi adalah salah satu alternatif yang wajib dicoba. Berendam 15 menit sebelum tidur dinilai mampu menurunkan suhu tubuh sehingga akan membantu Anda beristirahat lebih nyenyak.

    9. Menjaga kesehatan jantung

    Saat berendam, air akan memberikan banyak tekanan pada tubuh sehingga bisa meningkatkan volume kinerja jantung. Alhasil jantung pun lebih aktif bergerak dan membuatnya lebih sehat. Apalagi menurut penelitian, berendam di air panas ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 28 persen.

    10. Mengontrol diabetes

    Untuk menurunkan kadar gula darahnya, penderita diabetes mellitus tipe 2 biasanya akan selalu membutuhkan suntikan insulin. Namun selain pengobatan secara medis, adanya jacuzzi adalah suatu berkah karena mampu mengontrol penyakit diabetes sekaligus menurunkan berat badan. Anda bisa melakukannya secara rutin enam kali seminggu selama 30 menit setiap harinya.

    Itulah ulasan seputar manfaat jacuzzi bathup lengkap perbedaannya dengan whirlpool dan hot tub. Setelah mempelajarinya, apakah Anda semakin tertarik untuk menghadirkan salah satunya di rumah? Tak perlu jauh-jauh ke hotel ataupun resor ternama, keberadaan jacuzzi adalah solusi terbaik untuk Anda yang ingin berendam sekaligus menenangkan pikiran walau hanya berdiam diri di rumah.

    Selain jacuzzi bathtub, ada banyak cara yang juga bisa Anda manfaatkan sebagai tambahan aspek kenyamanan hunian. Misalnya saja dengan memilih aneka perabot dan dekorasi rumah yang berkualitas. Sebagai toko furniture online terdepan di Indonesia, iCreate punya banyak koleksi menarik untuk wujudkan hunian impian. Jadi, yuk kunjungi laman resmi dan offline store iCreate sekarang juga!

    Baca juga: APA ITU SECONDARY SKIN? KENALI FUNGSINYA PADA BANGUNAN RUMAH