Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Jalusi

    Apa itu Jalusi - Jenis, Karakteristik & Cara Merawatnya

    Pernah mendengar istilah jalusi? Bagi sebagian besar orang, mungkin nako atau jalusi adalah istilah yang masih terdengar asing. Padahal fungsi nako sangat penting untuk hunian,terutama pada kelancaran sirkulasi udara.

    Selain unggul di sisi fungsionalnya, biasanya nako juga banyak dipakai sebagai hiasan pada jendela serta alternatif untuk membuat rumah selalu sejuk. Masih bingung? Yuk ketahui ragam jenis, manfaat dan cara merawat jalusi lengkap pada ulasan berikut 

    Apa itu Jalusi?

    Jalusi adalah susunan struktur kayu tipis yang ditumpuk ke bawah dengan kemiringan sudut derajat tertentu. Ia disusun miring dengan arah keluar sehingga mampu menghalau air hujan yang mengalir. Celah-celah antara susunan kayu nako inilah yang dimanfaatkan sebagai tambahan ventilasi sehingga rumah selalu terasa adem.

    Fungsinya sebagai tambahan ventilasi membuat jalusi banyak digunakan untuk melengkapi jendela. Selain jendela, Anda juga bisa memasangnya di pintu jalusi agar rumah lebih sejuk. Walau sering ditemui dalam bentuk kayu, sebenarnya banyak juga jalusi aluminium yang dijual di pasaran.

    Jenis-jenis Jalusi

    Ada beberapa jenis jalusi yang dapat Anda manfaatkan sebagai tambahan sirkulasi udara di rumah. Mulai dari pintu, jendela, hingga jalusi aluminium seperti ulasan berikut.

    1. Jalusi aluminium

    Sumber: i.pinimg.com

    Jalusi aluminium sering dipilih menjadi bahan material jendela maupun pintu utama karena karakteristiknya yang unik. Walau dibekali dengan daya tahan struktur yang sangat kuat, jalusi aluminium bersifat ringan sehingga cocok diaplikasikan di seluruh bagian bangunan.

    2. Pintu jalusi

    Sumber: maknawi.net

    Tak hanya jendela, jalusi juga bisa diaplikasikan untuk membuat pintu jalusi seperti gambar di atas. Biasanya, pintu jalusi menggunakan bahan material utama berupa aluminium ataupun kayu. Pintu jalusi merupakan alternatif bagi Anda yang ingin menambah jalur masuk angin dan udara di rumah.

    3. Jendela jalusi

    Sumber: wundverbund-suedwest.info

    Jendela jalusi merupakan penerapan nako yang paling sering dimanfaatkan oleh banyak orang. Meski terlindungi dari terik panas matahari, jendela jalui masih memungkinkan sinar dan udara segar untuk masuk. Itulah sebabnya, di samping 7 DESAIN GREEN HOUSE SEDERHANA DAN CARA MEMBUATNYA jalusi masih jadi favorit banyak kalangan yang memimpikan hunian sejuk nan adem.

    Cara Merawat Jalusi

    Celah antar jalusi yang kecil dan sempit membuat Anda harus pintar-pintar dalam merawatnya. Agar selalu bersih dan tahan lama, berikut beberapa tips merawat jalusi aluminium, kayu maupun plastik di rumah.

    1. Lapisi dengan cat yang tepat

    Saat akan memasangnya, pastikan Anda telah melapisi setiap susunan nako dengan cat yang tepat. Sebab, permukaannya yang bersinggungan langsung dengan cahaya dan panas matahari dapat membuat jalusi cepat mengelupas. 

    2. Gunakan sikat kecil

    Kecilnya celah antar jendela dan pintu jalusi terkadang menyulitkan Anda saat proses pembersihan. Oleh sebab itu, coba gunakan sikat kecil yang sekiranya mampu menjangkau bagian sempit tersebut.

    3. Periksa secara berkala

    Sama seperti bagian rumah lainnya, Anda juga perlu memeriksa kondisi jalusi aluminium secara rutin. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar apabila ada bagian yang rusak Anda bisa langsung segera memperbaikinya.

    Kelebihan dan Kekurangan Jalusi

    Sama seperti lainnya, jalusi aluminium maupun kayu juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Tertarik menghadirkannya di rumah? Setidaknya beberapa kelebihan dan kekurangan berikut inilah yang akan Anda peroleh nantinya

    Kelebihan jalusi

    1. Tambahan ventilasi di rumah

    Aliran udara yang masuk melalui celah antar jendela jalusi bisa jadi opsi untuk menambah ventilasi di rumah. Hasilnya, aliran sirkulasi udara di rumah dapat mengalir dengan baik sehingga membuat rumah tampak adem sekaligus sejuk. Sebab, buruknya pengaturan sirkulasi udara mampu menyebabkan temperatur dalam rumah menjadi lembab dan tidak sehat. 

    2. Meningkatkan estetika hunian

    Model jendela dan pintu jalusi yang klasik dapat meningkatkan kesan vintage dan elegan tempat tinggal Anda. Terlebih, strukturnya yang berbeda dengan material lain di rumah semakin menambah detail estetika pada hunian. Yakin tidak mau mencobanya?

    3. Celah masuknya sinar matahari

    Walau tidak dapat difungsikan sebagai sumber pencahayaan utama, jendela jalusi tetap bisa jadi alternatif masuknya sinar matahari di rumah. Jendela jalusi cocok digunakan bagi Anda yang tidak terlalu menyukai cahaya matahari berlebih namun masih ingin merasakan kehangatan sinarnya.

    Kekurangan jalusi

    1. Kurang cocok dipasang di ruang ber-AC

    Sebaiknya, pasang jendela nako di ruangan semi terbuka yang memang tidak dipasang air conditioner atau AC. Mengapa demikian? Sebab, jendela jalusi aluminium maupun besi tidak bisa sepenuhnya menutup aliran udara dari dalam dan luar ruang sehingga tidak cocok diletakkan pada ruangan ber-AC.

    2. Rawan dicongkel

    Kaca jendela jalusi yang mudah dilepas pasang membuatnya rawan dicongkel oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. Sehingga apabila ingin memasang jalusi di rumah, Anda harus mempertimbangkan risiko keamanannya. Solusinya, tambahkan teralis di belakang jendela agar tetap aman.

    Itulah cara merawat, jenis-jenis serta kelebihan dan kekurangan jalusi yang bisa Anda peroleh di rumah. Jalusi bisa jadi pilihan inspirasi bentuk jendela yang dapat diterapkan pada hunian masa depan Anda. Tak hanya penuh manfaat, ia juga mampu meningkatkan estetika rumah sehingga tampak lebih menawan. Selain jalusi, lengkapi juga keindahan jendela rumah Anda dengan dekorasi menarik lain berupa hiasan cantik hanya dari iCreate!

    Baca juga: 7 MACAM DINDING PARTISI LENGKAP MANFAAT DAN DETAILNYA