Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Jenis Bambu

    12 Jenis Bambu Populer di Indonesia, Bisa untuk Hiasan Rumah

    Ada banyak jenis-jenis bambu yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, ada sekitar 159 jenis bambu yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, tahukah Anda bahwa ada 8 jenis bambu hias yang bisa dimanfaatkan untuk dekorasi rumah?

    Siapa sangka, di samping membuat tampilan rumah menjadi manis, jenis bambu hias juga dinilai mampu membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Namun, sebelum menggunakannya untuk ornamen interior hunian, ada baiknya Anda menyimak dahulu ulasan tentang 12 jenis-jenis bambu berikut. 

    8 Jenis Bambu Hias untuk Dekorasi Rumah

    Memperindah rumah dengan tumbuhan hias memang bukan hal baru. Namun, kini variasi tanaman yang bisa digunakan untuk dekorasi rumah semakin berkembang. Biasanya, orang memakai aglonema, sirih gading, dan bunga lily untuk membuat hunian terlihat hidup. 

    Di samping itu, ada juga beberapa jenis bambu hias agar rumah tampak hijau dan segar. Penasaran? Yuk intip 8 jenis-jenis bambu hias untuk hiasan rumah berikut.

    1. Bambu kuning

    Berbeda dengan jenis-jenis bambu hias lainnya, varian yang juga dikenal dengan golden bamboo ini memiliki batang berwarna kuning keemasan. Bambu kuning diketahui mampu hidup dan tumbuh di segala jenis iklim. 

    Untuk tampilan yang rapi dan praktis, Anda bisa menanam bambu kuning di dalam pot. Namun, ada juga orang yang menggunakan golden bamboo sebagai tanaman pagar di halaman rumah.

    Sumber: The Spruce / Gyscha Rendy

    2. Bambu Jepang

    Sesuai dengan namanya, jenis bambu hias bernama lain arrow bamboo ini berasal dari Jepang. Batangnya berwarna hijau kelabu, lurus, tegak, panjang, kokoh, kuat, serta mampu tumbuh hingga 5 meter. Biasanya, bambu Jepang ditanam di sudut serta pinggiran taman untuk membuat suasana yang teduh dan rimbun. 

    Sumber: bambooplantshq.com

    3. Bambu gendang

    Bambu gendang atau Buddha's belly bamboo mempunyai batang yang tampak menggelembung. Karena ukurannya yang jauh lebih kecil dibanding jenis-jenis bambu hias lainnya, tanaman ini cocok dikembangkan sebagai bonsai. Meski menyukai matahari, bambu gendang juga dapat diletakkan di dalam ruangan karena sifatnya yang mudah beradaptasi.

    Sumber: trailorfarms.com

    4. Bambu siam

    Jenis bambu hias siam yang mempunyai nama latin Thyrsostachys siamensis ini berasal dari Thailand. Sekilas, fisiknya yang tegak dan ramping mirip dengan bambu Jepang.

    Namun, bambu siam mempunyai keunikan lain, yakni bagian atas yang merunduk dan rimbun sehingga berbentuk seperti payung. Di samping bagus dijadikan pagar tanaman, jenis bambu hias siam juga dapat digunakan sebagai peredam suara alami.

    Sumber: alchetron.com

    Baca juga: 12 ANEKA KREASI PAGAR BAMBU MINIMALIS UNIK YANG INSPIRATIF

    5. Bambu air

    Sesuai julukannya, horse's tail bamboo dapat hidup dengan baik di tempat yang tergenang air. Karena pendek dan ukuran diameternya relatif lebih kecil, bambu air memiliki tampilan yang sangat segar dan simpel. Tanaman bambu hias air akan cocok digunakan sebagai dekorasi di dalam ruangan. 

    Sumber: The Spruce / Gyscha Rendy

    6. Bambu nigra

    Phyllostachys nigra atau bambu nigra mempunyai tampilan bentuk yang mirip dengan bambu hitam. Hanya saja, bambu nigra muda mempunyai batang berwarna hijau. Dalam waktu sekitar 3 tahun, batang hijau ini akan berubah menjadi warna hitam. Kini, banyak orang yang menggunakan bambu nigra berukuran kecil sebagai hiasan rumah.

    Sumber: NetPS Plant Finder

    7. Bambu kepala naga

    Satu lagi jenis bambu hias yang dapat dibudidayakan di dalam pot. Mempunyai nama latin Fargesia rufa, bambu kepala naga memiliki daun-daun sempit berukuran sekitar 10 cm dan berwarna hijau yang mengkilap. 

    Jika ingin menggunakannya sebagai tanaman hias, pastikan tanahnya tetap lembab dan jangan lupa berikan asupan cahaya matahari yang cukup.

    Sumber: groupon.co.uk

    8. Bambu Cina

    Jenis bambu hias terakhir yang bisa digunakan sebagai dekorasi rumah adalah Bambusa glaucescens. Dikenal sebagai bambu Cina, tumbuhan hias ini sering ditanam berderet untuk dijadikan pagar hidup. Di samping berfungsi sebagai pagar, bambu Cina pun kerap dimanfaatkan untuk membuat kerajinan seperti tongkat, rak buku, dan tangkai payung.

    Sumber: planterandforester.com

    4 Jenis-Jenis Bambu untuk Furniture

    Tak hanya dimanfaatkan untuk tanaman hias, banyak jenis-jenis bambu lainnya yang juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan furniture. Apa saja? Mari simak uraiannya berikut.

    1. Bambu andong

    Gigantochloa pseudoarundinacea atau jenis bambu andong umumnya dimanfaatkan untuk material bangunan, membuat jembatan, perabot rumah tangga, maupun bahan baku kertas dan pulp. Namun, jenis bambu andong mempunyai kekurangan yaitu kurang tahan terhadap serangan rayap.

    Sumber: bambooaustralia.com.au

    2. Bambu ampel

    Di kalangan masyarakat Sunda, Bambusa vulgaris disebut sebagai jenis bambu Awi Haur. Jenis bambu ampel biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kertas dan bangunan. Di samping itu, bagian rebungnya juga dapat diolah menjadi masakan dan akarnya yang kuat cocok digunakan sebagai pengendali erosi.

    Sumber: herbacin.com

    3. Bambu hitam

    Varian tanaman dengan julukan bambu wulung atau tropical black bamboo ini mampu tumbuh dengan baik di dataran rendah tropis yang lembab. Memiliki diameter yang cukup tebal yakni 6-8 cm, Gigantochloa atroviolacea kerap dipakai untuk pembuatan mebel dan furniture hingga material alat musik.

    Sumber: Flora Dirgantara

    4. Bambu temen

    Gigantochloa verticillata munro atau jenis bambu temen juga merupakan tanaman yang sering difungsikan sebagai bahan konstruksi, perabot rumah tangga, dan kerajinan. Bambu temen mampu tumbuh hingga 11 meter dengan 50 batang pada setiap rumpunnya.

    Sumber: planterandforester.com

    Semakin tertarik menggunakan jenis bambu hias untuk memperindah interior hunian? Meski tampak sederhana, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan dan merawat tanaman bambu Anda di rumah. Dengan perawatan yang baik dan benar, dijamin bambu hias di rumah akan berumur panjang.

    Agar kebutuhan hunian Anda semakin lengkap, iCreate jual bermacam-macam furniture berkualitas terbaik. Di samping perabot rumah tangga, iCreate juga menghadirkan koleksi aksesoris maupun perlengkapan kantor. Yuk segera kunjungi beranda iCreate sekarang dan temukan beragam penawaran menarik khusus untuk Anda hari ini!

    Baca juga: SERBA SERBI HIASAN BAMBU - KARAKTERISTIK & CARA MERAWATNYA