Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Jenis Kalsiboard Untuk Dinding

    6 Jenis Kalsiboard untuk Dinding Berbagai Ukuran dan Harganya

    Ada beberapa jenis kalsiboard untuk dinding yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu pilihan material tembok, plafon, hingga lantai rumah. Setiap tipenya tentu memiliki plus minusnya masing-masing. Namun secara umum, kalsiboard sendiri sering dimanfaatkan menjadi alternatif asbes ataupun gypsum berkat keunggulan kualitasnya.

    Nah, apa mungkin Anda sedang mempertimbangkan penggunaan kalsiboard di rumah? Beda jenis lain pula karakteristik dan harganya. Jadi jangan sampai salah pilih, kenali beberapa jenis kalsiboard untuk dinding selengkapnya dalam artikel berikut ini!

    Jenis Kalsiboard untuk Dinding

    jenis kalsiboard untuk dinding

    Sumber: hargacampur.com

    Ketebalan dan ukuran kalsiboard termasuk beragam dijual di pasar. Misalnya berukuran 10 mm untuk bagian luar dinding, 3 mm cocok buat plafon, serta 20 mm pada lantai. Nah untuk jenisnya sendiri, ada beberapa yang bisa Anda jadikan referensi seperti berikut ini. 

    Kalsilling

    Pertama, jenis kalsiboard untuk dinding ini sering digunakan sebagai plafon hunian. Manfaatnya memang serupa dengan tipe Kalsirata, tetapi dari segi panjang dan lebar, cukup berbeda. Termasuk juga ketebalannya yang ditemukan mulai dari 4 mm. Kalsiling sering digunakan untuk bangunan seperti apartemen, gedung, hingga mall. 

    Kalsifloor

    Sesuai dengan kata floor, jenis kalsiboard ini termasuk kategori papan lantai. Nah sifatnya sendiri terkenal ringan, kuat, praktis, dan mudah dipasang. Berbeda dengan material lantai pada umumnya, mengaplikasikan kalsifloor tidak perlu melalui proses pengecoran. Maka dari itu, sering dimanfaatkan oleh kontraktor yang memang butuh waktu cepat serta hemat. 

    Kalsiclad

    Kalsiboard untuk dinding kamar mandi satu ini terkenal tahan air.  Sering juga dimanfaatkan dan ditaruh di bagian luar atau eksterior rumah. Bahkan bisa juga loh Anda gunakan sebagai pengganti tembok, apalagi mudah untuk diaplikasikan serta cukup instan dan tidak memakan banyak waktu. 

    Kalsiplank

    Plank pada jenis kalsiboard untuk dinding yang terkenal dengan motif polos nan menyerupai bentuk pohon jati. Maka dari itu, warnanya terkesan sangat natural seolah terbuat dari kayu asli. Kalsiplank ini hadir dalam berbagai macam ukuran dan bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bahan kayu. Pastinya sama-sama kuat serta tahan lama. 

    Kalsipart

    Jenis kalsiboard untuk dinding satu ini sering digunakan sebagai partisi penyekat ruangan. Untuk sifatnya sendiri termasuk ringan, sehingga tidak menyulitkan ketika harus bongkar pasang. Tipe kalsiboard untuk dinding kamar tersebut sering dimanfaatkan dalam perkantoran dan rumah sakit sebagai pemisah ruang. 

    Kalsirata 

    Terakhir, jenis kalsiboard untuk dinding ini sering digunakan pada plafon interior. Biasanya kalsirata dijual dalam ukuran ketebalan 3 mm serta panjang lebar 1 meter. 

    Kelebihan dan Kekurangan Kalsiboard

    jenis kalsiboard untuk dinding

    Sumber: suara.com

    Secara garis besar, kalsiboard tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Hal ini patut diketahui untuk dijadikan pertimbangan kelak Anda hendak menggunakan material tersebut. Pertama, kelebihan dari kalsiboard adalah: 

    • Mudah untuk dipasang karena memiliki ketebalan dan ukuran yang seragam. Anda juga tidak perlu meragukan kekuatannya terlepas dari tidak adanya kompon. 
    • Kalsiboard juga memiliki sifat lentur, sehingga praktis serta mudah untuk dipasang. 
    • Material ini lebih aman bagi kesehatan karena tidak menggunakan abses. 
    • Termasuk awet serta tahan lama karena bahan dasarnya sendiri sudah kuat yakni campuran semen, pasir silika, dan serat selulosa. 
    • Kalsiboard adalah bahan bangunan yang anti rayap, lapuk, serta karat, sehingga perawatannya cukup mudah. Jika terjadi kebocoran, Anda hanya perlu mengamplas serta mengecatnya kembali. 

    Setelah mengetahui kelebihannya, Anda juga harus memahami kelemahan dari kalsiboard supaya dapat mengantisipasi masalah yang ada. Beberapa kekurangannya adalah: 

    • Tidak diperkenankan untuk dijadikan dinding luar karena dapat mudah dijebol. 
    • Pemasangannya butuh ketekunan dan kesabaran karena beresiko patah atau pecah sekalipun. 
    • Kalsiboard biasanya kurang kokoh jika dibandingkan dengan batu bata. 
    • Tidak memiliki kemampuan kedap suara, sehingga akan terdengar jelas jika terdapat keberisikan dari ruangan sebelah. 
    • Perlu membentuk rangka kalsiboard yang kuat supaya kokoh 

    Harga Kalsiboard

    Penasaran Harga kalsiboard untuk dinding luar? Material ini dibandrol mulai dari Rp14.000 hingga Rp 545.000 per lembar nya. Namun tentu, beda ukuran kalsiboard untuk dinding akan mempengaruhi biayanya. Untuk daftar lebih rinci, simak tabel berikut ini. 

    Merk Ukuran Harga per lembar
    KalsiClad 12 mm 1.2 x 2.4 m Rp247.500 - Rp248.500
    KalsiClad 12 mm 1.2 x 3 m  Rp297.000
    KalsiClad 10 mm 1.2 x 2.4 m Rp246.000
    KalsiClad 10 mm 1.2 x 3 m Rp225.000 - Rp230.000
    KalsiRata 3 mm 1 x 1 m  Rp14.000
    KalsiRata 3 mm 1 x 2 m Rp29.700
    KalsiBoard Ling 3.5 mm 1.2 x 2.4 m Rp56.750 - Rp58.750
    KalsiBoard Ling 4.5 mm 1.2 x 2.4 m  Rp78.000 - Rp82.530
    KalsiBoard Ling 6 mm  1.2 x 2.4 m Rp116.000 - Rp122.850
    KalsiPart 8 mm 1.2 x 2.4 m  Rp168.000 - Rp198.000
    KalsiFloor 20 mm  1.2 x 2.4 m Rp545.000
    KalsiQua 8 mm 1.2 x 2.4 m Rp 200.000

    Demikian ulasan lengkap seputar jenis kalsiboard untuk dinding lengkap hingga kelebihan, kekurangan, dan daftar harga terbarunya. Bila tertarik menggunakannya, Anda bisa mempertimbangkan plus minus lalu menyesuaikannya dengan tipe hunian pribadi.

    Selain kalsiboard, masih ada banyak elemen pelengkap hunian yang bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan rumah estetik nan fungsional. Penasaran apa saja? Langsung pelajari selengkapnya hanya di blog iCreate sekarang juga!

    Baca juga: APA ITU KAYU MDF? CEK UKURAN, PLUS MINUS, DAN PEMANFAATANNYA