Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Kanopi Untuk Dapur Terbuka

    12 Desain Kanopi untuk Dapur Terbuka, Masak Asik & Tampil Beda

    Sedang tertarik untuk menghadirkan konsep open kitchen di rumah? Kini, area masak outdoor memang tengah menjadi tren terutama bagi para pemilik hunian minimalis yang ingin memaksimalkan lahan sempit. Eits tapi tunggu dulu! Selain memilih desain interior, sebaiknya lengkapi juga keindahannya dengan model kanopi untuk dapur terbuka yang tepat.

    Bukan hanya sekedar menambah nilai estetika, Anda pun tak perlu khawatir tersengat terik panas matahari ataupun air hujan selama berada di dalamnya. Menarik bukan? Untuk itu, yuk cek beberapa inspirasi kanopi untuk dapur terbuka yang cocok dengan aneka gaya rumah berikut!

    12 Inspirasi Desain Kanopi untuk Dapur Terbuka

    Langkah awal mendesain kanopi pada open kitchen adalah memilih material serta gaya apa yang cocok untuk diterapkan. Tersedia dalam berbagai bahan, mulai dari kayu, besi, hingga, kaca, Anda tidak perlu bingung. iCreate sudah merangkumnya untuk membantu Anda menentukan pilihan. Simak dalam artikel di bawah ini, ya.

    Terkesan alami dengan aksen kayu 

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: pinterest.com

    Salah satu inspirasi kanopi untuk dapur terbuka adalah menggunakan aksen kayu. Model ini cocok bagi Anda yang ingin menghadirkan nuansa alami di ruang memasak. Di samping itu, bahan kayu memiliki kelebihan yaitu sifatnya kuat serta tahan lama.

    Seperti pada contoh kanopi di atas, penyangga dan atap naungannya tampak berdiri dengan kokoh. Apalagi, aksen kayu terkenal akan tampilannya yang natural, cantik, serta menawan.

    Kombinasi bambu dan besi klasik modern

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: decorfacil.com

    Ingin mengubah tampilan ruang memasak menjadi gaya klasik dan modern? Gunakan bahan bambu dan besi saja. Meskipun masih jarang yang tahu, tetapi kedua material ini bisa diterapkan untuk kanopi dapur terbuka Anda. 

    Aksen bambu bernuansa masa lalu dipadukan dengan bahan modern dari besi, dijamin dapat menciptakan tampilan klasik sekaligus modern pada ruang dapur. Apakah Anda tertarik mencobanya?

    Beton putih yang kokoh

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: pinterest.com

    Terkenal akan kekokohannya, tidak heran material beton sering ditemukan pada konstruksi bangunan. Anda juga bisa mengaplikasikannya pada atap naungan ruang memasak di rumah. Apalagi dengan tema serba putih, kanopi untuk dapur terbuka akan terlihat semakin elegan.

    Kanopi untuk dapur terbuka beratap genteng

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: pinterest.com

    Jika Anda ingin menerapkan hunian dengan kanopi untuk dapur terbuka namun terbatas lahan, mengapa tidak mencoba contoh satu ini? Manfaatkan ruang transisi kosong di rumah lalu pasang atap genteng di atasnya. Voila! Kini Anda memiliki tempat memasak yang tidak sumpek sekaligus berkesempatan menghirup udara segar alami. Sangat mudah bukan?

    Kanopi untuk dapur terbuka belakang rumah

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: pinterest.com

    Konsep kanopi untuk dapur terbuka di belakang rumah sangat patut dicoba, apalagi jika hunian dilengkapi dengan kolam renang. Anda dan keluarga bisa bersantai di dalamnya sambil menikmati kudapan lezat yang dibuat langsung di ruang memasak. 

    Perpaduan kayu dan bambu yang epik

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: cobrirecom.br

    Perpaduan material kayu dan bambu yang epik, sangat direkomendasikan untuk diterapkan pada kanopi dapur terbuka. Konsep ini dinilai mampu menghadirkan nuansa pedesaan ke dalam hunian. Tak hanya itu, suasana memasak jadi terasa nyaman dan penuh kehangatan berkat aksen alami pada material atapnya.

    Baca juga: 11 MODEL KANOPI BAJA RINGAN TERBARU 2021 YANG ELEGAN

    Model kanopi payung ala pinggir pantai

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: apartmenttheraphy.com

    Bagi yang merindukan nuansa pinggir pantai di sore hari, Anda bisa mencoba inspirasi kanopi untuk dapur terbuka seperti contoh di atas. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan payung besar sebagai naungan. Anda pun bisa membuka dan menutupnya sesuka hati. 

    Selain itu, suasana dapur akan berubah menjadi bar seperti pada kafe-kafe pinggir pantai. Sehingga, ruang memasak berkonsep terbuka bisa menjadi tempat bercengkrama bersama keluarga di rumah.

    Model kanopi dengan tanaman rambat

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: pinterest.com

    Kanopi untuk dapur terbuka semakin terasa menyegarkan dengan kehadiran tanaman rambat. Konsep ini merupakan salah satu cara memanfaatkan atap naungan model garis-garis. Sebab, tumbuhan dapat menempel dan menggantung dari celah-celahnya. Tak hanya meningkatkan estetika, ruang memasak di rumah pun jadi terlihat ramah lingkungan.

    Tampak stylish dengan kaca transparan

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: tuacasa.com.br

    Desain kanopi untuk dapur terbuka berbahan kaca transparan kini semakin populer. Tak hanya modelnya saja yang stylish, tetapi juga bisa digunakan untuk menghemat lebih banyak energi pada siang hari.

    Pasalnya, material kaca transparan memudahkan sinar matahari untuk masuk ke dapur Anda. Sehingga, suasana memasak di pagi maupun sore hari akan tetap terang dengan pencahayaan alami.

    Lebih hemat dengan material fiberglass

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: apartmenttherapy.com

    Fiberglass adalah bahan transparan berbobot lebih ringan daripada kaca. Sehingga, pemasangannya pun mudah karena tidak membutuhkan tenaga ekstra. Apalagi dengan harganya yang terjangkau, Anda jadi bisa menghemat biaya konstruksi pada kanopi untuk dapur terbuka di rumah.

    Kanopi untuk dapur terbuka gaya semi minimalis modern

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: decorfacil.com

    Penciptaan atap kanopi untuk dapur terbuka memang sudah sering ditemui pada hunian gaya semi minimalis modern. Konsep ini diterapkan demi membawa nuansa alami ke dalam bangunan. Artinya, penghuni rumah dapat menikmati pemandangan sekitar sambil memasak, tanpa dihalangi tembok.

    Model kanopi yang bisa ditarik

    kanopi untuk dapur terbuka

    Sumber: decorfacil.com

    Kini tampilan pada kanopi untuk dapur terbuka sudah sangat praktis. Anda bisa menggunakan model atap yang bisa dilipat atau ditarik. Dengan konsep ini, hunian jadi terlihat lebih modern dan tidak ketinggalan jaman.

    Ternyata, banyak model kanopi untuk dapur terbuka yang bisa jadi referensi Anda ya? Kini, saatnya memilih desain terbaik dan paling sesuai dengan konsep hunian secara keseluruhan. Perhatikan juga jalannya proses konstruksi hingga bahan material yang digunakan agar kanopi bisa berdiri kokoh dan tahan lama.

    Selain kanopi, ada banyak cara untuk membuat dapur terbuka Anda terlihat lebih keren lho! Misalnya saja dengan menambahkan aneka perabot dan hiasan pendukung yang aesthetic. Bila masih bingung, iCreate sebagai toko furniture online terdepan di Indonesia punya beragam inspirasi lengkap hingga aneka dekorasi pilihannya. Yuk cek laman resmi iCreate sekarang!

    Baca juga: 10 INSPIRASI MODEL KANOPI RUMAH MEWAH MINIMALIS KEKINIAN