Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Kantilever Adalah

    Mengenal Kantilever, Jenis Penyangga tuk Hunian Kontemporer

    Kantilever adalah metode konstruksi yang beberapa waktu belakangan ini menarik perhatian banyak kalangan. Bagaimana tidak, detail gayanya tampak sangat khas hingga mampu menciptakan kesan dramatis yang kuat. Kantilever banyak dijumpai dalam bentuk berupa balok atau pelat yang menonjol dan melekat di salah satu ujung bangunan.

    Tak hanya itu, biasanya kantilever sendiri paling sering ditemukan dalam rancangan arsitektur kontemporer. Namun, Anda pun juga bisa menghadirkannya ke hunian impian lho! Daripada penasaran, yuk langsung pelajari selengkapnya di sini!

    Apa itu Kantilever?

    Pada umumnya, kantilever adalah balok menonjol yang ditambatkan hanya pada satu sisi. Dengan desain ini, bangunan akan terlihat melayang dan menggantung tanpa tiang penyangga sehingga memberikan ruang kosong di bawahnya.

    Balok kantilever adalah konstruksi bangunan yang kerap dijumpai pada eksterior bangunan seperti di balkon atau atap. Namun, Anda juga bisa menemukannya di interior ruangan, contohnya dapur dan dekat tangga. Desain unik pelat kantilever seringkali mengesankan serta menarik perhatian para pemburu properti.

    Sebagai salah satu dari tiga metode struktural dasar (dua diantaranya yaitu konstruksi tiang dan balok lengkung), kantilever menjadi teknik yang populer dengan kehadiran material baja dan beton bertulang. 

    Kelebihan dan Kekurangan Balok Kantilever

    Sebelum menerapkan desain kantilever pada hunian, sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan. Yuk, simak penjelasannya lengkapnya di bawah ini.

    Kelebihan balok kantilever

    Selain memiliki desain unik dan keren, kantilever juga memiliki kelebihan lain. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

    1. Multifungsi 

    Salah satu kelebihan balok kantilever adalah multifungsi. Artinya, struktur pelatnya dapat diterapkan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari pengganti kanopi rumah hingga melindungi kendaraan pada area parkiran.

    2. Cocok diterapkan di lokasi curam

    Jika hunian Anda terletak di lokasi curam seperti pegunungan, bukit, dan dekat pantai, maka desain kantilever cocok untuk dipakai. Penerapan struktur baloknya memberikan hasil yang dapat lebih menyatu dengan alam sekitar.

    3. Memaksimalkan interior ruang

    Tak hanya digunakan pada eksterior rumah, kantilever juga dapat diterapkan untuk desain interior hunian. Pemasangan struktur ini dapat mengubah tampilan ruang terbatas menjadi lebih lapang, contohnya pada pembuatan tangga minimalis.

    4. Lebih hemat

    Kehadiran kantilever pada sebuah bangunan dinilai mampu menghemat penggunaan biaya konstruksi. Hal ini dikarenakan strukturnya hanya memanfaatkan satu sisi penyangga saja sehingga anggarannya pun lebih murah.

    5. Menghadirkan akses pemandangan lebih luas

    Penciptaan kantilever pada sebuah bangunan dapat mempercantik tampilan rumah sekaligus menyuguhkan pemandangan alam yang lebih luas di sekitar hunian. 

    Sisi menonjolnya bisa dimanfaatkan sebagai tempat mencari inspirasi atau ruang bersantai bersama keluarga.

    Kekurangan balok kantilever

    Struktur kantilever juga memiliki kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menerapkannya. Beberapa kelemahannya antara lain:

    1. Butuh perhitungan akurat

    Tak bisa sembarangan, konstruksi kantilever membutuhkan perhitungan yang akurat. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerobohan bangunan yang mungkin dapat terjadi.

    2. Memerlukan tenaga ahli profesional

    Selain memerlukan perhitungan yang akurat, penciptaan pelat kantilever juga membutuhkan tenaga ahli profesional, seperti arsitek dan kontraktor. Hasilnya, Anda perlu mengeluarkan ongkos lebih untuk membayar jasa mereka.

    3. Struktur tanah harus sesuai agar tidak mudah ambruk

    Pembuatan desain kantilever harus memperhatikan struktur lahan di sekitarnya. Tujuannya adalah agar bangunan dapat berdiri kokoh dan terhindar dari bencana tanah longsor.

    4. Pilihan bahan material yang terbatas

    Salah satu kekurangan kantilever adalah penggunaan struktur material cenderung terbatas. Bahannya harus dipastikan kuat, kokoh, namun tetap ringan. Sehingga, pilihannya hanyalah kayu, kaca, baja, dan beton bertulang.

    Inspirasi Balok Kantilever Pada Hunian

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, kantilever dapat diterapkan di berbagai konstruksi bangunan, sebagai dekorasi eksterior maupun interior rumah. Berikut ini adalah 8 inspirasi pemasangannya pada hunian.

    Ruang bersantai di balkon kantilever

    kantilever adalah

    Sumber: capitalplanos.info

    Salah satu inspirasi penerapan balok kantilever adalah sebagai ruang bersantai atau seperti balkon rumah. Dirancang dengan material beton yang kokoh, konstruksinya dijamin kuat dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca. Di samping itu, desain kantilever ini memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan alam sekitar secara luas.

    Baca juga: 8 Desain Balkon Rumah Minimalis yang Fungsional dan Keren

    Mengadaptasi konsep the trojan house dari Australia

    kantilever adalah

    Sumber: moderni.co

    The trojan house kantilever adalah proyek yang dibangun oleh Jackson Clemens Burrows dan terletak di Melbourne, Australia. Arsitektur dari konstruksi ini adalah perluasan dari bangunan yang sudah ada.

    Tujuan dirancangnya model kantilever adalah arsitek ingin mempertahankan halaman belakang sebanyak mungkin. Sehingga, bangunan pada balok menonjolnya bisa digunakan untuk ruang tidur anak-anak dan kamar mandi dengan konsep melayang di atas taman. Ditambah lagi, di bagian bawah dek atau terasnya dapat dimanfaatkan untuk tempat bersantai di sore hari.

    Desain kantilever hill yang kokoh

    kantilever adalah

    Sumber: dezeen.com

    Seperti yang sudah diketahui, desain kece dari kantilever hill cocok diterapkan pada struktur tanah curam. Pasalnya, model bangunan pada umumnya sulit untuk dibangun pada kondisi lahan tidak rata, misalnya saja di daerah dataran tinggi. Maka dari itu, salah satu solusinya adalah dengan menerapkan desain kantilever hill yang kokoh.

    Sebagai pelindung carport area

    kantilever adalah

    Sumber: contemporist.com

    Selain menjadi balkon, kantilever juga dapat dimanfaatkan untuk melindungi kendaraan dengan desain carport unik dan multifungsi. Sehingga, mobil Anda dapat terhindar dari panasnya cahaya matahari serta air hujan. Tak hanya itu, tampilan rumah pun akan terlihat semakin menawan.

    Konsep kantor modern dengan balcony cantilever

    kantilever adalah

    Sumber: subtilitas.site

    Dirancang dengan bahan baja dan kaca, konstruksi balok menonjol pada perusahaan Anda dijamin kuat dan kokoh. Tak hanya itu, salah satu kelebihan kantilever adalah menyuguhkan latar belakang berupa pemandangan alam yang indah. Sehingga, dapat membuat kegiatan rapat atau bekerja di kantor terasa santai dan segar.

    Semakin canggih dengan model dapur kantilever

    kantilever adalah

    Sumber: contemporist.com

    Selain diterapkan pada eksterior bangunan, kantilever juga bisa diciptakan pada konstruksi interior hunian, misalnya di area dapur. Tampilan desain di atas tampak begitu canggih dengan balok menonjol sebagai atap dapur. Di samping itu, material beton yang digunakan pun terjamin kualitasnya. Hasilnya, acara memasak di rumah terasa aman dan nyaman.

    Tangga kantilever minimalis yang elegan

    kantilever adalah

    Sumber: estliving.com

    Tangga kantilever adalah jenis konstruksi yang menonjolkan sisi minimalis namun tetap elegan. Tanpa penopang di bawahnya, tampilan bangunan justru tampak modern dan berkelas. Ditambah lagi, desain seperti contoh di atas dapat meningkatkan keindahan interior hunian Anda.

    Penciptaan kantilever kamar tidur unik

    kantilever adalah

    Sumber: dwell.com

    Contoh lain penerapan desain yang menarik dari kantilever adalah sebagai alas tidur. Model rangka kasur tanpa penopang atau penyangga apapun menciptakan kesan bed menggantung dan melayang.  Selain itu, penerapan desain ini juga dapat menghemat ruangan di dalam rumah.

    Setelah mengetahui apa itu kantilever, apakah Anda semakin tertarik untuk menghadirkannya pada hunian impian? Walau membutuhkan usaha ekstra, menggunakan konstruksi kantilever akan membuat rumah tampak estetik dan modern seketika. Dijamin, bangunannya akan terlihat stand out dibandingkan hunian lain di sampingnya.

    Tampilan eksterior rumah memang selalu menjadi perhatian utama selama proses pembangunan. Akan tetapi, jangan lupakan interiornya juga ya! Pastikan sisi bagian dalam rumah Anda telah dilengkapi aneka perabot dan dekorasi cantik berkualitas. Misalnya saja dengan berbagai koleksi dari iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia!

    Baca juga: 13 Desain Kamar Tingkat Minimalis Terbaru, Hemat Ruang!