Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Karpet Lantai Plastik

    Motif dan Tips Cara Memasang Karpet Lantai Plastik

    Lantai yang kosong akan terkesan kurang menarik, apalagi ketika desain ruangan polos. Itulah sebabnya untuk mempercantik tampilan ruangan agar senada dan tampak menarik, menghadirkan karpet lantai bisa jadi solusi. Anda bisa memilih karpet sesuai dengan budget dan kebutuhan. Mulai dari karpet lantai plastik maupun bulu dengan berbagai motif.

    Ketika Anda memutuskan menghadirkan karpet lantai plastik sebagai pilihannya, memperhatikan cara memasangnya haruslah jadi hal utama. Cara memasang karpet lantai plastik tidak bisa sembarangan agar nantinya tidak bergelembung. Itulah sebabnya berikut tips dan cara memasang karpet lantai plastik agar awet dan tidak bergelombang.

    10 Motif Karpet Lantai Plastik

    Sebelum mengetahui tips dan cara memasang karpet lantai plastik untuk ruangan keluarga maupun ruang tamu, Anda perlu mengetahui beberapa motifnya terlebih dahulu. Karena pemilihan motif karpet lantai plastik juga akan mempengaruhi tampilan dan suasana ruangan. Beberapa motif karpet lantai jenis plastik yang bisa jadi pilihan adalah:

    1. Motif papan catur

    Sumber: rupawon.com

    Ketika ruangan memiliki aksen warna hitam dan putih, ada baiknya Anda memilih karpet lantai bermotif papan catur. Motif papan catur akan membuat tampilan ruangan terkesan lebih atraktif.

    Anda bisa mengaplikasikan motif karpet jenis ini untuk ruangan kamar. Sebab ketika terkena kotoran akan sulit dibersihkan. Jadi, sangat cocok diletakkan di kamar karena tidak begitu banyak aktivitas.

    2. Motif bunga

    Sumber: 3.bp.blogpot.com

    Ketika Anda ingin menghadirkan aksen lebih ceria dan berwarna motif bunga bisa jadi pilihannya. Karpet jenis ini paling cocok digunakan untuk area ruang tamu, apalagi ketika warna dinding polos. Jadi, terkesan lebih hidup, ceria dan berwarna.

    3. Nuansa cerah

    Sumber: atrafloor.com

    Karpet dengan motif ceria akan sangat menarik jika di aplikasikan pada ruangan anak. Hal ini karena jenis karpet ini akan memicu anak lebih bersemangat ketika bermain.

    4. Motif hewan laut

    Sumber: i.pinim.com

    Ketika ingin menghadirkan karpet di ruang keluarga, paling cocok menggunakan motif hewan laut. Motif karpet lantai plastik ini juga akan membantu anak Anda betah berlama-lama dan menarik perhatiaan.

    5. Lingkaran

    Sumber: forthefloorandmore.com

    Ketika Anda memiliki lantai rumah yang tidak bermotif, maka karpet plastik model lingkaran bisa jadi pilihannya. Jenis karpet ini akan menjadi pusat perhatian apabila diletakkan di dapur ataupun ruang tamu. Jadi, makin terlihat menarik bukan?

    6. Motif kayu

    Sumber: embed.widencdn.net

    Ketika Anda menyukai desain ruangan bernuansa alam, karpet lantai dari plastik motif kayu bisa jadi pilihan. Karpet motif bernuansa alam ini akan makin terlihat menarik ketika diletakkan di ruang keluarga.

    7. Mozaik

    Sumber: polyflor.com.au

    Karpet lantai dengan motif mozaik akan terlihat menarik ketika diaplikasikan pada ruang keluarga maupun ruang tamu. Terlebih ketika dinding rumah Anda tidak terang simpel. Anda bisa mengkombinasikannya bersama sofa berwarna abu-abu maupun putih agar suasana lebih terasa nyaman dan tenang.

    8. Elegan

    Sumber: atrafloor.com

    Motif karpet elegan paling cocok digunakan untuk lantai rumah Anda yang polos dan luas. Hal ini karena motif yang menarik tersebut akan menarik perhatian untuk segera di duduki.

    9. Menarik

    Sumber: res.cloudinary.com

    Motif yang menarik seperti anyaman juga cocok dijadikan sebagai pemanis lantai ruang keluarga maupun ruang tamu. Apalagi ketika aksen dinding rumah Anda berwarna abu-abu, karpet lantai plastik ini akan semakin terlihat menarik dan elegan jika menjadi kombinasinya.

    10. Warna-warni

    Sumber: regentway.in

    Motif karpet warna-warni juga akan membuat ruangan terlihat menarik dan lucu. Apalagi ketika Anda memiliki sofa berwarna putih, karpet lantai ini akan makin terlihat menarik.

    Selain memilih motif yang sesuai dengan aksen warna ruangan, Anda juga harus memperhatikan cara untuk memasangnya. Hal ini karena ketika memasang karpet lantai, terlebih berukuran besar tidak benar maka karpet lantai plastik akan bergelombang sehingga tidak terlihat menarik. Untuk itu berikut alat dan cara memasang karpet lantai anti bergelombang.

    Alat untuk Memasang Karpet Lantai Plastik

    Sebelum mempraktekkan cara memasang karpet lantai plastik di rumah Anda, siapkan alat-alat seperti,

    1. Pisau untuk memotong karpet

    2. Lem karpet,

    3. Karpet plastik sesuai keinginan

    4. Spidol

    5. Tiang penahan karpet

    Setelah alat-alat memasang karpet disiapkan ikuti langkah-langkah untuk memasang karpet berikut ini. Langkah-Langkah memasang karpet plastik agar tidak bergelombang.

    1. Ukurlah lantai lebih dulu sebelum memasang karpet. Kemudian sesuaikan ukuran karpet dengan ukuran lantai yang ingin dilapisi. Jangan lupa lebihkan sekitar 10 cm sampai 20 cm pada setiap sisinya.

    2. Apabila Anda menggunakan lapisan bawah karpet, jangan lupa rapikan terlebih dahulu sebelum memasangnya. Lapisan bawah karpet akan sangat membantu Anda membuat karpet lantai tidak bergelombang apabila lantai memiliki permukaan tidak rapi.

    3. Oleskan lem karpet pada lantai yang akan dilapisi secara merata.

    4. Diamkan beberapa saat sampai lem setengah mengering, lalu tempelkan karpet lantai plastik pada area yang diinginkan.

    5. Pastikan juga ujung per ujung tidak bergeser. Anda bisa menggunakan kaki ketika tidak ada bantuan orang lain untuk mengeceknya.

    6. Agar terlihat rapi, Anda bisa meratakan kembali menggunakan tiang. Tiang berfungsi sebagai pencegah gelombang yang terbentuk akibat adanya ruang di bawah karpet.

    7. Hindari menginjak karpet kurang lebih sekitar 5 jam untuk memastikan lem benar-benar mengering.

    Motif karpet lantai dari plastik yang menarik tidak akan menjadi terlihat harmonis dan selaras dengan tema ruangan apabila Anda tidak memasangnya secara benar. Itulah sebabnya, cara memasang karpet lantai plastik tidak boleh sembarangan agar hasilnya tidak bergelombang. Sangat disarankan, Anda meminta bantuan anggota keluarga lainnya ketika memasangnya.

    Selain itu, jangan lupa ukurlah lantai yang ingin dilapisi sebelum memutuskan membeli karpet lantai plastik. Karena karpet lantai dari plastik biasanya dijual dengan harga per meternya. Jadi, agar menghemat biaya pastikan lebih dulu sebelum Anda membelinya.

    Baca juga: CARA MENCUCI KARPET SENDIRI DI RUMAH, LEBIH HEMAT DAN PRAKTIS