Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Karpet Puzzle

    Pilihan Jenis Karpet Puzzle yang Aman dan Tips Merawatnya

    Beragam jenis karpet kini bisa menjadi pilihan untuk ruangan rumah. Satu di antaranya adalah karpet puzzle yang kini banyak digemari. Khususnya bagi orang tua yang menggunakan karpet puzzle sebagai sarana edukasi untuk buah hatinya. 

    Saat ini mencari karpet jenis ini sudah sangat mudah dengan berbagai motif dan harga. Berikut ini adalah beberapa pilihan jenis, harga, hingga cara memilih karpet jenis puzzle yang aman untuk keluarga Anda.

    Jenis Karpet Puzzle yang Aman

    Seiring berjalannya waktu, karpet jenis puzzle yang aman sudah mulai beragam. Mulai dari tipe yang dikhususkan untuk anak hingga beragam motif aesthetic yang dapat mempercantik ruangan rumah Anda. Berikut beberapa variasi yang bisa dicoba.

    1. Karpet Puzzle Polos

    Karpet puzzle polos akhir-akhir ini banyak diburu oleh pembeli. Selain harganya yang lebih murah, alas lantai ini dapat memberikan kesan yang lebih luas dan lebih mudah dipadukan dengan berbagai tipe interior pada rumah Anda. 

    Biasanya satu paket karpet puzzle polos dijual kurang lebih dengan harga Rp90.000 sesuai dengan lebar dan ketebalannya.

    2. Karpet Puzzle Anak

    Karpet puzzle anak biasanya bermotif karakter kartun, alfabet, angka dan lain sebagianya. Alas lantai ini memang paling cocok diletakkan ruang bermain atau belajar buah hati di rumah. Selain menjamin kenyamanan si Kecil bermain, orang tua juga bisa membuat sistem belajar yang lebih menarik dengan karpet puzzle anak ini.

    Nilainya memang lebih mahal karena biasanya jenis lantai ini memiliki permainan lepas tempel interaktif yang dikhususkan untuk perkembangan anak kecil. 

    3. Karpet Puzzle Motif Kayu

    Karpet puzzle motif kayu adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menambahkan kesan hangat dan nyaman di dalam ruangan. Biasanya jenis alas lantai ini dipergunakan untuk kamar utama. 

    Kelebihan lainnya dari karpet puzzle motif kayu ini adalah mudah untuk dipadu padankan dengan segala furniture tanpa mengurangi kesan mahal, autentik dan nyaman.

    4. Rubber Mat Puzzle

    Rubber Mat Puzzle sedikit berbeda dengan jenis yang lain karena memiliki durabilitas tinggi dan daya tahan yang baik. Biasanya para pembeli menggunakannya di studio musik atau ruangan olahraga.

    5. Grass Mat Puzzle

    Bagi Anda yang ingin memberikan suasana segar di dalam ruangan tanpa perlu repot menanam rumput, alas lantai satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. 

    Dengan gambar rumput hijau diatasnya, karpet ini memberikan suasana fresh dan cerah ke rumah Anda. Harga per unitnya sesuai dengan lebar dan jumlahnya. 

    6. Baby Puzzle Mat

    Bagi Anda yang memiliki bayi di rumah, karpet jenis ini bisa menjadi pilihan menarik. Karena selain bisa bersantai dengan si Kecil, para orang tua juga bisa mengukur tinggi badan anak kapan saja. 

    Keunggulan lainnya adalah alas lantai ini dibuat dengan bahan soundproof sehingga Anda tidak akan terganggu dengan suara langkah si Kecil ketika berlarian. Tidak seperti karpet lain yang biasanya menimbulkan suara yang keras. 

    7. Puzzle Mat Interlocking XPE

    XPE atau Crosslinked Polyethylene adalah sebuah bahan yang membuat permukaan karpet tidak mudah terkelupas. Jenis ini juga sangat aman karena sudah teruji bebas dari BPA (Bisphenol A).  

    Cara Memilih Karpet Puzzle yang Aman untuk Keluarga

    Karpet ini biasanya memiliki berbagai warna dan ketebalan yang berbeda. Ukuran standarnya adalah 30 cm tapi kebanyakan orang lebih suka menggunakan karpet dengan ukuran 60 cm karena lebih mudah dipasang. Untuk tahu karpet jenis puzzle yang aman untuk keluarga Anda, yuk simak tipsnya berikut ini.

    Perhatikan Ketebalan Karpet

    Agar Anda merasa lebih nyaman dan hangat ketika bersantai di atas karpet, pilihlah karpet yang memiliki ketebalan lebih dari 1 cm. 

    Namun perlu diperhatikan juga kalau terlalu tebal, Anda akan kesulitan menutup pintu. Jadi pilihlah sesuai kebutuhan dan kondisi ruangan Anda.

    Water-Repellent

    Salah satu keunggulan karpet ini adalah mudah untuk dibersihkan. Namun, ternyata tidak semua jenisnya memiliki rsifat water-repellent yang cukup bagus. Jadi, telitilah sebelum membeli.

    Side Part pada Karpet

    Model karpet berbentuk puzzle  memang memiliki sisi yang bergerigi untuk menyambungkan bagian satu dengan lainnya. Tapi biasanya dalam satu paket ada side part atau sisi bagian datar yang agar karpet Anda terlihat lebih cantik dan rapi. Sayangnya, tidak semua paketnya memiliki side part, jadi telitilah sebelum membeli.

    Pilih Desain Sesuai dengan Ruangan Anda

    Setiap ruangan pasti memiliki kegunaan dan suasananya sendiri, jadi memilih desain karpet yang cocok dengan tema ruangan Anda sangatlah penting. Referensi jenis karpet berbentuk puzzle bisa ditemukan di tulisan di atas.

    Baca Juga: Panduan Memilih Karpet Lantai Yang Pas untuk Ruangan

    Selain membuat dekorasi rumah semakin variatif, karpet puzzle memang cukup praktis untuk dibersihkan dan dibongkar. Dengan motif dan kegunaan yang beragam, karpet jenis ini cukup fleksibel untuk digunakan di mana saja. Sekarang apakah Anda sudah menemukan desain yang cocok untuk ruangan di rumah?