Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Kombinasi Warna Cat Rumah

    10 Kombinasi Warna Cat Rumah Simpel Tapi Elegan dan Menawan

    Tempat tinggal yang nyaman dapat dilihat dari berbagai faktor, salah satunya adalah warna cat rumah tersebut. Banyak suasana yang dapat diciptakan melalui perbedaan kombinasi warna cat rumah.

    Ketika pemilihan warna yang tepat membuat rumah Anda terlihat cantik. Untuk itu, yuk intip 10 ide kombinasi warna yang bisa Anda tiru untuk memilih karakter yang sesuai dengan keinginan.

    10 Kombinasi Warna Cat Rumah

    Kombinasi warna cat rumah hijau muda

    kombinasi warna cat rumah

    Sumber: 

    Warna hijau tetap menjadi warna favorit dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan, warna hijau dipercaya dapat memberi relaksasi pada mata setelah berkutat dengan banyak pekerjaan. Anda bisa mengkombinasi warna hijau tua dengan hijau muda agar tampilan rumah terlihat fresh dan alami. 

    Kombinasi warna cat rumah coklat muda

    kombinasi warna cat rumah

    Sumber: bestdesignideas.com

    Warna coklat memang digemari karena padu padan yang mudah dengan perabotan. Selain itu, warna coklat juga memberikan kesan hangat pada rumah serta dapat memantulkan cahaya dengan baik. Kombinasi warna cat rumah coklat muda ini bisa menjadi pilihan tepat untuk rumah minimalis Anda.

    Kombinasi warna cat rumah minimalis dengan warna netral

    kombinasi warna cat rumah

    Sumber: wallpapersafari.com

    Ketika ingin memberikan kesan minimalis, kombinasi warna cat rumah dengan warna netral bisa menjadi pilihan. Warna netral yang dapat Anda gunakan antara lain putih, hitam, abu abu. Agar tidak terlihat monoton dan membosankan, pilih perabotan dan barang dengan warna berbeda agar rumah tampak lebih hidup.

    Kombinasi krem dan coklat

    kombinasi warna cat rumah

    Sumber: bg-102.ru

    Warna coklat menjadi tren yang banyak digunakan pada tahun ini. Untuk menetralkan warna coklat pekat, Anda bisa mencoba kombinasi warna coklat dan krem untuk rumah agar tampilannya terlihat senada dan menarik. 

    Kombinasi putih dan krem

    kombinasi warna cat rumah

    Sumber: squarerooms.com.sg

    Ketika Anda merasa bosan dengan cat rumah putih, coba kombinasikan dengan warna krem. Warna krem yang tidak terlalu terang, masih cocok untuk digunakan pada ruangan manapun.

    Tentunya kombinasi warna ini juga tetap menampilkan kesan sederhana dan membuat betah keluarga Anda. Selain itu, kombinasi warna putih dan krem juga membuat ruangan terlihat bersih serta luas. 

    Kombinasi orange dan putih

    kombinasi warna cat rumah

    Sumber: home-designing.com

    Sentuhan warna orange pada ruangan akan menampilkan suasana ceria dan membuat ruangan tampak lebih luas. Warna orange akan semakin menarik apabila dikombinasikan dengan warna putih.

    Kombinasi dua warna ini membuat rumah Anda terlihat elegan. Selain itu, sentuhan warna putih juga bisa didapat melalui perabotan yang ada pada ruangan. Anda bisa menggunakan warna orange hanya pada satu sisi dinding saja sebagai fokus ruangan.

    Warna coral dan ungu muda

    kombinasi warna cat rumah

    Sumber: hgtv.com

    Jika Anda ingin bereksperimen tabrak warna namun kurang percaya diri dengan warna yang terang, maka warna coral dan ungu muda patut dicoba. Perpaduan warna coral serta warna ungu muda yang lembut dapat membuat ruangan terlihat elegan dan berwarna secara bersamaan.

    Warna mint dan pink

    kombinasi warna cat rumah

    Sumber: pinterest.com

    Warna mint dipercaya dapat membuat Anda rileks saat melihatnya. Warna mint yang tenang lalu dikombinasi dengan warna pink yang sedikit mencolok akan menciptakan suasana menyenangkan namun tetap sederhana.

    Warna hazelnut dan hitam

    kombinasi warna cat rumah

    Sumber: behance.net

    Warna hazelnut yang klasik masih banyak digemari. Warna ini menghadirkan mood klasik pada rumah minimalis Anda. Anda bisa menggabungkan warna hazelnut ini dengan warna hitam. Rumah dengan kombinasi warna ini akan terkesan hangat namun elegan dan tetap terlihat klasik.

    Warna biru muda dan merah muda

    kombinasi warna cat rumah

    Sumber: dazeyla.com

    Warna biru yang lembut membuat suasana kalem pada ruangan. Namun bagaimana jika warna biru dipadukan dengan warna merah muda yang sedikit tegas? Ternyata kombinasi dua warna ini membuat ruangan menjadi lebih segar dan terlihat harmonis.

    Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah

    Sebelum Anda memilih kombinasi warna, ada baiknya cek tips untuk memilih warna cat rumah agar tidak terkesan norak dan terlihat indah berikut.

    1. Ikuti rule of three

    Anda dapat membatasi maksimal 3 warna cat di satu ruangan. Aturan ini digunakan agar ruangan tidak terlihat sumpek dan penuh. Pastikan untuk memadukan warna yang tepat agar nyaman dilihat.

    2. Pilih warna kesukaan dan padukan dengan colour palette

    Sesuaikan warna rumah Anda dengan selera. Dengan begitu Anda akan merasa senang dan nyaman tiap kali melihat warna di rumah. Setelah menentukan warna, maka padukan dengan warna lain yang senada dengan colour palette.

    3. Gunakan aturan 60-30-10

    Rasio ini digunakan untuk membagi warna. Warna dominan sebanyak 60% pada dinding, warna berikutnya 30% untuk sofa atau karpet, dan 10% untuk dekorasi ruangan. 

    4. Padukan kontras warna yang hangat dan dingin

    Anda dapat memadukan warna hangat seperti beige dengan warna dingin seperti biru. Dengan begitu, ruangan tidak terlihat membosankan dan dinamis. 

    5. Dekorasi gelap terang secara vertikal

    Jika Anda kebingungan saat memilih warna, gunakan saja tips gelap terang ini. Kombinasi warna cat rumah ini bisa dimulai dari bawah yaitu lantai yang berwarna gelap, dinding dengan warna sedang, lalu atap dengan warna terang.

    Kombinasi warna cat rumah yang berbeda dari sebelumnya dapat menghadirkan kesan segar dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jadi, kombinasi mana yang akan Anda pilih untuk pengecatan ulang rumah? 

    Baca juga: 8 Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur yang Menyenangkan