Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Kulkas Tidak Dingin

    Jangan Salah! 10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin & Cara Mengatasinya

    Kulkas kini menjadi alat elektronik yang hampir semua rumah telah memilikinya. Bahkan, setiap harinya manusia hampir tidak bisa lepas dari kulkas. Suhunya yang rendah membuat kulkas mampu memberikan area dingin yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Kulkas dimanfaatkan untuk membekukan, mendinginkan hingga mengawetkan makanan.

    Namun terkadang, ada beberapa alasan penyebab kulkas tidak dingin lagi yang mengakibatkan lemari es terasa panas. Lalu mengapa kulkas tidak dingin bisa terjadi? Berikut beberapa penyebab dan cara perbaiki kulkas tidak dingin.

    Mengapa Kulkas Tidak Dingin?

    Ada banyak hal yang bisa menjadi alasan mengapa kulkas menjadi tidak dingin. Mulai dari permasalahan secara teknis hingga kebiasaan dari pemiliknya. Timbulnya masalah kulkas sulit dingin ini juga bisa terjadi karena beberapa penyebab yang umum terjadi. 

    10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin

    Saat lemari es tidak berfungsi dengan semestinya, coba cek beberapa kemungkinan penyebab kulkas tidak dingin. Berikut 10 penyebab yang umum terjadi di masyarakat. 

    1. Sering menyimpan makanan panas

    penyebab kulkas tidak dingin

    Sumber: lifesavvy.com

    Sering disepelekan dan dianggap remeh, menyimpan makanan dan minuman panas terlalu sering dapat menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Alasannya, suhu panas dari makanan akan mempengaruhi temperatur keseluruhan isi kulkas. 

    Akibatnya, kulkas akan bekerja secara ekstra untuk mendinginkan udara sehingga. Hal inilah yang membuat pengatur udara pada lemari pendingin cepat rusak.

    2. Tebalnya bunga es

    penyebab kulkas tidak dingin

    Sumber: na.rdcpix.com

    Salah satu penyebab utama mengapa kulkas sulit dingin adalah bunga es yang sudah terlalu tebal. Lubang angin yang berfungsi untuk mendinginkan udara dalam kulkas tidak dapat bekerja maksimal karena tertutup lapisan bunga es. 

    Tipsnya, sebelum terlanjur membongkar keseluruhan bagian kulkas, coba cek kondisi bunga es terlebih dahulu. Jika dirasa terlalu tebal, gunakan alat sederhana (bukan benda tajam) untuk membersihkan bunga es yang menutupi lubang angin. 

    3. Habisnya freon

    penyebab kulkas tidak dingin

    Sumber: pce-instruments.com

    Setiap kulkas memerlukan freon untuk melepaskan aliran panas di dalamnya. Itulah sebabnya, jika terjadi kebocoran yang sampai mengakibatkan freon habis akan berdampak pada suhu kulkas sehingga terasa tidak lagi dingin. 

    Periksa kondisi freon secara berkala. Apabila freon tidak lagi hangat segera isi agar dapat berfungsi dengan optimal.

    4. Kompresor yang rusak

    penyebab kulkas tidak dingin

    Sumber: acrepaircenter.com

    Cara mendeteksi penyebab kulkas tidak dingin yang paling mudah adalah dengan mendengarkan kerja kompresornya. Kompresor yang berisik merupakan tanda kulkas Anda sedang bermasalah. Suhu udara lemari es akan meninggi bila bagian kompresor melemah sehingga temperatur kulkas terasa panas.

    5. Pintu kulkas yang tertutup kurang rapat

    penyebab kulkas tidak dingin

    Sumber: instructables.com

    Kurang rapat saat menutup pintu kulkas akan membuat kinerjanya tidak maksimal. Sebab, pintu kulkas dirancang agar area pendingin kedap dari udara luar tetap dingin. Sebaiknya, tutup pintu dengan rapat untuk menjaga kekedapan udara. Membuka tutup pintu kulkas terlalu sering juga dapat menyebabkannya cepat rusak dan boros listrik.

    6. Adanya perangkat elektronik yang panas dekat kulkas

    penyebab kulkas tidak dingin

    Sumber: i.pinimg.com

    Tata letak lemari es yang tidak tepat juga bisa menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin. Apalagi jika kulkas diletakkan berdekatan dengan perangkat elektronik lain yang bersuhu panas. Hal tersebut akan membuat lemari es tidak dapat bekerja secara maksimal karena pengaruh suhu di sekitarnya.

    7. Setelan thermostat yang tidak sesuai

    penyebab kulkas tidak dingin

    Sumber: alamy.com

    Thermostat adalah bagian kulkas yang berfungsi untuk mengatur suhu di dalamnya secara otomatis agar maksimal. Biasanya, setelan thermostat yang tidak sesuai dapat mengakibatkan temperatur kulkas tidak lagi dingin.  Jadi, coba atur suhu thermostat dengan benar agar suhu kulkas kembali normal.

    Baca juga: KETAHUI 12 PENYEBAB AC TIDAK DINGIN DAN CARA MENGATASINYA

    8. Rusaknya karet pintu kulkas

    penyebab kulkas tidak dingin

    Sumber: newstore.my

    Terkadang, karet yang sudah longgar dapat membuat pintu kulkas tidak bisa tertutup rapat sehingga menyebabkan adanya celah udara. Akibatnya, kulkas sulit dingin dan bila dibiarkan terus menerus, lemari es akan cepat rusak.

    9. Putusnya evaporator kulkas

    penyebab kulkas tidak dingin

    Sumber: homeefficiencyguide.com

    Pada kulkas, evaporator berfungsi sebagai media agar freon dapat mengalir sehingga kulkas terasa dingin. Itulah sebabnya, bila evaporator kulkas mengalami kerusakan seperti putus dan kebocoran akan berdampak ke penyaluran freor yang tidak merata.

    10. Stop kontak yang kurang atau tidak tercolok sempurna

    penyebab kulkas tidak dingin

    Sumber: mrcabinetcare.com

    Terakhir, coba periksa apakah stop kontak kulkas sudah tercolok dengan sempurna? Jangan sampai Anda sudah terlalu banyak menduga penyebab kulkas sulit dingin, padahal masalahnya terletak pada sambungan stop kontak ataupun kabelnya.

    Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin

    Lemari es yang bermasalah tentu tidak akan bisa menyimpan makanan dan minuman secara maksimal. Akibatnya, makanan dan minuman di dalamnya pun menjadi cepat basi. Untuk mengatasinya, coba simak cara perbaiki kulkas tidak dingin berikut ini.

    1. Bersihkan bunga es secara rutin

    Saat kulkas sulit dingin, coba periksa dulu kondisi bunga es di dalamnya. Apakah lapisan bunga es sudah terlalu tebal sampai menutupi lubang angin pada kulkas? Bila iya, segera bersihkan bunga es dengan menyalakan kipas angin agar segera mencair. Lakukan hal ini secara rutin agar lapisan bunga es yang terbentuk tidak terlalu tebal.

    2. Tidak memasukkan makanan dan minuman panas

    Mulai kurangi dan hindari kebiasaan memasukkan makanan dan minuman yang masih panas ke dalam kulkas. Bila ingin memasukkannya, biarkan makanan dan minuman mendingin terlebih dahulu di ruang terbuka. Masukkan ke dalam kulkas bila makanan dan minuman tersebut sudah bersuhu normal.

    3. Jauhkan kulkas dari alat elektronik yang panas

    Agar lemari es awet dan tahan lama, jauhkan kulkas dari benda-benda yang dapat menghasilkan suhu panas. Misalnya, kompor, penanak nasi, oven, dispenser, televisi dan lain sebagainya. Hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja lemari es. Akibatnya, kulkas dapat bekerja secara maksimal sehingga lebih awet.

    4. Tutup pintu kulkas dengan rapat

    Cara mengatasi kulkas tidak dingin paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan menutup pintunya dengan rapat. Bentuk kebiasaan menutup rapat pintu kulkas menjadi budaya baik yang memang dilakukan setiap harinya. Alhasil, kulkas Anda akan terhindar dari kemungkinan rusak seperti sulit dingin.

    5. Servis kulkas secara berkala

    Perangkat elektronik memang membutuhkan servis rutin secara berkala agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Apabila lemari es Anda memang rusak, tak ada salahnya menggunakan jasa servis. Daripada menebak-nebak dan menambah kerusakan, serahkan saja pada tenaga ahli yang sudah pasti paham bagaimana cara perbaiki kulkas tidak dingin.

    Itulah beberapa penyebab kulkas tidak dingin serta cara memperbaikinya. Semoga 5 cara mengatasi kulkas tidak dingin di atas dapat membantu Anda untuk memperbaiki lemari es di rumah. Terakhir, hindari faktor-faktor penyebab kulkas tidak dingin dan rawat lemari es di rumah dengan baik agar awet.

    Baca juga: 11 CARA MEMBERSIHKAN KULKAS YANG BENAR, MUDAH, DAN CEPAT