Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Kusen Adalah

    Apa itu Kusen? Mengenal Jenis dan Cara Pemasangannya

    Kusen adalah istilah untuk menyebut salah satu tempat meletakkan daun pintu dan jendela yang populer dalam dunia konstruksi bangunan. Jadi sudah tidak mungkin bukan jika suatu hunian dapat berdiri tanpa adanya kusen di dalamnya?

    Nah dari pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa kusen adalah bagian krusial yang tentu setiap proses pemasangannya perlu diperhatikan dengan cermat. Untuk itu, yuk kenali detail kusen lebih jauh dalam ulasan berikut! 

    Apa itu Kusen?

    Kusen adalah salah satu komponen bangunan berupa kerangka berbahan kayu, plastik, atau aluminium. Fungsinya yaitu sebagai tempat peletakan daun jendela ataupun pintu, kaca, serta teralis. Selain itu, bisa juga digunakan untuk pemisah antar ruangan dan menyekat dinding.

    Standar ukuran kusen juga bermacam-macam tergantung desainnya. Bentuknya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari pintu satu atau dua daun, jendela kaca, hingga jenis geser.

    Struktur Kusen 

    Berdasarkan rangkanya, struktur kusen dibagi menjadi beberapa komponen yaitu:

    • Tiang kusen adalah salah satu komponen yang kerap dipakai sebagai sekat antar dinding dengan jendela maupun pintu.
    • Ambang kusen atau dorpel merupakan bagian yang berfungsi untuk menahan berat beban pada bagian atasnya.
    • Sponneng yaitu tiang kusen untuk melekatkan daun pintu dan jendela.
    • Telinga kusen adalah bagian ambang atau dorpel yang ditanamkan ke dalam tembok dan digunakan untuk menahan gerakan ke arah depan maupun belakang.
    • Alur kapur merupakan komponen tiang kusen untuk mencegah penyusutan pada suhu udara panas atau dingin, supaya tidak timbul celah.
    • Angkur dipasang untuk memperkuat kusen serta menahan gerakan daun jendela atau pintu.
    • Duk / neut terletak di bagian bawah kusen yang berfungsi menahan gerakan tiang ke segala arah dan melindunginya dari rembesan air dari lantai atas.

    Jenis-Jenis Kusen

    Ternyata, jenis kusen dibedakan sesuai dengan fungsi dan peletakannya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

    1. Kusen pintu 

    Kusen pintu adalah rangka untuk daun pintu. Biasanya, terdapat lubang penerangan serta ventilasi angin pada bagian atasnya.

    2. Kusen jendela 

    Kusen ini dipasang pada daun jendela agar dapat dibuka dan ditutup untuk memperlancar sirkulasi udara.

    3. Kusen bovenlicht

    Kusen bovenlicht merupakan rangka yang digunakan untuk meletakkan kaca agar cahaya dari luar ruangan bisa masuk ke dalam.

    4. Kusen gendong

    Kusen gendong merupakan kombinasi rangka untuk jendela dan pintu yang dijadikan satu konstruksi utuh. Jenis ini idealnya diletakkan pada bagian depan hunian seperti ruang tamu atau keluarga, yang membutuhkan penerangan lebih.

    Baca juga: MENGENAL GYPSUM - KELEBIHAN, KEKURANGAN, DAN CARA MERAWATNYA

    Material yang Cocok untuk Kusen

    Kusen tersedia dalam berbagai pilihan material dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat kusen.

    Kayu

    kusen adalah

    Sumber: architizer.com

    Seiring dengan kemajuan teknologi, kayu yang merupakan bahan mentah kini dapat mudah diproses menjadi kusen. Material ini terkenal akan kekuatannya, elastisitas, serta ketahanannya terhadap beban.

    Selain itu, detail kusen kayu menyuguhkan tampilan lebih natural dan eksotis. Sebab, bahannya memiliki serat-serat bernuansa alami yang dapat meningkatkan sisi estetika.

    Keunggulan kayu kusen adalah:

    • Tersedia dalam berbagai variasi bentuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga cocok diterapkan pada semua tipe hunian.
    • Ada banyak jenis kayu, mulai dari jati, purnis, kamper, laban, hingga ulin.
    • Bahannya fleksibel, proses pembentukannya mudah, dan bisa disesuaikan dengan berbagai gaya bangunan.

    Kekurangan kayu kusen adalah:

    • Mudah dimakan rayap sehingga membutuhkan perawatan ekstra secara rutin menggunakan warna cat kusen atau coating supaya tetap awet dan tahan lama.
    • Sebaiknya jangan memilih kusen dari kayu nangka yang mudah menyerap air. Sehingga, pintu atau jendela akan sulit dibuka akibat salah satu sudut mengalami pemuaian.

    Aluminium

    kusen adalah

    Sumber: highsealfsg.com

    Aluminium kusen adalah bahan yang sering dijadikan alternatif pengganti kayu. Bahkan, kini penggunaannya semakin populer di kalangan masyarakat pedesaan maupun perkotaan. 

    Kelebihan aluminium kusen adalah:

    • Anti rayap serta tidak mudah keropos.
    • Dibandingkan jenis kayu, kusen aluminium cenderung lebih kuat dan tidak gampang menyusut ketika terjadi perubahan cuaca.
    • Warna cat kusen aluminium juga tampak alami dan tersedia dalam berbagai pilihan varian, seperti hitam, coklat, oren, krem, kuning, biru, dan lain-lain.
    • Bobotnya yang ringan membuat desainnya bisa disesuaikan dengan pesanan. 
    • Cara perawatan aluminium kusen untuk mencegah korosi sangat simpel dan mudah.

    Kekurangan aluminium kusen adalah:

    • Dipasang menggunakan sistem ficher dimana harus dibor atau ditanam bersama kusen hingga melekat ke dinding. Apabila terjadi kesalahan selama proses pemasangannya, maka dapat berakibat fatal. 
    • Jika sambungan siku kusen dengan kaca jendelanya kurang baik, akan menyebabkan air hujan mudah masuk ke dalam. 

    UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride)

    kusen adalah

    Sumber: kamaju.id

    Unplasticized Polyvinyl Chloride kusen adalah material berbahan plastik tetapi dibuat tanpa menggunakan plasticizer (menghilangkan sifat keplastikannya). Saat ini, UPVC sudah dilengkapi dengan rangka besi yang lebih kokoh dari kayu dan aluminium. 

    Keunggulan UPVC:

    • Tidak mudah mengalami korosi dan anti rayap.
    • Tahan terhadap kondisi cuaca sehingga tidak akan mengalami penyusutan.
    • Bisa dibentuk sesuai keinginan sebab pembuatannya langsung berada di pabrik.
    • Kedap suara sehingga dapat mengurangi kebisingan dari luar.

    Kelemahan UPVC:

    • Teknik pemasangannya cenderung sulit.
    • Pembuatan dimensinya harus tepat karena jika sudah tercetak, tidak akan bisa diubah lagi.

    Cor/beton

    kusen adalah

    Sumber: nortonsafe.search.ask.com

    Kusen beton atau cor banyak digunakan karena memiliki beberapa keunggulan seperti anti rayap, tidak gampang keropos, serta tahan terhadap kondisi cuaca. Proses pembuatannya menggunakan metode cetak yang disambung dengan paku dan kawat. 

    Sedangkan kelemahan beton kusen adalah proses pemasangannya harus tepat dan benar. Sebab, kusen cor tidak akan bisa diubah lagi jika sudah terpasang.

    Fiberglass

    kusen adalah

    Sumber: pinterest.com

    Kusen fiberglass merupakan material yang tahan lama serta mudah perawatannya. Bahan ini hampir sama dengan bahan vinyl, namun memiliki kualitas yang lebih baik. Keunggulan lainnya adalah dapat menyesuaikan dengan suhu serta tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

    Namun, kelemahan fiberglass yaitu tampilannya cenderung membosankan. Apalagi, harga kusen ini cukup mahal jika dibandingkan dengan material vinyl.

    Cara pemasangan kusen

    Sebelum memasangnya, Anda perlu memperhatikan langkah-langkahnya dengan baik. Untuk itu, cara pemasangan kusen adalah sebagai berikut.

    1. Cat dan beri lapisan minimal 2 kali

    Kusen yang telah dipasang harus dicat atau diberi pelapis minimal 2 kali. Hal ini bertujuan supaya permukaannya tetap kokoh.

    2. Pasang angkung

    Untuk mengikat dinding dengan kusen, Anda perlu memasang angkur. Benda ini berfungsi untuk memperkuat serta menahan gerakan daun jendela atau pintu pada kusen.

    3. Beri paku/skor

    Kemudian, jangan lupa untuk memberi paku atau skor. Lakukan langkah ini untuk menjaga siku-siku kusen.

    4. Rekatkan dengan sekrup khusus

    Terakhir adalah merekatkan kusen dan pasangannya, baik jendela maupun pintu. Gunakan sekrup khusus untuk melekatkannya.

    Itulah ulasan lengkap seputar kusen, mulai dari fungsi, jenis, struktur, material, hinga cara pemasangannya. Semoga setelah memahaminya, Anda bisa lebih memperhatikan pemilihan kusen yang tepat sampai ia benar-benar terpasang. Hal ini bertujuan agar hunian impian dapat berdiri kokoh dan tahan lama.

    Nah selain dibangun dengan material pilihan, wujudkan juga rumah idaman Anda dengan aneka perabot dan dekorasi menawan dari iCreate. Kami pun memberikan garansi, jaminan orisinalitas setiap produk, hingga kelancaran proses pengiriman sampai ke tangan Anda. Untuk itu, yuk rasakan pengalaman menarik berbelanja furniture online di iCreate sekarang juga!

    Baca juga: APA ITU KAVLING? INI PILIHAN JENIS, TIPS, DAN UNTUNG RUGINYA