Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Lantai Semen

    Lantai Semen | Plus Minus, Desain, Cara Mengkilapkan & Merawat

    Menciptakan rumah idaman yang tampil unik dan cantik merupakan keinginan banyak orang. Biasanya, pemilik rumah akan memberi ornamen dekorasi dan hiasan dinding seperti lukisan minimalis untuk memberi kesan hunian artistik. Namun, tahukah Anda ada cara lain agar rumah terlihat berbeda? Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah menggunakan lantai semen poles. 

    Di samping bisa menghemat biaya, lantai semen poles atau acian juga mampu menciptakan kesan natural dan tradisional pada hunian. Pemakaian lantai semen poles pun dianggap bisa menghadirkan gaya rumah industrial. Cukup menarik, bukan? Yuk intip berbagai kelebihan lantai semen poles beserta cara merawatnya berikut!

    Kelebihan Lantai Semen

    Meski terlihat tradisional, tahukah Anda lantai semen poles mempunyai berbagai keunggulan? Simak informasi lengkapnya pada ulasan berikut.

    1. Perawatan yang mudah

    Lantai acian mempunyai sifat yang hampir sama dengan keramik dan porselen, yakni mudah dibersihkan. Anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya secara teratur agar lantai selalu tampil mengkilap.

    2. Tahan lama

    Salah satu ciri lantai berbahan semen adalah memiliki permukaan yang keras. Sifat ini membuat lantai acian lebih tahan terhadap gesekan, seperti cakaran hewan peliharaan maupun furniture berat. Di samping itu, lantai semen poles juga mudah untuk diperbaiki. Jika ada bagian yang pecah, Anda cukup menambalnya dengan semen.

    3. Cocok dipadukan dengan desain interior apapun

    Lantai acian juga multifungsi karena cocok dipadukan dengan segala gaya interior. Dengan lantai dari semen, Anda bisa menciptakan desain rumah minimalis, klasik, rustic, maupun industrial.

    4. Sejuk

    Di samping terlihat kekinian, lantai dari semen pun mampu menghilangkan suasana panas di dalam hunian. Hal ini disebabkan oleh sifat semen yang dingin. Dengan memakai lantai berbahan semen, dijamin kaki Anda akan selalu terasa sejuk. 

    Kekurangan Lantai Semen

    Di samping kelebihan, ternyata lantai berbahan semen juga mempunyai beberapa kelemahan. Pastikan Anda mempertimbangkan kekurangan lantai acian sebelum menerapkannya pada hunian.

    1. Lembab dan rawan lumut

    Jika memilih lantai dari semen, pastikan untuk selalu menjaga permukaannya agar tetap kering dan tidak lembab. Kondisi lantai dari semen yang dibiarkan basah dalam waktu lama akan mengundang terbentuknya lumut.

    2. Kurang aman untuk anak-anak

    Lantai berbahan dasar semen yang bersifat keras sangat tidak aman untuk anak-anak maupun orang lanjut usia. Sebagai jalan keluarnya, Anda bisa melapisi lantai dengan karpet lembut yang nyaman dan empuk.

    Baca juga: LENGKAP! LANTAI MARMER - JENIS, PLUS MINUS, DAN PERAWATANNYA

    Cara Mengkilapkan Lantai Semen

    Agar lantai berbahan semen selalu tampil mengkilap, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami, seperti serbuk gergaji dan ampas kelapa. Jangan khawatir, berikut beberapa langkah praktis untuk mengkilapkannya.

    1. Cara mengkilapkan lantai semen dengan serbuk kayu 

    Bahan pertama yang bisa digunakan untuk membuat lantai dari semen mengkilap adalah serbuk kayu. Caranya, masukkan serbuk gergaji kayu ke dalam baskom atau ember. Selanjutnya, beri beberapa sendok minyak tanah, lalu aduk hingga tercampur rata. 

    Kemudian, taburkan campuran tersebut ke sudut ruangan dan gosok dengan kaki. Jangan lupa untuk memberi menggosok sambil sedikit ditekan. Jika seluruh ruangan telah digosok, bersihkan serbuk kayu dengan sapu. Sementara itu, biarkan minyak tanah diserap oleh pori-pori lantai.

    2. Cara mengkilapkan lantai semen dengan ampas kelapa

    Cara mengkilapkan lantai semen yang kedua adalah memanfaatkan ampas kelapa. Setelah menggunakan kelapa untuk bahan masakan, simpan ampasnya untuk mengkilapkan lantai. Caranya mirip dengan serbuk kayu, cukup taburkan serbuk kelapa, lalu gosok dengan kuat ke permukaan lantai.

    3. Cara mengkilapkan lantai semen dengan cairan lilin

    Anda juga bisa menggunakan lilin yang telah dicairkan untuk membuat permukaan lantai mengkilap. Beberapa saat setelah lilin mencair, jangan lupa untuk menambahkan beberapa tetes minyak tanah ke dalamnya. Siramkan cairan lilin ke seluruh lantai dengan cepat dan merata.

    4. Cara mengkilapkan lantai semen dengan epoxy

    Jika Anda menginginkan metode yang cepat, tahan lama, dan terjamin, gunakan bahan khusus yang bernama epoxy. Lantai berbahan semen yang dilapisi epoxy akan mengkilap sempurna, dengan tekstur licin seperti marmer.

    Cara Merawat Lantai Semen

    Lantai acian ekspos memang mampu memberi tampilan yang natural dan indah. Namun, Anda juga harus merawatnya agar hunian selalu terlihat bersih. Bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut.

    1. Gunakan air hangat untuk mengepel lantai

    Air hangat dinilai lebih ampuh membersihkan kotoran dan noda yang menempel pada lantai acian. Sebelum mengepel, jangan lupa untuk menyapu lantai lebih dulu. Bersihkan lantai acian secara rutin agar tidak ada noda yang menempel pada permukaannya.

    2. Soda kue

    Di samping digunakan sebagai bahan masakan, soda kue ternyata juga bermanfaat untuk membersihkan lantai acian. Cukup taburkan soda kue pada bagian lantai yang bernoda, lalu bersihkan dengan lap basah. Cara ini terbukti ampuh untuk menghilangkan noda minyak membandel dan bercak garis pada permukaan lantai.

    3. Cuka dan lemon

    Tips lain untuk membersihkan lantai acian adalah menggunakan cuka. Caranya, campurkan cuka dengan seember air. Tambahkan juga beberapa tetes air lemon agar hasil lebih maksimal. Gunakan campuran tersebut untuk mengepel lantai yang kotor.

    Desain Rumah Dengan Lantai Semen

    Agar semakin bergaya, lantai semen poles biasanya dipadukan dengan furniture dari kayu. Tak perlu bingung mencari inspirasi, simak beberapa ide hunian dengan lantai berbahan semen berikut.

    Ruang makan bernuansa natural

    Lantai dari semen tentu mampu memberi sentuhan alami pada hunian, termasuk ruang makan. Kombinasikan lantai dari semen poles dengan furniture dari kayu serta beberapa tanaman hijau agar suasana semakin hangat. 

    lantai semen

    Sumber: nextluxury.com

    Paduan warna monokrom untuk gaya minimalis

    Lantai semen poles adalah cara yang tepat untuk menciptakan kesan minimalis pada hunian. Apalagi jika dipadukan dengan warna monokrom dan tone kayu. Tambahkan beberapa lampu dengan desain unik seperti gambar berikut agar ruangan semakin tampil modern.

    lantai semen

    Sumber: nextluxury.com

    Semakin indah dengan gaya rustic

    Sebagai informasi, desain rustic adalah gaya hunian yang identik dengan kesan natural dan dekat dengan alam, seperti gambar berikut. Di samping pemakaian lantai dari semen poles, furniture dan langit-langit kayu juga sangat mendominasi ruangan ini. Sederhana namun menarik, bukan? 

    lantai semen

    Sumber: nextluxury.com

    Itulah berbagai informasi terbaru seputar lantai semen poles. Agar rumah selalu tampak indah, jangan lupa untuk selalu membersihkan lantai secara berkala. Di samping itu, pastikan Anda juga menggunakan perabot rumah tangga dengan konsep dan warna senada agar hunian semakin tampil apik.

    Jika Anda kesulitan mencari furniture yang pas dipadukan dengan lantai semen poles, jangan khawatir, iCreate jual berbagai macam kebutuhan rumah tangga. Mulai dari kursi dan meja untuk berbagai keperluan, sofa, lemari penyimpanan, maupun aksesoris dan ornamen dekorasi menarik. Kunjungi iCreate sekarang dan dapatkan berbagai penawaran menarik khusus untuk Anda hari ini!

    Baca juga: LANTAI TERASO - JENIS, KEKURANGAN DAN KELEBIHANNYA