Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Lemari Dapur

    12 Model Lemari Dapur Untuk Konsep Dapur Minimalis

    Lemari dapur berguna untuk tempat menyimpan berbagai keperluan dapur. Selain itu, kehadirannya juga bermanfaat sebagai dekorasi yang sederhana dan multifungsi. Dengan memilih desain lemari yang tepat maka Anda tak perlu khawatir akan dapur sempit. Karena di masa kini tersedia banyak jenis lemari yang mengutamakan kegunaan dan keserasian tempatnya.

    Adanya lemari juga membuat ruangan dapur menjadi lebih rapi, nyaman dan terlihat bersih karena tidak terdapat peralatan dan bahan makanan yang tercecer. Namun, sebelum memilih, ada baiknya mengetahui beberapa model lemari dapur berikut ini.

    Jenis lemari dapur

    Bagi kebanyakan orang, lemari dapur tak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan memasak, namun juga berguna untuk estetika ruangan. Maka dari itu, perlu pertimbangan khusus ketika memilih jenis lemari agar semakin berkesan dan lebih efisien. Berikut inspirasi model lemari dapur yang bisa dijadikan pilihan.

    Model Lemari Aluminium

    Dengan desain sederhana dan ukuran yang tidak terlalu lebar, menjadikan lemari aluminium terkesan praktis namun penuh estetika. Jenis lemari ini biasanya juga diletakkan pada dapur berkonsep dominan putih, karena akan memberi nuansa elegan. Selain itu, karena berbahan aluminium, Anda juga bisa dengan mudah membersihkannya.

    Desain Modern pada Lemari Penyimpanan Dapur


    Lemari modern punya keunggulan pada ukuran dan bentuknya. Tempat penyimpanan ini cenderung lebih ramping dan memiliki bagian khusus untuk oven. Model modern cukup banyak digunakan di rumah minimalis karena pembagian ruang yang pas dan muat banyak peralatan masak, sehingga dapur Anda akan terlihat rapi tanpa menggunakan banyak lemari.

    Model Kayu Klasik


    Desain satu ini memang jarang dipakai kebanyakan orang karena kesan klasiknya yang terasa membosankan. Tetapi akan berbeda jika Anda bisa memanfaatkan dan menempatkan model lemari klasik dengan baik. Dengan ukurannya yang lumayan besar, lemari ini bisa ditempatkan pada dapur yang memiliki size besar juga bergaya vintage agar semakin realistis.

    Model Lemari Minimalis


    Memiliki dapur minimalis tentu menjadi idaman setiap orang, apalagi ketika memiliki kitchen set bergaya minimalis pula. Model lemari ini terdiri dari empat pintu, yakni dua pintu atas dan dua pintu bawah.

    Lemari minimalis mengoptimalkan nilai fungsi dengan ukuran yang lebih praktis. Umumnya lemari dapur jenis ini memiliki enam partisi yang muat untuk gelas, wadah kopi dan beberapa buah piring. Cocok dengan konsep yang diterapkan pada dapur Anda.

    Lemari Shabby Chic


    Model lemari berkonsep Shabby Chic tak akan mengecewakan siapapun yang memilikinya. Lemari ini cocok untuk dapur berukuran besar. Lemari ini memiliki banyak tempat penyimpanan yang cukup untuk berbagai alat dapur termasuk menaruh barang besar seperti penggorengan. Selain itu terdapat ruangan atas yang dipakai untuk menaruh benda seperti teko, gelas kaca, mangkuk keramik dan masih banyak lagi.

    Lemari Shabby Chic terbuat dari bahan kayu yang tidak mudah lapuk maupun rapuh. Warna krem pada bagian luar akan memberikan kesan natural. 

    Model Lemari Dapur Gantung Kayu Minimalis


    Ketika Anda sedang membutuhkan lebih banyak ruang untuk menyimpan peralatan dapur, hal yang menjadi penghalang adalah tempatnya yang terlalu sempit. Hal itu bisa diatasi menggunakan lemari gantung kayu minimalis. Anda bisa menaruh tambahan ruang penyimpanan ini dengan memberikan lemari gantung kayu di atas meja dapur. 

    Untuk memaksimalkan desain, pintu lemari dibuat menggunakan kaca besar yang jernih. Selain itu, terdapat tiang warna hitam sebagai penggantung lemari, tiang ini juga berguna untuk pemanis agar lemari terlihat lebih kokoh.

    Lemari Dapur Gantung dengan Kaca Es


    Berbeda dengan lemari gantung sebelumnya, terdapat satu model lemari gantung lain yang bisa Anda pilih. Lemari ini memakai jenis kaca es buram sehingga cocok bagi Anda yang menyukai privasi dan tidak ingin melihatkan barang yang Anda miliki.

    Lemari ini diapit dua sisi tiang besar yang terbuat dari batu alam. Uniknya lagi, adanya permukaan meja dapur berwarna gelap memberi kesan serasi sehingga pas untuk Anda yang sedang berencana memiliki ruang dapur simpel.

    Desain Lemari Dapur Tradisional


    Dapur tradisional umumnya cukup luas, untuk itu dibutuhkan lemari berukuran besar dengan desain yang sesuai. Model lemari ini memiliki kapasitas penyimpanan lebih banyak dibanding jenis lemari lain. Dilengkapi dengan tiga pintu pada bagian atas dan dua pintu di bagian bawah. 

    Karena bernuansa tradisional, maka kebanyakan orang menggunakan lemari satu ini sebagai tempat menyimpan perabotan berkualitas seperti teko keramik, piring dan beberapa makanan kaleng.

    Lemari Dapur Vintage


    Model lemari satu ini menghadirkan desain ala vintage yang semakin menarik jika dipamerkan pada ruangan dapur berkonsep sama. Ukuran lemari yang kecil ramping dan condong ke arah vertikal membuatnya terlihat menarik. Keempat kaki penyangganya juga cukup panjang sehingga tak perlu khawatir roboh. 

    Lemari Gantung Rustic


    Anda memiliki hunian bergaya rustic? Sebaiknya Anda mempertimbangkan  lemari gantung dengan konsep rustic satu ini. Lemari jenis ini terbuat dari material kayu berkualitas, berwarna coklat dan sedikit nuansa terang. 

    Sementara untuk permukaan pintu lemarinya memakai bahan kaca bening sehingga terlihat jelas bagian dalam lemari. Lemari Dapur Gantung ini dilengkapi dengan sekat di dalamnya agar dapat menampung lebih banyak peralatan dapur. Tak lupa, ada pula lampu cahaya kuning yang senantiasa membuat lemari gantung rustic tampak mewah dan elegan.

    Lemari Dapur Nuansa Biru Teal


    Memberi suasana nyaman dan lembut adalah bagian dari kebutuhan ruang dapur. Seperti konsep lemari berwarna biru teal, warna ini merupakan kombinasi antara hijau dan biru. Ketika pertama kali melihatnya, Anda akan terkejut dengan nuansa tenang dan cantik dalam dapur ketika memakai lemari warna biru teal.

    Kesan feminim juga ikut andil dalam konsep satu ini, terlebih jika menggunakan lantai kayu dan cat dinding putih, membuatnya semakin terlihat leluasa. Selain itu, konsep biru teal juga kerap dipakai pada sebagian orang yang suka dengan ruangan terang, karena pada dasarnya warna ini mampu membangkitkan semangat dan keceriaan.

    Simpel Ala Cafe


    Hingga saat ini dapur berkonsep cafe tetap menjadi idola kebanyakan orang. Bagi Anda pecinta kopi, desain lemari satu ini merupakan pilihan tepat karena mengedepankan nuansa santai kafe dan kesan manis layaknya seduhan kopi. Model lemari ini simpel karena hanya memanfaatkan lemari kabinet yang diletakkan pada posisi sejajar dengan dinding. Sementara itu untuk lebih memberi kesan ala kafe, Anda bisa menambahkan dekorasi seperti rak kayu tradisional di depan dinding dan tulisan dekoratif. Karena ukuran lemari yang lumayan besar, Anda pun bisa menyimpan segala peralatan dapur bahkan sampai panci.

    Baca Juga: Tips Dekorasi Lemari Kaca Minimalis di Ruangan Rumah
    Setiap orang pasti memiliki tujuan kenapa memilih konsep minimalis atau glamour pada suatu ruangan. Termasuk ketika memilih lemari yang sesuai, Anda tentu perlu mempertimbangkan lemari mana yang senada dengan konsep dapur. Jadi, tak hanya soal memilih lemari dapur, namun Anda juga juga perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan tempat.