Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Lounge Adalah

    Apa itu Lounge? Ini Bedanya dengan Bar, Pub, Diskotek, & Club!

    Pernahkan Anda mengunjungi suatu lounge? Pada dasarnya, lounge adalah tempat bersantai yang umumnya dapat ditemui di bandara ataupun hotel berbintang. Namun saat merasa lelah dan butuh hiburan, pergi ke lounge juga bisa jadi alternatif untuk melepaskan penat.

    Sering dianggap sama dengan bar, pub, diskotek, dan club, nyatanya lounge adalah istilah yang sebenarnya merujuk pada arti berbeda. Untuk itu, yuk cari tahu apa itu lounge dan kenali lebih jauh dalam artikel berikut ini!

    Apa itu Lounge?

    Istilah lounge pasti sudah tidak asing untuk didengar. Pada dasarnya, lounge adalah tempat tunggu yang memiliki fasilitas lengkap seperti makanan, minuman, hingga ruang bersantai eksklusif. Jadi intinya, setiap lounge adalah tempat menunggu tetapi berbeda dari sisi servis dan akomodasinya. 

    Umumnya, lounge dapat ditemukan di bandara atau hotel. Nah biasanya kalau di bandara, customer harus berada di kelas bisnis atau prioritas. Untuk bisa menikmati fasilitas lounge, Anda harus membayar siktar Rp50.000 hingga Rp200.000, tergantung dengan bandara dan pesawatnya. 

    Sedangkan untuk di hotel, lounge adalah tempat makan atau ngemil cantik yang ramai dikunjungi. Pakaiannya pun harus rapi dan sopan sesuai kebijakan hotel. 

    Etika saat berada di Lounge

    Saat berada di lounge, ada norma yang harus Anda patuhi mengingat tempat ini bukan ruang tunggu umum untuk semua orang. Nah, etika yang wajib diperhatikan saat di bandara atau hotel lounge adalah sebagai berikut.

    Etika saat di lounge bandara

    Ketika berada di bandara, etika yang harus diikuti saat berada di lounge adalah sebagai berikut. 

    • Tidak membuat keributan atau kegaduhan, seperti berbicara dengan lantang, mengeluarkan suara handphone, film, video, dan hal lainnya yang terlalu keras. Perlu diingat, lounge adalah ruang tunggu dan tempat istirahat bagi penumpang pesawat, jadi ketenangan merupakan hal yang sangat penting. 
    • Memilih tempat duduk sesuai dengan jumlah orangnya. Jika Anda datang sendiri, pilihlah satu atau dua kursi untuk beristirahat. Jangan memilih kursi rombongan yang diperuntukan orang banyak, karena umumnya sudah diatur sesuai dengan total kelompok. 
    • Datanglah lebih awal agar dapat menikmati fasilitas lounge secara maksimal. Apalagi bagi Anda yang sudah mengeluarkan duit untuk masuk ke tempat tersebut.

    Etika saat di lounge hotel

    Fungsi lounge di hotel berbeda dengan bandara. Pasalnya, saat hotel sering didatangi untuk bertemu dengan orang penting hingga makan formal. Dengan demikian, etika yang harus dipatuhi saat berada di lounge adalah sebagai berikut. 

    • Patuhi dresscode yang sudah ditetapkan oleh manajemen lounge. Biasanya jika pakaian terlalu santai dan kurang sopan, Anda tidak diperbolehkan untuk masuk ke tempat tersebut. 
    • Saat berada di momen tertentu, pasti Anda ingin mengenangnya dengan mengambil foto bersama rekan. Nah, alangkah lebih baiknya meminta tolong pegawai ketimbang tamu lain yang tidak dikenal karena hal tersebut dapat mengganggu mereka. 
    • Terakhir, sama seperti etika di bandara, jangan buat keributan ketika berada di lounge manapun karena penting untuk menjaga ketertiban dan ketenangan tempat. 

    Perbedaannya dengan Bar, Pub, Diskotek, dan Club

    Apakah Anda tahu apa perbedaan antara lounge dengan bar, pub, diskotek, dan club? Berikut adalah karakteristik masing-masing. 

    1. Bar 

    Perbedaan dari bar dengan lounge terletak pada konsepnya. Seperti yang diketahui, lounge lebih elegan dan formal. Sedangkan di bar, Anda bisa menggunakan pakaian santai, memesan minuman beralkohol, hingga menikmati live music.

    2. Pub

    Kalau di pub, biasanya dihadiri dengan komunitas yang hendak berkumpul. Harga menu juga tergolong lebih murah ketimbang jenis tempat lainnya. 

    3. Diskotek

    Tempat diskotek paling tepat dikunjungi saat Anda ingin menghabiskan waktu malam dengan menikmati musik DJ sambil mengonsumsi minuman beralkohol. Umumnya jam operasional diskotek juga lebih lama, hingga sekitar jam 3 atau 4 pagi. 

    4. Club

    Terakhir, club menyediakan berbagai layanan seperti karaoke, diskotek, hingga cafe sehingga Anda pun bisa memilih fasilitas yang ada sesuai dengan keinginan.

    Baca juga: APA ITU JACUZZI? CEK PERBEDAANNYA DENGAN WHIRLPOOL & HOT TUB

    Inspirasi Lounge Design

    Tergiur untuk memiliki lounge pribadi di rumah? Hal tersebut sangatlah mungkin buat direalisasikan lho! Berikut beberapa inspirasi lounge design yang bisa diaplikasikan pada hunian Anda.

    Home lounge design dengan mini bar

    lounge adalah

    Sumber: roomhints.com

    Lounge room satu ini cocok buat Anda yang suka menonton sekaligus menikmati minuman beralkohol. Misalnya saja gambar di atas, home lounge ini pas bagi hunian luas yang sering kedatangan tamu. Bisa digunakan juga sebagai ruang meeting untuk berdiskusi dengan rekan kerja sekalipun. 

    Lounge design berukuran mini

    lounge adalah

    Sumber: pinterest.com

    Bagi Anda yang memiliki luas hunian terbatas, jangan khawatir karena home lounge juga bisa diterapkan di ruang kecil sekalipun. Kuncinya, atur peletakan kursi, sesuai besarnya tempat. Cukup tambahkan televisi, kulkas kecil, dan hiasan dinding, maka suasana lounge pun hadir di rumah Anda. 

    Home lounge design bernuansa putih

    lounge adalah

    Sumber: architectureartdesign.com

    Menghadirkan suasana nyaman dari lounge room tidak melulu harus mengaplikasikan perpaduan rona gelap. Seperti gambar di atas, Anda bisa menggunakan perpaduan putih dengan warna kontras agar ruangan terasa lebih hidup. Menyediakan kursi dan menambahkan beberapa elemen dekorasi seperti lukisan, cukup untuk membawa ruang tunggu eksklusif ini ke rumah Anda. 

    Kini Anda telah mengetahui apa itu lounge lengkap dengan etika yang patut Anda ikuti saat berkunjung dan selama berada di dalamnya. Semoga artikel ini juga dapat membantu Anda dalam memahami perbedaannya dengan bar, pub, diskotek, dan club sehingga tidak salah mengartikannya.

    Namun tahukah bahwa Anda pun dapat menciptakan ruang bersantai sekaligus area hiburan ala lounge room di rumah? Ya, dengan konsep desain, pemilihan furniture, aksesoris, dan tata letak yang tepat, Anda bisa wujudkan lounge versi homey. Langsung saja pilih kebutuhan perabot dan dekorasinya di iCreate!

    Baca juga: APA ITU SECONDARY SKIN? KENALI FUNGSINYA PADA BANGUNAN RUMAH