Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Macam Macam Bunga

    14 Macam-Macam Bunga Hias untuk Percantik Taman Anda

    Taman yang berisikan pepohonan hijau tentunya terlihat lebih asri dan sejuk. Namun agar taman pekarangan rumah tidak terkesan kosong, Anda bisa menambahkan macam-macam bunga hias yang mudah dirawat dan berbau harum. Berikut daftar inspirasi macam-macam bunga untuk pekarangan rumah Anda :

    14 Macam-Macam Bunga Hias

    Ada berbagai macam-macam bunga hias yang bisa dijadikan pilihan untuk ditanam di area pekarangan. Namun, berikut daftar nama bunga yang umumnya ada di setiap tempat tinggal dan tidak dibatasi oleh status sosial.

    Melati

    Bicara soal macam-macam bunga di Indonesia,  masyarakat tentu mengenal melati. Melati adalah salah satu bunga hias yang populer di Indonesia. Biasanya, bunga jenis ini sering dikaitkan dengan berbagai adat pernikahan di Indonesia sebagai pelengkap hiasan kepala.

    Jenis yang banyak ditanam adalah Jasminum Sambac. Selain dipilih karena warna putih bersih dan aroma harumnya, melati juga merupakan tanaman yang mudah dari segi perawatan. Tanaman ini bisa tumbuh subur di pekarangan dengan paparan sinar matahari yang cukup. 

    Mawar

    Selain melati, mawar juga termasuk macam-macam bunga hias yang populer di Indonesia. Bunga mawar populer disebut sebagai simbol cinta dan romansa romantis yang mendunia. Selain itu, macam-macam bunga ini juga memiliki aneka warna mulai dari merah klasik sampai dengan mawar juliet. Untuk perawatannya, berbagai jenis mawar memiliki tingkat kesulitan sesuai warnanya. Maka semakin indah bentuk mawar, umumnya akan lebih sulit.

    Teratai

    Bagi Anda yang memiliki kolam di rumah, teratai bisa jadi pilihan terbaik sebagai tanaman hias. Tanaman hias jenis ini merupakan bunga air yang berasal dari negara Piramida. Selain terkenal dapat hidup di air dan memiliki warna bunga yang cerah, teratai juga termasuk tanaman yang bisa menyokong ekosistem kolam Anda. 

    Lavender

    Bagi Anda yang menginginkan bunga untuk area indoor, maka lavender bisa jadi salah satu pilihannya. Macam-macam bunga hias satu ini punya ciri khas wewangian yang dapat memberikan ketenangan. Selain itu, lavender juga dapat membantu menghilangkan stres dan susah tidur. Tapi, sayangnya bunga ini perlu perhatian khusus dalam perawatannya.  Agar lavender tetap sehat, Anda harus memperhatikan cahaya dan kelembabannya. 

    Anggrek

    Bagi Anda pecinta tanaman hias, tentunya sudah tidak asing dengan tanaman anggrek. Jenis tanaman ini merupakan salah satu macam-macam bunga yang bisa tumbuh di daerah tropika basah sampai sikompolar. Di Indonesia sendiri, Bunga Anggrek bisa dengan mudah ditemukan di kawasan hutan Sumatra sampai Papua.

    Cocor Bebek

    Selain lavender, cocor bebek juga menjadi salah satu tanaman hias yang cocok diaplikasikan pada area indoor. Cocor bebek memiliki karakteristik bunga majemuk berwarna merah muda, daun tebal, batang lunak dan memiliki ruas. Jenis bunga ini akan tumbuh subur jika Anda memperhatikan kelembaban dan menaruhnya dekat jendela untuk memenuhi kebutuhannya akan sinar matahari.

    Oxalis plant

    Bentuk bunganya yang tampak mirip anggrek serta daun berwarna ungu dengan bentuk sayap kupu-kupu, membuat oxalis plant terlihat istimewa. Selain itu, jenis tanaman hias ini juga mudah dirawat.Cukup letakkan oxalis plant dalam sebuah pot. Bunga ini akan tumbuh subur selama mendapatkan sinar matahari yang cukup.

    Baca juga: 4 Hiasan Dinding Untuk Kamar

    Tulip

    Terkenal karena bentuknya yang unik, tulip merupakan salah satu macam-macam bunga hias populer. Bunga tulip tumbuh di daerah Eropa, Asia dan Afrika. Selain dikenal karena bentuknya, bunga tulip juga punya berbagai warna, mulai dari merah terang sampai ungu kehitaman.

    Bugenvil

    Bugenvil juga menjadi jenis macam-macam tanaman hias yang jadi incaran untuk ditanam pada area pekarangan. Bunga ini memiliki ciri khas pada kelopaknya yang tipis sehingga disebut kembang kertas. Dari segi perawatan, Bunga Bugenvil bisa tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia. 

    Iris

    Macam-macam bunga hias lain yang tak kalah populer adalah iris. Bunga jenis ini merupakan tanaman dengan kelopak yang tidak terlalu besar  berwarna ungu gelap sampai cerah. Iris juga kerap diartikan sebagai simbol kebijaksanaan, harapan dan kesetiaan. 

    Kembang Sepatu

    Bagi Anda yang tinggal di daerah tropis dan ingin memiliki tanaman hias, kembang sepatu bisa jadi pilihannya. Kembang sepatu merupakan salah satu macam-macam bunga yang memiliki karakteristik kelopak besar berwarna merah dan tidak berbau. Di Indonesia, kembang sepatu  banyak dijadikan teh karena dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

    Petunia

    Macam-macam tanaman hias selanjutnya yang tidak kalah indah adalah petunia. Bunga hias ini berasal dari Amerika dengan karakteristik tinggi berkisar antara 16-30 cm, bermahkota tunggal tapi ada juga yang ganda, memiliki warna merah, putih hingga ungu. Selain itu, bunga ini merupakan tanaman hias berumur pendek dan hanya berbunga sekali seumur hidup. Jadi, setelah petunia berbunga Anda harus menyemai biji-bijinya agar tumbuh tanaman baru.

    Bunga matahari

    Ingin memberikan kesan cerah pada taman di rumah? Bunga matahari sangat cocok bagi Anda. Selain bentuknya yang cantik, salah satu macam-macam bunga hias ini juga sangat aesthetic menjadi background untuk berfoto. Memiliki karakteristik berupa kelopak yang besar berdiameter mencapai 30 cm. 

    Geranium

    Tidak hanya terkenal cantik, macam-macam bunga hias jenis geranium juga dipercaya mengusir nyamuk. Selain itu, bunga geranium memiliki warna yang bervariasi sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman gantung. Geranium cocok dijadikan sebagai tanaman rumahan sebab cara perawatannya yang simpel sehingga mudah tumbuh di daerah tropis termasuk Indonesia

    Jadi, dari referensi macam-macam bunga hias di atas manakah yang paling cocok dengan keinginan Anda? Jangan lupa bahwa setiap tanaman memiliki karakteristik serta cara perawatan yang berbeda. Pastikan Anda telah memberikan cara perawatan yang tepat pada setiap tanaman di rumah. Selamat berkebun!

    Baca juga: Tips Siapkan Romantic Candle Light Dinner Sederhana di Rumah