Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Macam Macam Tanaman Hias

    12 Macam-Macam Tanaman Hias Terpopuler Hidupkan Suasana

    Tertarik mempercantik rumah dengan macam-macam tanaman hias? Anda perlu mengetahui jenis tanaman hias apa yang cocok pada rumah. Baik jenis tanaman hias berbunga atau hanya berdaun semuanya dapat memberikan tampilan asri.

    Kebanyakan orang juga menggunakan macam-macam tanaman hias sebagai pelengkap agar udara pada ruangan tidak pengap. Jika Anda seorang pemula dalam berkebun, 12 macam tanaman hias berikut dapat menjadi inspirasi Anda.

    Macam-macam Tanaman Hias

    Membeli tanaman hias yang tepat untuk rumah tentu dapat memberikan banyak manfaat di rumah. Agar tidak salah pilih, Anda dapat melihat referensi macam-macam tanaman hias dari iCreate berikut ini. 

    1. Tanduk Rusa

    tanaman hias tanduk rusa

    Sumber: info.lif.co.id

    Dari macam-macam tanaman hias yang ada di Indonesia, jenis satu ini cukup banyak diminati oleh masyarakat. Tanaman tanduk rusa atau dijuluki Simbar Menjangan ini merupakan jenis tumbuhan liar sehingga mudah ditemukan. Selain di dalam pot, tanduk rusa juga bisa ditempel di pohon atau digantungkan pada dinding sehingga terkesan lebih alami. 

    Merawatnya pun mudah seperti tanaman hias kebanyakan, hanya saja Anda perlu memperhatikan dimana tempat menaruh tanaman ini agar pertumbuhannya lebih optimal. Tanaman tanduk rusa harus disimpan pada tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung.

    2. Suplir

    tanaman hias suplir

    Sumber: athome.id

    Ingin suasana segar setiap saat? Anda dapat menaruh tanaman suplir pada ruang outdoor. Jelas saja tanaman ini mampu menghadirkan nuansa menyenangkan sebab tampilannya yang cantik dan warna hijau segarnya mampu menenangkan hati. Meskipun menarik dan bisa memanjakan mata setiap yang melihatnya, tanaman hias ini termasuk sulit dirawat. 

    Proses perawatan suplir memerlukan lingkungan lembab serta pasokan udara yang bersih. Meskipun memiliki manfaat sebagai penyejuk ruangan namun, jenis tanaman hias ini sensitif terhadap perubahan suhu sehingga berisiko berubah kecoklatan ketika terkena sinar matahari langsung.

    3. Lidah mertua

    tanaman hias lidah mertua

    Sumber: cifo.it

    Julukan lidah mertua diambil karena bentuk tanamannya panjang menggambarkan mertua yang cerewet. Lidah mertua terkenal dengan harga jual yang cukup mahal. Di samping itu tumbuhan hias ini pun dikenal karena mampu mengubah suasana rumah terlihat asri. 

    Tak heran jika sampai sekarang pun lidah mertua dicari para pecinta tanaman hias. Karena perawatannya mudah dan tidak gampang layu, tentu saja macam-macam tanaman hias ini mampu bertahan pada cuaca tropis. Sehingga Anda dapat menyiram tanaman lidah mertua seperlunya saja. Sebab jika terlalu banyak juga bisa berdampak buruk bagi tanaman sendiri.

    4. Kuping gajah

    tanaman hias kuping gajah

    Sumber: namebet.cc

    Pecinta macam-macam tanaman hias outdoor pasti tidak asing lagi dengan nama Kuping Gajah. Jenis tanaman ini banyak diminati karena tampilannya yang unik juga membuat nuansa ruangan lebih segar. Kuping gajah dapat ditemukan dimana saja dan termasuk tanaman liar, sehingga Anda akan sering menjumpainya pada tanah lembab manapun. 

    Untuk perawatannya pun mudah tetapi membutuhkan ketelatenan, karena jika tidak rutin menyiramnya maka kuping gajah akan cepat layu atau menguning sehingga kesan indah semakin memudar.

    5. Puring

    tanaman hias puring

    Sumber: thegorbalsla.com

    Macam-macam tanaman hias dan manfaatnya berikut menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk Anda. Puring termasuk tanaman hias dengan nilai jual cukup mahal dan biasa diletakkan pada hunian minimalis sekaligus mewah. Meskipun begitu, Anda masih bisa menaruhnya dimanapun termasuk pada halaman rumah yang sempit atau taman kecil di belakang rumah. 

    Tanaman puring biasanya terbagi dalam beberapa jenis, seperti red apple, puring anting raja, logam, puring kura dan masih banyak lagi. Pola daunnya pun bervariasi pada setiap jenis, ada yang menyerupai tombak, linier sampai oval. Tinggi tumbuhan hias ini dapat mencapai 6 meter atau sekitar 20 kaki, jadi cocok ditempatkan pada halaman rumah Anda.

    Baca juga: 8 JENIS TANAMAN DALAM RUANGAN KAYA MANFAAT & CARA MERAWATNYA

    6. Sri rejeki

    tanaman hias sri rejeki sri rezeki

    Sumber: plantarcheology.netlify.app

    Jenis tanaman hias outdoor selanjutnya yang mudah ditanam adalah Sri Rejeki. Tanaman sri rejeki atau kerap disebut Aglaonema ini tidak memerlukan perawatan intensif serta mampu menyesuaikan suhu ruangan termasuk pada berbagai musim. 

    Ciri khas tumbuhan Aglaonema adalah pertumbuhannya cenderung lebih lambat dibandingkan jenis tanaman lain. Variasi daunnya pun unik, mulai dari hijau tua, perak sampai kemerahan. Seperti puring, Sri Rejeki dibagi menjadi beberapa jenis, seperti Sri rejeki widuri, sri rejeki red gold, sri rejeki harlequin dan masih banyak varian lain.

    7. Keladi red star

    tanaman hias keladi red star

    Sumber: tarahap.xyz

    Keladi red star termasuk salah satu tanaman terkenal berkat keindahan urat daunnya yang menyerupai bintang berwarna merah cerah. Meski begitu, tanaman hias ini membutuhkan perhatian lebih dibandingkan cara perawatan tumbuhan lain. 

    Anda perlu menyimpannya pada tempat dengan paparan sinar matahari penuh agar pertumbuhannya berlangsung optimal. Selain urat daunnya yang menarik, ada pula bentuk daun keladi red star menyerupai bentuk hati dengan kombinasi warna oranye, putih, merah, hijau, sampai merah. Keladi red star lebih memamerkan keindahannya apabila ditanam di dalam pot.

    8. Kadaka

    tanaman hias kadaka

    Sumber: leonandgeorge.com

    Kadaka atau kerap disebut pakis sarang burung ini memiliki ciri daun yang tebal berwarna hijau cerah. Kadaka sering dijumpai di hutan, tentu tanaman ini merupakan salah satu yang dapat tumbuh liar tanpa perawatan lebih. Jenis tanaman hias ini berbentuk ramping dan panjang, sehingga terlihat menonjol ketika ditempatkan pada halaman rumah. Dulunya, keberadaan tanaman ini tidak diakui kebanyakan orang karena dianggap sebagai hama untuk tanaman lain disekitarnya. Tetapi sampai sekarang pun Kadaka cukup laris dipasaran bahkan menjadi salah satu tanaman termahal di Indonesia. Tentu karena tidak ada fakta yang benar mengenai adanya Kadaka sebagai hama, sehingga pecinta tanaman tertarik merawat dan memajangnya di rumah.

    9. Sirih gading

    tanaman hias sirih gading

    Sumber: atmago.com

    Jika Anda menyukai macam-macam tanaman hias outdoor karena bentuk dan warna daunnya yang menarik, maka sirih gading dapat menjadi pertimbangan selanjutnya. Daun sirih gading tumbuh merambat dan teratur sehingga cocok ditempel pada dinding atau sebagai tanaman gantung. 

    Nuansa segar terasa ketika menaruh sirih gading pada taman karena daunnya yang hijau dan bergerombol. Sirih gading termasuk tanaman rambat yang cocok ditempatkan pada lingkungan luas. Tumbuhan menjalar ini pun dapat tumbuh dengan baik saat tidak terkena sinar matahari langsung atau pada cahaya redup.

    10. Spider plant

    tanaman hias spider plant

    Sumber: thespruce.com

    Bagi Anda yang memiliki taman terbatas dan ingin menempatkan koleksi tumbuhan, maka macam-macam tanaman hias dan manfaatnya ini merupakan pilihan tepat. Spider plant menjadi salah satu jenis tanaman hias yang banyak dipilih karena mudah dalam perawatannya serta cocok ditempatkan dimanapun. 

    Tanaman ini mampu tumbuh dengan baik di berbagai cuaca termasuk daerah tropis. Penting untuk tidak membiarkan tumbuhan tergenang air. Untuk memastikan drainase maksimal, gunakan lumut atau kulit kayu pada dasar pot.

    11. Monstera

    tanaman hias monstera

    Sumber: nosoproject.com

    Penggemar tanaman hias jelas tidak akan melewatkan tumbuhan monstera sebagai koleksi menarik selanjutnya. Tanaman berdaun besar dengan bentuknya yang unik ini dapat menjadi hiasan dekoratif di dalam dan luar rumah, inilah yang menjadikan monstera memiliki banyak penggemar. Monstera merupakan tanaman yang memerlukan pencahayaan tidak langsung dalam pertumbuhannya. Tumbuhan hias ini pun dapat tumbuh subur pada kondisi kelembaban tanah tinggi, sehingga tidak memerlukan banyak air saat menyiramnya. Perlu digaris bawahi jika monstera merupakan tanaman beracun khususnya bagi hewan peliharaan dan anak-anak.

    12. Lili paris

    tanaman hias lili paris

    Sumber: artofit.org

    Mencari tanaman mungil yang cocok pada ruangan terbatas? Hingga sekarang Lili Paris menjadi opsi terbaik bagi kebanyakan orang. Selain diletakkan pada pot bunga, tanaman ini pun cocok sebagai tumbuhan hias gantung. 

    Bentuknya yang panjang dengan corak dan warna hijau cantik membuat lili paris memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih, macam-macam tanaman hias dan manfaatnya untuk mempercantik tampilan ini mudah dirawat dan dapat disimpan baik di dalam maupun luar ruangan.

    Setiap jenis tanaman hias tentu memiliki keunggulannya masing-masing, baik saat diletakkan di dalam atau luar ruangan. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kadar kesuburan tanah dan merawat tanaman agar tetap segar. Jadi, tanaman hias mana yang akan Anda pilih?

    Baca juga: TERCANTIK! 20 TANAMAN HIAS GANTUNG UNTUK RUMAH INDAH ANDA