Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Manfaat Menanam Pohon Bidara Depan Rumah

    25 Manfaat Menanam Pohon Bidara Depan Rumah untuk Kesehatan

    Meski tak sepopuler tanaman hias lain, ternyata ada banyak manfaat menanam pohon bidara depan rumah yang baik untuk ketenangan jiwa dan kesehatan tubuh Anda. Tak hanya itu, jika tertarik menanamnya pun Anda tidak memerlukan perawatan rumit, sehingga mudah dalam hal pemeliharaan dan perawatannya.

    Belum berhenti di situ, beberapa masyarakat pedesaan menggunakan pohon bidara sebagai alternatif obat tradisional. Menarik bukan? Untuk itu, yuk kenali bersama berbagai manfaat menanam pohon bidara depan rumah yang patut Anda ketahui!

    Tips Menanam Pohon Bidara di Depan Rumah

    Menanam pohon bidara harus memperhatikan beberapa faktor agar dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, simak tips-tipsnya di bawah ini.

    1. Pilih bibit unggul

    Sebaiknya, ambil bibit dari buah yang telah matang. Kemudian masukkan ke larutan air dan garam dengan perbandingan 17:100. Pilihlah biji yang tidak mengambang untuk ditanam. Sementara, jika membeli bibit dari toko, pilihlah yang telah dikupas cangkangnya. Lalu rendam ke dalam larutan air hangat dan bawang merah selama semalam untuk merangsangnya cepat tumbuh.

    2. Semai dengan baik

    Sebelum menyemai benih bidara, siapkan beberapa lembar tisu yang ditempatkan dalam wadah, lalu semprotkan air hingga basah menyeluruh dan tiriskan. Selanjutnya, susun bibit di atasnya. Setelah menyusun bibit, tutup hasil penyemaian dengan plastik sungkup selama 2 hari. Kemudian, ketika membuka bungkusnya, Anda akan melihat akar yang mulai tumbuh.

    3. Sesuaikan jarak tanam antar pohon

    Ketika mulai menanam bibit bidara, sesuaikan jarak tanamnya agar tidak bertabrakan. Kemudian berikan ruang yang cukup antara satu pohon dengan yang lain.

    4. Pangkas secara berkala

    Lakukan pemangkasan pohon setelah selesai dipanen. Pucuk bunga yang baru muncul pun bisa dipangkas supaya menghasilkan buah berkualitas baik. 

    5. Berikan pupuk

    Supaya cepat berbuah, gunakan pupuk kandang maupun nitrogen pada pohon sebanyak 2 sampai 3 kali per tahun.

    6. Siram secara rutin

    Selain pupuk, air juga sangat diperlukan untuk proses tumbuh kembang pohon bidara. Pastikan menyiramnya secara rutin ketika tanah sudah terlihat kering.

    7. Perhatikan jarak dengan bangunan rumah

    Sebaiknya, tanam pohon bidara sejauh 3 meter dari hunian agar mendapat nutrisi dengan baik dari dalam tanah. Hal ini dimaksudkan supaya tumbuhan dapat hidup bertahan lama serta akarnya tidak merusak pondasi bangunan.

    Manfaat Menanam Pohon Bidara Depan Rumah

    Dikenal memiliki segudang kelebihan, pohon bidara merupakan tanaman ajaib yang bahkan dinilai mampu menangkal sihir. Berikut beberapa manfaat lain yang bisa Anda temukan.

    1. Meredakan demam

    Manfaat menanam pohon bidara depan rumah yang pertama yaitu dinilai mampu meredakan demam dengan meminum air rebusan daunnya. Kandungan minyak di dalamnya terkenal ampuh menurunkan panas tubuh.

    2. Meningkatkan fungsi kognitif anak

    Berdasarkan penelitian, berada di dekat pohon bidara mampu meningkatkan fungsi kognitif pada anak. Pasalnya, tumbuhan ini terbukti dapat mengurangi stres, meningkatkan energi, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

    3. Kaya vitamin C

    Tanaman satu ini dikenal memiliki banyak kelebihan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Kaya akan vitamin C, manfaat menanam pohon bidara depan rumah bisa digunakan untuk melindungi diri dari radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, serta menguatkan daya tahan tubuh. 

    4. Melebatkan dan menghitamkan rambut

    Daun bidara memiliki kandungan kimia serta fitokimia yang bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Jadi tak perlu repot ke salon,sebab jika dipakai dengan rutin, tanaman ini bisa melebatkan dan menghitamkan rambut secara alami.

    5. Mengontrol kadar gula darah

    Pohon bidara mempunyai manfaat baik bagi penderita diabetes. Dengan meminum air rebusan daunnya, bidara diyakini mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

    6. Meremajakan kulit

    Apabila Anda mempunyai masalah jerawat dan kerutan pada wajah, daun bidara dapat dijadikan alternatif perawatan kulit secara alami. Caranya adalah dengan menjadikannya sebagai masker. 

    7. Meningkatkan kesehatan jantung

    Menurut penelitian, daun bidara mengandung senyawa neolignan yang baik untuk peredaran darah dalam tubuh. Sehingga, mengkonsumsinya dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. 

    8. Obat cacing

    Ternyata, manfaat menanam pohon bidara depan rumah juga dapat mengobati penyakit cacingan. Hal ini diakibatkan kandungan daunnya memiliki kemampuan antigen-helmin atau cacing parasit bagi tubuh.

    9. Mengatasi stress dan depresi

    Bukan hanya cacingan, manfaat menanam pohon bidara di rumah juga dinilai efektif untuk mengatasi stress dan depresi. Minumlah ramuan dari air rebusan daunnya yang mampu membuat pikiran jadi rileks dan tenang.

    10. Meredakan wasir

    Untuk mengatasi wasir, minumlah air rebusan daun bidara dengan rutin setiap hari. Tak hanya itu, Anda pun dapat mengoleskannya pada area anus yang membengkak.

    11. Membantu mengobati tumor dan kanker

    Daun bidara dikenal mempunyai kandungan yang bisa menangkal laju pertumbuhan sel-sel kanker. Senyawa antioksidannya berperan menghambat pembentukan tumor dalam tubuh. 

    12. Menurunkan kolesterol

    Manfaat menanam pohon bidara depan rumah berikutnya yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Minumlah air rebusan daunnya secara rutin agar khasiatnya dapat dirasakan.

    13. Obat anti alergi

    Tanaman bidara ternyata juga ampuh untuk mengatasi alergi. Cara kerjanya yaitu dengan menghambat zat-zat pemicu alergi yang dapat mencegah terjadinya kemerahan di kulit. 

    14. Memiliki sifat anti mikroba

    Sebagai tanaman obat tradisional, manfaat menanam pohon bidara depan rumah dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Sifat antimikroba pada tumbuhan tersebut ampuh untuk membasmi bakteri dan jamur yang menyerang tubuh manusia.

    15. Mencegah diabetes

    Dikarenakan mampu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh, manfaat menanam pohon bidara depan rumah sangat efektif untuk mencegah diabetes. Minumlah air rebusan daunnya secara rutin supaya mendapatkan hasil maksimal.

    16. Melancarkan pencernaan

    Tahukah Anda bahwa manfaat menanam daun bidara di rumah ternyata efektif untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, khususnya maag? Hal ini disebabkan oleh kandungan dalam tanaman yang ampuh membantu meringankan dampak buruk dari asam lambung.

    17. Menyembuhkan luka

    Untuk menyembuhkan luka, campurkan bubuk daun bidara dengan sedikit air dan campur hingga berubah bentuk menjadi pasta. Kemudian, oleskan pada bagian yang terluka. Nah, kandungan dalam daunnya mempunyai sifat anti inflamasi serta antibakteri yang dapat membantu proses regenerasi kulit.

    18. Menguatkan tulang

    Dampak positif dari mengkonsumsi tanaman bidara yaitu tulang menjadi kuat. Pasalnya, pohon ini memiliki kandungan kalsium, forsfor, hingga zat besi yang bermanfaat bagi penderita osteoporosis. 

    19. Meredakan sembelit

    Manfaat menanam pohon bidara di rumah juga berguna bagi Anda yang memiliki masalah pada saluran pencernaan. Memiliki kandungan serat tinggi, tanaman ini ampuh mengatasi sembelit sebab mampu membantu memudahkan pergerakan usus dalam tubuh manusia. 

    20. Mencegah kerusakan sel DNA

    Ternyata dampak buruk dari radiasi actinic bisa dilindungi dengan mengonsumsi daun pohon bidara. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan mineral herbal dalam tanaman tersebut dapat mencegah kerusakan sel DNA pada manusia.

    21. Stimulus sistem imun

    Kandungan sel fagosit dalam daun bidara berfungsi memakan kuman maupun virus jahat dalam tubuh. Sehingga, manfaat menanam pohon bidara depan rumah efektif untuk meningkatkan sistem imun.

    22. Obat antifungal

    Anda dapat memanfaatkan daun bidara sebagai obat antifungal. Sebab, kandungan metanol dalam tanaman tersebut telah teruji memiliki efek anti jamur.

    23. Menciptakan suasana sejuk

    Karena mampu menghalangi sinar matahari, manfaat menanam pohon bidara di rumah dapat menghadirkan suasana sejuk. Sehingga, Anda bisa menghemat penggunaan AC setiap harinya. Tanamlah setidaknya dua pohon bidara supaya lingkungan rumah menjadi lebih segar dan teduh alami.

    24. Meningkatkan estetika rumah

    Manfaat menanam pohon bidara depan rumah selanjutnya yaitu dapat meningkatkan estetika hunian, lho. Sebab, buahnya yang berbentuk seperti tomat dengan warna kulit coklat keabu-abuan, terlihat begitu cantik.

    25. Meredam kebisingan

    Tak hanya menambah estetika, manfaat menanam pohon bidara depan rumah juga dipercaya dapat meredam kebisingan. Apalagi, jika tempat tinggal Anda dekat dengan jalan besar yang tak selalu ramai suara-suara kendaraan.

    Itulah segudang manfaat menanam pohon bidara depan rumah yang akan Anda dapatkan bila tertarik menghadirkannya. 

    Tak hanya tumbuhan, sebenarnya masih ada banyak cara untuk mengoptimalkan setiap sudut tempat tinggal Anda jadi lebih maksimal. Mulai dari pemilihan desain, komposisi warna, hingga aneka elemen pendukung yang dapat melengkapinya.

    Jangan khawatir, dengan sekali klik di blog iCreate, Anda bisa mendapatkan seluruh informasi tersebut secara gratis. Yuk tab laman iCreate sekarang!

    Baca juga: 15 JENIS POHON PENEDUH, BUAT RUMAH LEBIH ADEM DAN SEJUK