Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Meja Bar

    9 Jenis Meja Bar yang Unik Hadirkan Kesan Mewah di Rumah

    Model dapur dan ruang makan kini sudah bermacam-macam. Ada konsep mewah, minimalis hingga vintage. Yang populer di antaranya adalah mengusung konsep minimalis. Konsep ini membuat berbagai perabotan rumah lebih sederhana dan tak memerlukan banyak tempat. Banyak perabotan ruang tamu yang akhirnya digabung menjadi satu. Di antaranya adalah konsep meja bar yang kini banyak diminati. Meja ini membuat dapur bisa menggabungkan dapur sekaligus meja utama. Selain itu, tampilannya yang menarik bisa menjadi dekorasi dapur. Namun Anda juga harus bisa memilih jenis meja bar minimalis yang cocok untuk ruangan Anda. Berikut beberapa jenis meja bar yang bisa menjadi pilihan untuk ruang makan:

    Meja Straight Bar

    Meja bar ini berbentuk lurus memanjang yang bisa digunakan di berbagai ruangan. Tak hanya di dapur, meja berjenis straight bar ini juga bisa ditempatkan di ruangan lain. Ciri khas meja ini adalah memiliki banyak rak di belakang meja. Selain berfungsi sebagai meja, tentunya bisa menjadi tempat penyimpanan barang-barang perabotan seperti piring, gelas dan lain sebagainya. Meja jenis bar ini biasanya memerlukan tempat yang agak luas. Meski demikian fungsi meja sekaligus rak sangat berguna untuk ruangan dapur. 

    Meja Corner Bar

    Jenis meja selanjutnya adalah corner bar yang biasanya diletakkan di sudut ruangan. Sesuai dengan namanya, meja bar ini disebut juga dengan bar sudut. Sebenarnya bar sudut ini merupakan hasil modifikasi beberapa jenis bar yang dibuat menyudut dan tidak menempel dinding. Karena ukurannya yang lebih kecil dibanding dengan meja yang lain, kegunaan meja ini masih kurang. Kadang meja ini hanya digunakan untuk dekorasi ruang. Meski demikian, meja ini tergolong dalam meja bar minimalis.

    Meja Folding Bar

    Jenis meja ini adalah bar lipat dan biasanya sering digunakan serta menjadi pilihan orang-orang. Meja bar minimalis ini menjadi solusi jika memiliki keterbatasan tempat. Karena meja ini bisa diatur memanjang saat ada acara kumpul. Selain itu juga meja ini bisa dilipat saat tidak sedang digunakan dan tidak membutuhkan banyak tempat. Meja ini merupakan pilihan bagi yang menginginkan konsep minimalis. Meski sederhana, namun meja ini bisa menghemat ruangan dapur Anda.

    Meja Shaped Bar Berbentuk L

    Meja shaped bar ini biasanya berbentuk huruf L. Karena bentuknya yang minimalis maka biasanya digunakan di rumah yang sempit. Meja ini memiliki dua area yakni untuk mencuci di bagian pendek. Sementara untuk area kompor, meja makan dan penyimpanan terdapat di bagian panjang. Untuk memenuhi sudut ruangan, meja bar minimalis ini cocok dan sangat ringkas. Bahan dari meja ini biasanya dibuat untuk kitchen set mini bar. 

    Di antaranya adalah kayu keras seperti kayu jati dan oak. Ada pula yang berbahan kayu lunak seperti kayu pinus. Namun bahan selain kayu juga bisa digunakan untuk meja ini seperti besi, logam dan lainnya. Anda tentunya harus paham dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan tersebut. Mulai dari daya tahan, kekuatan, perawatan hingga kenyamanan dari bahan meja.

    Jenis Bar Berdasarkan Bahannya

    Meja Bar Kayu

     

    Meja bar berbahan kayu merupakan jenis meja bar yang paling sering ditemui. Meja jenis ini mampu menghasilkan penampilan yang mewah dan nyaman. Selain itu, bahan kayu juga kuat dan bisa tahan hingga bertahun-tahun. Namun perawatannya pun juga memerlukan usaha khusus dan sedikit merepotkan. Anda harus melengkapinya dengan lapisan anti air hingga rutin membersihkannya. Hal tersebut dilakukan agar kayu tidak mudah lapuk. Harga dari meja bar jenis kayu ini juga berbeda-beda tergantung dari kualitas kayunya. Semakin bagus kualitas kayu maka harga juga semakin mahal.

    Meja Bar Aluminium

     

    Jenis meja bar selanjutnya berbahan alumunium. Alumunium merupakan bahan meja yang tergolong murah. Meski bahannya kuat dan tangguh, namun perawatannya sangat mudah. Sayangnya alumunium ini rentan terhadap air dan angin.

    Meja Bar Beton

     

    Meja jenis beton ini digunakan karena tidak lepas konsep industrial. Selain karena bahannya yang murah dan mudah didapat, meja ini juga kuat dan gampang dalam perawatan. Sayangnya bobot meja ini terlalu berat membuatnya tampilannya terkadang tak seimbang.

    Meja Bar Kaca

     

    Meja ini menjadi pilihan karena tampilannya yang terlihat lebih bersih. Selain itu perawatannya pun tidak begitu susah. Sayangnya, penggunaan kaca memerlukan kehati-hatian karena bisa lecet pada kaca karena goresan benda tajam.

    Baca Juga: 13 Desain Meja Makan Minimalis Untuk Inspirasi di Rumah Anda

    Setelah mengetahui jenis meja ini, Anda juga perlu mengetahui ukuran meja yang akan pilih. Ukuran tersebut harus disesuaikan dengan ruangan yang Anda miliki. Ukuran dan tata letak meja ini nantinya akan mempengaruhi dapur Anda. Jadi pilihlah yang tidak mengganggu aktivitas Anda saat di dapur.