Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Meja Dapur Minimalis

    7 Desain Meja Dapur Minimalis Terbaru dengan Tips Memilih

    Memiliki dapur yang cantik memang telah menjadi impian bagi setiap wanita. Tak hanya dengan lengkapnya peralatan masak, furnitur penunjang seperti meja dapur akan membuat area masak menjadi lebih menarik. Model meja dapur kini semakin bervariasi, seperti modern, konvensional hingga meja dapur minimalis. 

    Jika Anda tertarik tetapi masih bingung untuk memilih meja dapur minimalis mana yang cocok dengan interior dan desain dapur rumah Anda, berikut beberapa rekomendasi desain meja yang bisa dipilih.

    Desain Meja Dapur Minimalis

    Seiring berjalannya waktu, desain meja dapur minimalis sangat bervariasi dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Sangking beragamnya, banyak orang yang merasa kebingungan untuk memilih meja dapur yang cocok dengan ruangan dapur rumahnya.

    Karena itu, berikut ini adalah beberapa model meja dapur yang minimalis beserta keunggulannya yang bisa digunakan sebagai panduan memilih meja untuk dapur kesayangan Anda!

    1. Model Meja Dapur Minimalis Sederhana

    Desain meja dapur minimalis sederhana adalah salah satu model yang paling banyak dicari. Selain karena tipenya yang simple dan membuat ruangan terlihat rapi serta lapang, biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu berat.

    Bagi Anda yang tertarik dengan model meja dapur minimalis sederhana gunakanlah aksen interior atau meja kayu yang dipadukan dengan keramik tile putih. Kedua paduan bahan ini akan membuat ruang dapur Anda terlihat selalu bersih dan terang.

    2. Desain Meja dan Set Dapur Minimalis ala Americana

    Desain satu ini terlihat sangat khas dengan countertop granit hitam yang dipadukan dengan warna putih dan metalik. Model ini membuat dapur Anda terkesan elegan, mahal dan futuristik.

    3. Meja Dapur dengan Banyak Laci

    Salah satu ciri khas model minimalis adalah satu furniture dengan banyak kegunaan agar menghemat tempat, biaya dan tentunya terlihat lebih rapi. Salah satu taktik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan laci di bawah meja dapur.

    Laci ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti menambah kompartemen untuk alat masak, piring, sendok garpu, gelas dan lain sebagainya. Laci di bawah meja juga akan memudahkan pekerjaan Anda daripada laci dinding. 

    3. Menggunakan Meja Dapur ala Bar

    Akhir-akhir ini meja dapur ala bar atau kitchen bar table mulai digemari banyak orang. Biasanya meja ini berhadapan dengan langsung dengan tempat masak dan dilengkapi dengan bar stool. 

    Desain meja dapur satu ini mulai digemari karena dinilai lebih minimalis dan memberi kesan lapang pada ruangan. Selain itu karena posisinya yang berhadapan langsung dengan dapur kita tidak perlu repot-repot menyiapkan makanan di meja makan seperti biasanya.

    4. Meja Dapur Tipe Island

    Sering dikenal dengan sebutan island table merupakan meja dapur dan tempat bersantai sekaligus. Banyak orang mulai tertarik menggunakan meja dapur island karena lebih praktis dan fleksibel untuk aktivitas apa saja.

    Model meja dapur unik satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai konsep ruangan terbuka atau tidak mau repot memiliki banyak barang.

    5. Meja Dapur dengan Letter U

    Meja dapur tipe ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki ruangan dapur yang sempit. Model meja minimalis ini akan mempermudah aktivitas karena semua keperluan Anda sudah ada di dalam satu langkah saja.

    Untuk menambah kesan luas dan lapang, gunakan cat putih atau keramik dengan warna putih cerah. Sedangkan untuk bagian bawahnya, material kayu coklat cerah bisa mempercantik dapur Anda.

    6. Meja Dapur Bertingkat yang Minimalis 

    Apabila selama ini Anda sering mengeluh meja dapur yang kurang besar tapi dengan ruangan yang terbatas, meja dapur bertingkat bisa menjadi jawabannya! Meja dapur yang bertingkat akan memudahkan Anda untuk mengorganisir barang, memasak dan lain sebagainya. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

    7. Meja Dapur Unik dan Minimalis ala Ready to Serve

    Meja ini dirancang sepraktis mungkin dengan berbagai kegunaan sekaligus seperti tempat makan, tempat wajan dan alat masak, dapat menyatu dengan kompor gas hingga dilengkapi dengan piring keramik dengan tutup yang bisa dijadikan talenan.

    Meja ready-to-use juga memiliki desain yang cukup simple dan cenderung ringan, jadi bisa dibawa kemana-kemana. Meja ini juga cocok untuk dibawa piknik di halaman belakang rumah Anda!

    Ukuran Meja Dapur Minimalis

    Salah satu hal yang wajib diperhatikan sebelum memilih meja dapur adalah ukurannya. Karena hal ini pasti akan mempengaruhi kenyamanan Anda ketika memasak dan beraktivitas di dapur sekaligus mencegah penyakit punggung.

    Jika Anda mempunyai tinggi 160-170 cm, standar tinggi ukuran meja dapur minimalis yang pas adalah sekitar 90 cm dengan lebar 60 cm. Apabila lebih pendek daripada ini ditakutkan Anda akan kesulitan dan membungkuk ketika memasak.

    Dengan postur tubuh yang kurang bagus dengan waktu lama pastinya akan berdampak pada kesehatan Anda. 

    Ukuran Meja Dapur yang Ideal untuk Kompor

    Ukuran meja dapur minimalis untuk kompor juga ada panduannya yaitu setinggi 60-70 cm untuk kompor gas dan 80 cm untuk kompor tanam. Sedangkan untuk alat penghisap asap berilah jarak 60-80 cm dari atas kompor. 

    Jarak Rak Dinding Atas yang Ideal

    Khusus untuk rak dinding atas beri jarak sekitar 225 cm antara permukaan lantai dan bagian atas lemari. Atau kurang lebih sejauh 135 cm dari atas meja dapur. 

    Apabila Anda menggunakan dua sekat lemari, batas jarak tertinggi rak dengan lantai adalah 200 cm saja. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda menjangkau barang-barang di dalamnya.

    Tinggi Meja Dapur Ideal untuk Kitchen Sink

    Wastafel dapur menjadi salah satu bagian penting dari dapur. Agar saat mencuci airnya tidak keluar kemana-mana, gunakan satu bak jenis sink dengan permukaan seluas 80-90 cm saja.

    Standar Tinggi untuk Meja Dapur ala Bar

    Ukuran meja dapur minimalis dengan model ini memiliki tinggi ideal dari 90 cm sampai 120 cm. Sedangkan untuk lebarnya cukup di kisaran ukuran 20-30 cm saja. 

    Baca Juga: 13 Desain Meja Makan Minimalis untuk Inspirasi Rumah Anda

    Itulah beberapa model meja dapur minimalis yang saat ini banyak dicari orang-orang. Anda bisa memilih satu diantara desain tersebut menyesuaikan dengan konsep dari dapur. Dengan meja dapur yang tepat, tentunya bisa membuat Anda lebih bersemangat untuk memasak.