Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Meja Makan

    Ukuran Meja Makan Minimalis Ergonomis untuk Rumah

    Meja menjadi kebutuhan wajib dalam setiap hunian. Memiliki fungsi sebagai tempat meletakkan makanan, meja akan terlihat menawan ketika memiliki desain selaras dengan kursi. Namun, terkadang ukuran meja makan yang cukup besar akan mendominasi ruangan dan mengakibatkan terlihat sempit.

    Terlebih ketika Anda memiliki hunian minimalis, tentunya meja berukuran besar akan memakan banyak tempat. Untuk itu berikut tips memilih ukuran meja makan bagi rumah Anda yang minimalis agar terlihat tidak memakan banyak ruang.

    Tips Memilih Ukuran Meja Makan

    Memilih meja tidak hanya berfokus pada fungsi tapi juga bahan agar awet. Untuk itu berikut tips untuk memilih meja bagi rumah Anda yang minimalis agar terlihat menawan.

    1. Bentuk Meja

      Tips pertama memilih meja untuk rumah Anda yang minimalis adalah bentuk. Umumnya meja untuk ruang makan memiliki bentuk lingkaran, persegi panjang dan kotak. Masing-masing bentuk tersebut cocok dipasang dengan tipe ruang makan yang berbeda-beda. 

      Misalnya saja ketika Anda memiliki ruang makan dengan ukuran besar, meja berbentuk persegi panjang dan kotak cocok jadi pilihan. Namun sebaliknya ketika rumah Anda berukuran minimalis, bentuk meja makan lingkaran akan membuatnya terlihat lebih menarik. Tidak hanya itu saja, ketika ukuran rumah minimalis Anda juga bisa memilih meja makan lipat sebagai solusi. Meja makan lipat sangat efisien untuk ruangan kecil karena ketika Anda tidak memakainya bisa dilipat dan tutup kembali. Selain itu, meja makan lipat pun bisa dipindahkan kemana saja dengan mudah. Tentu saja, bagi Anda yang tinggal di apartemen ataupun kost meja makan lipat adalah pilihan tepat. 
       
    2. Desain Meja

      Selain bentuk meja yang harus menjadi perhatian, desain pun juga tidak boleh terlupakan. Desain meja yang dipilih haruslah sesuai dengan tema rumah Anda. Misalnya saja ketika rumah memiliki desain vintage, maka meja makan kayu berukir cocok jadi pelengkap.

      Namun ketika rumah Anda memiliki desain modern, meja berlapis kaca maupun stainless steel lebih cocok daripada meja makan kayu. Selain desain meja yang harus sesuai dengan tema ruangan kamu juga bisa menggunakan meja yang menyatu dengan kitchen set agar tidak memakan banyak tempat.
       
    3. Ukuran Meja Makan 

      Tidak hanya bentuk dan desain yang harus menjadi perhatian, ukuran meja pun juga penting menjadi pertimbangan. Ukuran meja makan umumkannya akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga.

      Ada beragam pilihan ukuran meja, umumnya ukuran meja makan kayu dengan bentuk persegi serta memiliki 4 kursi adalah 120 cm x 80 cm dengan tinggi sekitar 71 cm. Selain itu untuk ukuran meja makan berbentuk lingkaran umumnya sekitar 71 cm - 80 cm dengan diameter 122 cm. Sedangkan meja makan 4 kursi kecil berdiameter 78 cm dan tinggi 70 cm. Sehingga meja makan kursi kecil lingkaran sangat cocok bagi rumah minimalis Anda.
       
    4. Material Meja

      Seringkali meja makan juga digunakan untuk beragam kegiatan, mulai dari meja belajar, meja kerja maupun kegiatan lain. Itulah sebabnya material dalam pembuatan meja tersebut juga harus menjadi pertimbangan. 

      Ketika Anda memilih tingkat keawetan maka meja kayu adalah pilihan tepatnya. Sebab meja makan kayu selain cocok dipadukan dengan beragam interior juga bertahan untuk segala jenis penggunaan. Namun ketika rumah berukuran minimalis, meja berbahan kaca pun juga perlu menjadi pertimbangan. Meja berbahan kaca akan memiliki karakteristik tembus pandang sehingga tampilan rumah akan lebih lapang. 
       
    5. Tempat Duduk

      Ketika Anda sudah memiliki meja makan minimalis yang cocok untuk ukuran rumah, tempat duduk juga harus menjadi perhatian. Anda bisa menggunakan kursi makan satuan dengan desain, tipe dan jumlah sesuai kebutuhan. 

      Namun agar lebih efisien, ketika rumah Anda berukuran minimalis kursi bangku panjang lebih cocok digunakan. Kursi panjang yang dikombinasikan dengan desain menarik tentunya akan membuat ruangan lebih hidup dan selaras. 

      Anda juga tidak perlu membatasi menggunakan meja dan kursi makan yang selaras. Sebab menghadirkan ruang yang harmonisasi dengan tema ruangan juga bisa menggunakan sentuhan warna lain sebagai benang merahnya.

    Aturan Standar Jarak Meja dan Kursi Makan

    Meskipun rumah berukuran minimalis, bukan berarti momen di ruang makan akan tidak nyaman serta kurang hangat. Anda bisa menggunakan aturan standar mengatur jarak meja dan kursi makan berikut ini agar tetap nyaman.

    1. Berikan jarak antar kursi sekitar 18 cm sampai 20 cm agar tidak bersenggolan satu dengan lain ketika makan.
    2. Agar duduk terasa nyaman, berikan jarak sekitar 25 cm sampai 30 cm antara kursi dan meja.
    3. Gunakan kursi tanpa sandaran tangan agar terkesan tetap lebar
    4. Berikan ruang sekitar 60 cm - 70 cm. Sebab orang makan biasanya memerlukan ruang ketika makan.

    Baca Juga: Inspirasi Model Meja TV Serbaguna Untuk Ruangan Anda

    Rumah minimalis bukan berarti tidak nyaman untuk ditempati. Anda harus pintar-pintar memadupadankan furniture agar tetap sesuai namun juga selaras dengan desain ruangan. Jadi, sebelum menentukan meja untuk makan yang tepat, usahakan perhatikan ukuran, desain, bahan maupun kebutuhan agar tidak memakan banyak tempat. Meja multifungsi dan mudah dipindahkan seperti meja makan lipat sangat direkomendasikan bagi Anda yang tinggal di rumah dengan ukuran minimalis.