Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Meja Tv

    Inspirasi Model Meja TV Serbaguna Untuk Ruangan Anda

    Televisi merupakan media hiburan yang hampir ada di setiap rumah. Namun, dengan adanya TV terkadang semakin mempersempit ruangan. Itulah sebabnya kebanyakan orang memerlukan perabotan untuk menaruh TV tersebut. Seperti meja televisi yang sampai sekarang menjadi furnitur bermanfaat untuk TV dan barang lain. Selain untuk menempatkan televisi, adanya meja TV juga kerap digunakan untuk memberikan kesan tertentu termasuk mempercantik ruangan.

    Meja TV biasanya akan ditempatkan di ruang keluarga. Dengan adanya TV suasana ruang keluarga akan lebih nyaman jika sudah menemukan meja televisi yang cocok. Namun, disisi lain ada kalanya rumah minimalis memiliki ruangan tidak terlalu luas, maka dari itu memilih meja televisi minimalis adalah solusinya. Lalu bagaimana memilih jenis meja televisi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan? Berikut penjelasan tentang model Meja TV yang kerap dipakai di ruang minimalis.

    Model Meja TV

    Selain memberi kesan cantik dan simpel, meja televisi juga berguna sebagai lemari untuk menaruh barang. Namun, perlu diketahui meja televisi juga memiliki beberapa jenis yang pas untuk setiap ruangan sebagai furnitur multifungsi. Jenis meja TV akan berpengaruh dengan kualitas dan kegunaannya. Berikut beberapa macam meja televisi yang sering dipakai pada ruangan minimalis.

    1. Meja TV Kayu Jati

    Bahan kayu jati memang sudah menjadi material yang umum digunakan pada furnitur ruangan, termasuk desain meja TV kayu jati. Memilih model meja TV jati akan cocok ditempatkan pada berbagai desain ruangan yang ada di dalam rumah. Selain jati, jenis kayu yang biasa dipakai adalah kayu Beech, Maple maupun Pinus.

    Yang paling utama dalam model meja TV kayu jati ini adalah mampu memberikan ketahanan lebih lama dan kualitas memadai untuk dipakai dalam jangka waktu bertahun-tahun. Karena ukuran dan kesan padatnya menjadikan meja tv jati berbahan kayu lebih diminati saat ditempatkan pada ruangan cukup luas.

    2. Meja Televisi Bahan Kaca

    Jenis Meja televisi yang bisa Anda taruh di ruang keluarga adalah meja terbuat dari bahan kaca. Hampir bersaing dengan model meja TV kayu jati, material ini cukup terkenal dikalangan produsen yang ada di pasaran. Kaca yang dipakai pun memiliki jenis lain, yakni kaca bening dan kaca dengan tambahan warna atau ornamen.

    Kelebihan memakai meja televisi bahan kaca bening yaitu cocok ditempatkan pada berbagai set ruangan, sedangkan pada kaca yang telah ditambahkan warna dapat sebagai hiasan ruangan juga tempat televisi yang nyaman dipandang. Selain itu, Anda tak perlu repot membersihkannya berjam-jam sebab hanya memerlukan lap basah untuk membersihkannya. Namun, Anda harus tetap waspada terhadap jenis meja ini karena risiko pecah dan rapuh lebih besar.

    3. Meja TV Kombinasi Kayu dan Kaca

    Memadukan material kayu dan kaca merupakan solusi tepat ketika menginginkan desain meja TV minimalis dan kokoh. Beragam desain mulai dari etnik sampai modern akan cocok ditempatkan di ruangan manapun. Istimewanya saat memilih jenis meja televisi ini adalah mampu menarik perhatian, mempercantik ruangan dan menunjukkan kesan elegan. 

    Perawatan meja televisi kombinasi ini sebaiknya diperhatikan dengan baik, mengingat material penyusunnya yang terdiri dari kaca dan kayu. Anda dapat menggunakan lap kering ketika membersihkan bahan kayu dan bisa memakai lap basah untuk membasuh kaca.

    4. Meja Televisi dengan Laci

    Jika Anda menginginkan meja televisi berpenampilan rapi, simpel dan multifungsi, maka model Meja TV minimalis dengan laci merupakan pilihan tepat. Model meja TV ini biasanya ditambahkan laci-laci kecil yang ada di bagian bawahnya. Laci tersebut berfungsi untuk menaruh DVD, CD, majalah dan barang-barang lain. 

    Namun, ketika memindahkan jenis meja ini, maka Anda akan sedikit dipersulit dengan kuantitas beratnya sehingga terkadang tak cukup dengan satu tenaga, tetapi hal itu bisa disiasati dengan menambahkan roda kecil atau mengangkatnya perlahan.

    5. Meja Televisi Berbahan Plastik

    Sedang krisis biaya namun ingin tetap memenuhi keinginan membeli furnitur meja TV? Pastikan mengetahui jenis meja televisi berbahan plastik. Material ini sering menjadi alternatif ketika menginginkan tempat menaruh TV praktis dengan harga terjangkau. 

    Selain itu, meja berbahan plastik juga cocok ditempatkan pada ruangan minimalis karena tidak terlalu memakan tempat. Cara membersihkannya pun cukup mudah dan tak butuh banyak waktu. Namun, ada kalanya beberapa jenis plastik yang dipakai pada furnitur ini tidak menjamin kekokohannya selain hanya dipakai menaruh satu benda berupa TV.

    6. Model Meja TV dengan Rak Buku

    Bagi Anda penggemar buku dan menerapkan istilah tiada hari tanpa membaca, adakalanya bingung menempatkan buku yang rapi dan tidak memakan tempat. Ada bisa gunakan model meja televisi dengan tambahan rak buku. 

    Hampir sama seperti meja televisi dengan laci, Anda bisa menggunakan rak yang ada di bawah tempat TV untuk menaruh segala barang termasuk buku. Selain itu, dengan paduan multifungsinya maka jenis meja ini kerap dicari pengguna rumah minimalis karena dapat memberi kesan simpel dan tidak memakan tempat.

    Baca juga: Tips Memilih Coffee Table yang Cocok untuk Ruang Tamu

    Karena kebutuhan dan jenis furnitur yang semakin berkembang, maka tak heran jika meja televisi dan perabotan lain menjadi struktur pelengkap ruangan yang juga berfungsi menjadi pajangan. Dengan memilih material meja televisi yang baik untuk ruangan maka akan menjadikan keluarga dan siapapun yang bertamu lebih nyaman berada di rumah. Jadi, sebelum memilih desain meja TV Anda, jangan lupa sesuaikan dengan budget maupun kebutuhan.