Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Menata Ruang Tamu

    11 Trik Rahasia Menata Ruang Tamu, Lebih Luas dan Nyaman

    Sebagai area entrance utama, ruang tamu merupakan tempat penting yang akan menentukan kesan pertama dan mewakili karakter penghuninya. Pemilihan tata letak dan desain ruang tamu yang tepat tentu diperlukan agar nyaman dilihat bagi para pengunjung. Untuk itu, cara menata ruang tamu merupakan trik khusus yang tak boleh disepelekan.

    Jangan sampai, tampilan interior ruang tamu Anda terkesan monoton dan membosankan. Sebab dengan penataan yang sesuai, ruang tamu berukuran kecil pun bisa tampil stand out dan lebih optimal. Lalu bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

    11 Cara Menata Ruang Tamu Minimalis

    Sebenarnya, setiap sudut di ruang tamu bisa Anda manfaatkan untuk membuat tampilannya lebih keren. Masih ragu? Coba terapkan 11 trik rahasia berikut dan ubah gaya ruang tamu Anda jadi lebih berkelas!

    1. Letakkan beberapa perabotan wajib

    Sumber: thespruce.com

    Menentukan jenis perabot wajib merupakan cara menata ruang tamu pertama kali yang harus dilakukan. Hal ini mengingat banyaknya variasi furniture yang bisa Anda pilih. Misalnya saja seputar alas duduk, ada sofa, kursi tamu, hingga bean bag yang masing-masing dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya, penentuan model, warna, hingga corak perabot dalam ruang tamu akan didasarkan pada konsep interior pilihan pemilik. Sebab setiap detail furniture ataupun aksesoris di dalamnya akan menciptakan tampilan desain yang khas dan berbeda.

    2. Sesuaikan pemilihan motif dan warna setiap elemen

    Sumber: hips.hearstapps.com

    Agar tidak terlihat berantakan, sebaiknya sesuaikan dulu motif dan warna pilihan setiap elemen di dalamnya. Apalagi bila Anda ingin menata ruang tamu minimalis yang identik akan penggunaan furniture basic dengan tone dan tampilan senada. Namun bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk bermain warna dan variasi motif. Asalkan, setiap corak dan rona pilihan tetap bisa Anda padukan sehingga menghasilkan tampilan ruang tamu yang memukau.

    3. Gunakan material lantai yang nyaman

    Sumber: supergres.com

    Ada banyak trik rahasia dan cara menata ruang tamu yang akan meningkatkan impresi mereka terhadap Anda. Salah satunya yaitu dengan menghadirkan material lantai yang adem dan nyaman. Bisa dengan keramik, marmer, semen, kayu, vinyl, hingga batuan alam. Setiap jenisnya punya karakteristik unik yang dapat menghasilkan tampilan berbeda sehingga dapat Anda sesuaikan lagi dengan konsep ruang tamu impian.

    4. Tentukan pengaturan pencahayaan

    Sumber: ledvance.com

    Selain pemilihan furniture wajib, menata ruang tamu minimalis tentu tak akan lepas dari pengaturan pencahayaan di dalamnya. Dengan warna cat dan perabot, kira-kira pencahayaan seperti apakah yang cocok digunakan di ruang tamu? Sebagai contoh, misalnya Anda ingin menciptakan ruang tamu yang tampak terang pada siang hari dan hangat di waktu malam. Maka Anda bisa menambahkan jendela lebar di samping ruang tamu dan lampu pijar berwarna kuning sebagai penerangan di malam hari.

    5. Berikan hiasan dekorasi pelengkap

    Sumber: mymove.com

    Untuk meningkatkan estetika dan menghindari tampilan monoton yang membosankan, cara menata ruang tamu praktis selanjutnya adalah dengan menambahkan beberapa hiasan dekorasi pelengkap. Bisa dengan lukisan, bantal kecil, rak gantung, pigura foto, hingga tanaman hijau di sudut-sudut ruang tamu. Kemudian sesuaikan warna dan motifnya dengan perabot wajib yang sudah Anda pilih sebelumnya agar tampilan ruang tamu semakin harmonis.

    6. Rapikan dekorasi dengan menambah penyimpanan sederhana

    Sumber: immobiliereducecentre.com

    Saat menata ruang tamu, Anda akan menyadari bahwa ada banyak barang yang harus dirapikan. Mulai dari tumpukan majalah, lembaran foto lama, hingga catatan-catatan kecil kenangan zaman dulu. Untuk membuat semuanya terorganisir secara rapi, Anda bisa memanfaatkan aneka jenis penyimpanan sederhana seperti lemari kabinet, rak susun, hingga laci meja. Cara menata ruang tamu ini sebaiknya Anda mulai dengan memilah barang apa sajakah yang memang masih bisa disimpan dan digunakan di kemudian hari.

    Baca juga: CARA MENATA TAMAN DEPAN RUMAH & IDE DESAIN TERBARUNYA

    7. Beri variasi pilihan tekstur

    Sumber: manofmany.com

    Bila Anda tidak ingin menambahkan banyak furniture, memberi variasi pilihan tekstur bisa jadi alternatif terbaik saat akan menata ruang tamu minimalis. Anda bisa menggunakan tekstur dinding, perabot, ataupun lantai yang berbeda-beda. Meski demikian, Anda tetap harus memperhitungkan kesesuaian desain agar tampilan ruang tamu nantinya terlihat menarik walau dengan banyak variasi tekstur di dalamnya.

    8. Manfaatkan perabot multifungsi

    Sumber: marabraz.com.br

    Bagaimana cara menata ruang tamu minimalis di lahan sempit? Salah satu trik rahasia yang bisa Anda gunakan yaitu dengan memanfaatkan penggunaan perabot multifungsi. Misalnya dengan memanfaatkan meja extendable yang dapat diatur panjang pendeknya atau dengan model kabinet rahasia di bawahnya. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk memaksimalkan setiap sudut ruang tanpa khawatir memakan banyak space.

    9. Perhatikan ukuran setiap elemen

    Sumber: spacejoy.com

    Ruang tamu yang ideal dibentuk dari pemilihan setiap elemen di dalamnya. Oleh karena itu, perhatikan rasio ruang tamu dan perhitungkan kembali ukuran setiap perabot maupun aksesoris yang akan Anda beli. Jangan sampai, trik rahasia dan semua cara menata ruang tamu jadi tidak maksimal karena Anda lupa memperhatikan hal ini. Bila tidak berperan penting, cukup gunakan printilan berukuran kecil untuk menghemat penggunaan ruang.

    10. Buat langit-langit ruang yang tinggi

    Sumber: avantela.com

    Cara menata ruang tamu yang tepat tentu tak akan lepas dari pengaturan sirkulasi udara di dalamnya. Terlebih di negara tropis seperti Indonesia, memiliki ruang dengan hawa adem merupakan suatu dambaan. Untuk itu, Anda bisa menghadirkan ruang tamu bernuansa sejuk dengan membuat langit-langit yang cukup tinggi. Selain meningkatkan tampilannya lebih cantik, hal ini juga akan memungkinkan banyaknya udara segar yang masuk dan memenuhi seisi ruang tamu.

    11. Hadirkan suasana segar dengan tanaman hijau

    Sumber: namebet.cc

    Jika menata ruang tamu dengan membuat langit-langit tinggi masih terasa kurang, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias di tiap sudut ruang. Hal ini bukan tanpa alasan sebab tumbuhan hijau memang terbukti mampu menghasilkan oksigen lewat proses fotosintesis sehingga kualitas udara di dalam ruangan pun akan semakin bersih. Bahkan beberapa jenis tanaman juga dinilai dapat menyerap senyawa karsinogen seperti benzena dan formaldehida yang berbahaya bagi tubuh manusia.

    Tak hanya membuat udara di sekitarnya terasa lebih sejuk, keberadaan tumbuhan hijau di dalam ruang juga akan menyegarkan tampilan interior. Apalagi kini ada banyak tanaman hias yang bisa Anda manfaatkan sebagai pelengkap dekorasi hunian seperti monstera, lidah mertua, dan karet hias. Selain 3 jenis tersebut, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi tumbuhan hias indoor lainnya di 8 JENIS TANAMAN DALAM RUANGAN KAYA MANFAAT & CARA MERAWATNYA lengkap yang dapat dipelajari terlebih dahulu sebelum mulai menghadirkannya di rumah.

    --

    Bagaimana, mudah bukan menerapkan cara menata ruang tamu di rumah? Luangkan sedikit waktu serta budayakan kebiasaan baik seperti beberes yang tentu akan membuat ruang tamu Anda tetap rapi dan nyaman dilihat. Tak ada kata terlambat, Anda masih bisa menata ruang tamu lebih proporsional dan membuatnya lebih fungsional sekarang.

    Periksa setiap sudut ruang tamu dan cek apakah masih ada perabotan yang kurang. Pastikan seluruh kelengkapan kebutuhan ruang tamu telah terpenuhi untuk meningkatkan kenyamanan di dalamnya. Untuk itu, pilihlah furniture berkualitas dan buat tamu Anda lebih terkesan dengan koleksi terbaru iCreate. Yuk jelajahi laman iCreate sekarang dan dapatkan perabot eksklusif harga terjangkau!

    Baca juga: CARA MERAPIKAN TEMPAT TIDUR DENGAN CEPAT DAN MANFAATNYA