Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Menata Taman Depan Rumah

    Cara Menata Taman Depan Rumah & Ide Desain Terbarunya

    Menata taman depan rumah bisa jadi kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan saat luang. Selain melepas penat, menata taman depan rumah juga dapat meningkatkan nilai estetika hunian. Penasaran? Berikut cara menata taman depan rumah dan beberapa pilihan inspirasi desainnya.

    Cara Menata Taman Depan Rumah

    Terkadang, beberapa orang menjadikan kesibukannya sebagai alasan untuk tidak merawat taman di rumah. Padahal, ada cara menata taman depan rumah yang mudah dilakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut

    1. Sesuaikan luas lahan dengan desain taman yang sesuai

    Sebelum terlanjur memilih desain taman tertentu, sebaiknya ukur luas lahan dan tentukan area mana saja yang ingin dibuat menjadi pekarangan rumah. Sebab ada beberapa desain taman yang hanya bisa diterapkan pada luas area tertentu. Menyesuaikan luas lahan dengan pilihan desain taman juga akan membantu Anda memperkirakan pengeluaran yang dibutuhkan.

    2. Tentukan jenis tanaman

    Setelah menentukan desain taman dengan luas lahan yang sesuai, langkah selanjutnya adalah memilih jenis tumbuh-tumbuhan yang akan ditanam. Perhatikan konsep taman yang akan dibangun. Misalnya, jika ingin membuat taman berkonsep vertical garden maka jenis tanaman yang sesuai adalah tumbuhan mungil dengan pot kecil.

    3. Pilih struktur tanah yang sesuai

    Ada beberapa opsi struktur tanah untuk taman yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari tanah berstruktur pasir, debu dan tanah liat. Setelah menentukan jenis tanaman dan desain taman, Anda harus mencocokkannya kembali dengan pilihan struktur tanah agar sesuai. Jangan sampai, tanaman yang Anda pilih tidak cocok dengan struktur tanahnya.

    4. Tambahkan rerumputan

    Selain pepohonan dan bunga, Anda juga dapat menambahkan rerumputan agar taman terlihat lebih hijau dan asri. Rumput juga bermanfaat untuk mencegah penguapan sinar matahari serta menyuburkan tanah di sekitar taman sehingga tumbuhan, bunga dan pepohonan yang Anda tanam bisa tumbuh dengan baik.

    5. Buat akses jalan

    Meski ingin membuat area hijau, pastikan juga untuk menyisakan tempat agar Anda bisa berjalan di tengahnya. Selain berfungsi sebagai tempat menyiram tanaman, berjalan, adanya akses jalan di tengah  juga dapat dimanfaatkan saat Anda ingin menata taman depan rumah minimalis. Elemen jalan juga bisa jadi tambahan dekorasi sehingga taman tampak menarik.

    6. Beri elemen air bila perlu

    Hijaunya dedaunan akan selalu menenangkan terlebih bila dipadukan dengan adanya air. Bila masih tersedia cukup area, sebaiknya manfaatkan dan isi lahan tersebut dengan air. Elemen air disini bisa berupa air mancur, kolam ikan maupun kolam renang. Suara gemericik air yang menenangkan akan membuat suasana taman di rumah semakin teduh dan menyenangkan.

    7. Atur pencahayaan

    Hal terakhir yang juga tidak boleh dilupakan adalah tata letak pencahayaan taman. Suasana taman di malam hari akan sangat bergantung pada penempatan cahayanya. Sebaiknya, pilih titik tertentu yang cocok dijadikan letak penempatan lampu. Kemudian, pilih bentuk, jenis dan warna lampu yang sesuai dengan konsep taman yang akan dibangung.

    8 Inspirasi Desain untuk Menata Taman Depan Rumah

    Tak afdhol rasanya bila hanya memahami cara menata taman depan rumah minimalis tanpa mengetahui pilihan inspirasi desainnya. Untuk itu, berikut beberapa inspirasi desain untuk menata taman depan rumah minimalis yang bisa jadi pilihan Anda.

    1. Suasana pantai dengan sentuhan tropical

    taman depan rumah tropis
    Sumber: zillow.com

    Bila Anda mempunyai pekarangan yang luas dan menyukai suasana pantai, inspirasi desain berikut sepertinya dapat menjadi pilihan terbaik. Keberadaan pohon kelapa di masing-masing sisi taman disertai dengan tumbuhan kecil yang mendukung membuat rumah terlihat asri. Aspek pencahayaan juga berperan besar untuk melahirkan suasana pantai yang hangat.

    2. Aliran air mancur di tengah taman

    taman depan rumah air mancur
    Sumber: gardenista.com

    Hijaunya rerumputan pasti akan menambah kesan asri dari rumah Anda. Terlebih dengan keberadaan aliran air mancur di tengahnya. Sehingga bukan hanya udara segar dari tumbuhan, Anda pun dapat memperoleh suasana lain dari elemen airnya. Anda juga bisa duduk santai di kursi menikmati teduhnya taman sembari mendengarkan gemericik air yang menenangkan.

    3. Taman kecil bergaya klasik

    taman depan rumah kecil gaya klasik
    Sumber: my1929charmer.com

    Desain kali ini membuktikan bahwa cara menata taman depan rumah minimalis tidak selalu membutuhkan banyak dekorasi dan detail berlebihan. Area yang kecil pun sudah cukup untuk membuat taman yang menarik di rumah. Sentuhan gaya klasik dari kombinasi cat rumah juga semakin menambah daya tarik taman satu ini.

    4. Warna-warni bunga yang menyegarkan

    taman depan rumah warna warni
    Sumber: houselogic.com

    Tidak harus selalu penuh dengan tumbuhan hijau, Anda juga bisa mengkreasikan taman menjadi kebun bunga yang penuh warna seperti desain berikut. Susunan bunga dengan warna-warna kontras akan memberikan kesan segar bagi siapapun yang melihatnya. Rumah Anda juga akan terlihat unik karena desain taman dengan warna-warni bunga tersebut.

    5. Manfaatkan lahan kecil dengan vertical garden

    vertikal garden depan rumah
    Sumber: wiki.nurserylive.com

    Konsep vertical garden diperuntukkan bagi Anda yang ingin memiliki taman di rumah dengan keterbatasan lahan. Vertical garden adalah taman yang tumbuhannya di tanam dengan media disusun secara memanjang. Anda dapat meletakkannya di dinding sehingga area taman tidak terlalu memakan banyak tempat. 

    6. Menata taman depan rumah minimalis

    Sumber: instagram.com

    Bila masih bingung bagaimana cara menata taman depan rumah minimalis, ide kreasi berikut bisa jadi salah satu referensi untuk hunian Anda. Didukung dengan tata letak pot dan jenis tanaman yang tepat akan membuat taman beranda rumah tampak asri. Anda juga tidak akan membutuhkan banyak dekorasi dan detail untuk bisa mewujudkannya.

    7. Paduan putih dan hijau

    Sumber: jawaracorpo.com

    Selepas kerja lalu disambut dengan indahnya desain taman satu ini pasti akan membuat Anda tidak sabar untuk pulang ke rumah. Bagaimana tidak, paduan warna putih bersih dan hijau memberikan kontras sehingga akan memanjakan mata mereka yang melihatnya. Perabotan kursi di sekelilingnya juga kian menambah taman tampak menarik.

    8. Beragam tumbuhan dan tanaman

    Sumber: bhg.com

    Jika Anda sangat menyukai tanaman dan punya halaman yang luas, mungkin dapat mencoba inspirasi desain di atas. Beragam tumbuhan dan tanaman dengan jenis berbeda terlihat serasi membentuk satu taman yang indah menyejukkan. Selain dikelilingi udara segar, rumah juga akan menjadi asri dan teduh.

    Selain beberapa pilihan inspirasi di atas, Anda tetap dapat mengkreasikan ide taman cantik yang sesuai dengan keinginan. Intinya, jangan lupa sesuaikan desain taman dengan konsep rumah yang Anda miliki agar hunian tetap terlihat asri dan menarik. Tertarik mencobanya?

    Baca juga: 8 DESAIN TAMAN BELAKANG RUMAH POPULER, LEBIH SEGAR DAN ALAMI