Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Merapikan Tempat Tidur

    Cara Merapikan Tempat Tidur dengan Cepat dan Manfaatnya

    Merapikan tempat tidur seringkali diabaikan oleh sebagian orang. Banyak diantaranya yang beralasan karena harus buru-buru melakukan aktivitas pagi lainnya atau bahkan merasa malas untuk bersih-bersih kamar. Padahal, merapikan tempat tidur dapat dilakukan kurang dari 5 menit.

    Tak hanya itu, rutinitas yang tampak sepele ini ternyata juga memiliki manfaat lebih dari sekadar membuat kamar tampak lebih rapi dan bersih. Sebab dengan merapikan tempat tidur, semangat untuk memulai hari dapat meningkat dan tanpa disadari hidup Anda akan menjadi lebih teratur.

    Nah, untuk itu simak ulasan lengkap seputar manfaat dan cara merapikan tempat tidur dengan cepat berikut ini agar Anda semakin termotivasi untuk tidak melewatkan kegiatan ini di pagi hari.

    Manfaat Merapikan Tempat Tidur

    Tak hanya membuat kamar tampak bersih, merapikan tempat tidur juga memiliki beragam manfaat lainnya yang tak banyak orang ketahui. Nah, agar Anda lebih memahami manfaatnya simak ulasan berikut ini.

    1. Memulai hari dengan baik

    Menurut World Health Organization, merapikan tempat tidur setiap pagi dapat memberi sense of accomplishment atau perasaan puas setelah mencapai satu hal. Sebab, dalam sehari tentunya Anda disibukkan dengan banyak kegiatan seperti berangkat bekerja, mengurus rumah tangga dan berbagai pekerjaan kantor. 

    Dengan rutin merapikan kasur setiap pagi, Anda akan mendapatkan sebuah dorongan untuk mengawali hari dengan baik sebab ada satu hal yang sudah berhasil dilakukan.

    2. Meningkatkan produktivitas

    Manfaat merapikan tempat tidur berikutnya adalah meningkatkan produktivitas. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda akan mendapat kepuasan setelah membersihkan kasur. Perasaan tersebut akan membuat Anda lebih termotivasi untuk melakukan kegiatan lainnya sehingga lebih produktif setiap hari. 

    3. Mengurangi stress setelah bekerja

    Dengan rutin merapikan tempat tidur, tanpa disadari Anda telah menghilangkan peluang stress setelah bekerja. Sebab, tempat tidur yang berantakan hanya akan memperburuk keadaan mood setelah lelah bekerja seharian. Oleh karena itu, hal kecil seperti merapikan kasur jangan sampai terlewat.

    4. Tidur lebih berkualitas

    Tempat tidur yang rapi dan bersih dapat menciptakan rasa nyaman ketika beristirahat. Ketika Anda merasa nyaman, hal tersebut juga akan meningkatkan kualitas tidur. Sebab, rasa nyaman hanya akan terjadi ketika lingkungan sekitar bersih dan tertata rapi.

    5. Sarana olahraga

    Merapikan tempat tidur membuat tubuh Anda bergerak sejak bangun di pagi hari. Sehingga dapat dikatakan aktivitas ini merupakan sarana meningkatkan kebugaran tubuh meskipun hanya berupa olahraga kecil. Selain itu, jika kegiatan ini dilakukan secara rutin tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh.

    6. Mencegah penyakit

    Mencegah penyakit adalah manfaat merapikan tempat tidur berikutnya yang bisa Anda dapatkan apabila dilakukan setiap hari. Kasur atau sprei yang kotor dan berantakan bisa menjadi sarang beragam organisme seperti kutu, tungau, jamur serta bakteri. 

    Makhluk-makhluk kecil tersebut merupakan sumber berbagai penyakit seperti alergi, eksim, asma, serta jerawat pada wajah dan punggung. Nah, untuk mencegah masalah kesehatan tersebut membersihkan dan merapikan kasur harus rutin dilakukan.

    Baca juga: 8 TIPS ANAK MAU MERAPIKAN MAINAN SENDIRI SERTA MANFAATNYA

    Cara Merapikan Tempat Tidur

    Rutinas membersihkan kasur ternyata dapat dilakukan dalam waktu singkat, lho. Sehingga Anda tak perlu khawatir kehabisan banyak waktu di pagi hari. Untuk itu, simak cara merapikan tempat tidur dengan cepat berikut ini.

    1. Singkirkan bantal dan guling

    Langkah pertama untuk merapikan tempat tidur adalah menyingkirkan barang-barang yang ada di atas kasur seperti bantal, guling, selimut dan bed cover. Hal ini dilakukan untuk mempermudah ketika merapikan kasur. Selain itu, letakkan juga barang-barang tersebut sementara di tempat yang bersih.

    2. Rapikan sprei

    Langkah berikutnya adalah merapikan seprai. Anda dapat merapikannya dengan menata sprei tempat tidur serta memastikan seluruh permukaan kasur tertutup dengan sempurna.

    3. Bersihkan kasur dengan sapu ijuk

    Setelah merapikan seprai, bersihkan kasur dari debu dan kotoran. Cukup gunakan sapu ijuk jika Anda sedang terburu-buru sebab cara ini paling lama hanya akan menghabiskan waktu 30 detik saja. Meski tampak sederhana, alat ini efektif menghilangkan debu dan kotoran di kasur.

    4. Atur bed cover dan selimut

    Cara merapikan tempat tidur berikutnya adalah mengatur bedcover dan selimut agar terlihat lebih rapi. Terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan menutupi permukaan kasur atau melipatnya. 

    Apabila Anda memilih opsi pertama, cukup bentangkan bed cover dan selimut hingga menutupi seluruh permukaan tempat tidur. Lipat bagian atas seprai di dekat bantal sekitar 30 cm agar terlihat lebih rapi. 

    Sedangkan untuk opsi kedua, lipat selimut dan bed cover kemudian letakkan pada bagian bawah kasur dekat kaki. Apabila bagian pinggir selimut tidak dapat dimasukkan ke kasur, pastikan sisi-sisinya menjuntai dengan seimbang dan rapi.

    5. Tata bantal dan guling

    Langkah terakhir adalah menata bantal dan guling dengan rapi. Pastikan bantal dan guling diletakkan pada bagian ujung atas kasur. Jika Anda memiliki dua buah bantal, lebih baik disimpan bersebelahan dan jangan ditumpuk agar terlihat lebih rapi.

    Tips Merapikan Tempat tidur

    Ada berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan rasa nyaman. Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

    1. Pilih sprei yang dilengkapi karet agar tidak mudah lepas

    Agar tempat tidur selalu rapi dan mudah dibersihkan, gunakan sprei yang dilengkapi karet pada ujungnya. Hal tersebut bertujuan agar kain tidak mudah lepas dari kasur ketika ditempati untuk tidur.

    2. Semprotkan parfum 

    Tips merapikan kamar yang kedua adalah memberi pewangi ruangan. Semprotkan penyegar udara dengan aroma favorit yang menenangkan agar berada di kamar menjadi lebih nyaman sebab udaranya segar.

    3. Lakukan setiap pagi, setelah bangun tidur

    Setelah bangun tidur usahakan untuk langsung merapikan tempat tidur. Jangan menunda-nunda, sebab hanya akan menimbulkan rasa malas untuk membersihkan tempat tidur.

    4. Ganti seprai setiap 1-2 minggu sekali

    Sprei, bed cover dan selimut merupakan salah satu tempat yang rawan dihinggapi kutu dan tungau serta ditumbuhi jamur. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengganti sprei secara rutin, yaitu setiap 1 hingga 2 minggu sekali agar kebersihan ruang pribadi Anda selalu terjaga.

    Sekarang Anda sudah tahu bukan manfaat dan cara merapikan tempat tidur dengan cepat? Meski tampak sepele, merapikan tempat tidur berdampak besar sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Bahkan, jika sudah terbiasa dilakukan tidak sampai 5 menit tempat tidur Anda sudah rapi dan bersih kembali.

    Baca juga: 11 TRIK RAHASIA MENATA RUANG TAMU, LEBIH LUAS DAN NYAMAN