Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Mezzanine

    Apa itu Mezzanine? Fungsi, Ide Desain, dan Cara Membuatnya

    Seiring meningkatnya kebutuhan manusia akan hunian, desain mezzanine adalah salah satu alternatif untuk menambah ruang di tengah minimnya lahan. Saat ini mezzanine adalah hal yang masih jarang diterapkan.  Padahal, cara yang satu ini cukup menguntungkan  bagi Anda yang ingin menambah ruang dengan budget lebih murah. 

    Desain mezzanine rumah minimalis memungkinkan penghuninya untuk menciptakan ruang terbuka sesuai keinginan tanpa perlu melakukan renovasi secara total. Tertarik dengan konsep yang ditawarkan? Yuk kenali dulu apa itu mezzanine dan cara membuatnya lengkap dalam ulasan berikut!

    1. Apa itu Mezzanine
    2. Fungsi Mezzanine
    3. Desain Mezzanine Rumah Minimalis
    4. Cara Membuat Mezzanine

    Apa Itu Mezzanine?

    Mezzanine adalah salah satu trend mode baru dalam dunia desain interior rumah. Banyak orang mengira mezzanine adalah bagian langit-langit dari sebuah bangunan. Padahal mezzanine adalah sebuah balkon dalam ruangan atau juga dapat berupa tambahan space yang berada ditengah, antara lantai bawah dan plafon. Biasanya, area yang dianggap apa itu mezzanine memiliki luas sepertiga dari total ukuran keseluruhan ruangan.

    Menurut arsitektur Perancis, desain mezzanine adalah ruangan yang dibuat partisi, namun tidak sampai naik ke langit-langit. Dulunya, mezzanine adalah desain yang sering digunakan pada area pergudangan maupun pabrik dengan langit-langit atau plafon tinggi. Namun seiring dengan perkembangan dunia desain interior, mezzanine kini juga dipakai pada desain rumah, perkantoran, gedung pertunjukan, hingga gereja.  

    Fungsi Mezzanine

    Mezzanine adalah salah satu solusi desain interior modern yang cocok diaplikasikan pada rumah minimalis. Selain membantu memaksimalkan ruang di tengah area sempit, beberapa fungsi dari desain rumah mezzanine adalah sebagai berikut

    Area penyimpanan sekaligus ruang tambahan

    Mezzanine dapat digunakan sebagai space penyimpanan, kamar tidur tambahan, ruang kerja minimalis, tempat bermain anak, hingga berbagai keperluan lainnya seperti area beribadah. Mengingat desainnya yang fleksibel membuat Anda bisa dengan mudah mengaplikasikan mezzanine menjadi area apapun.

    Mudah dan murah

    Mengaplikasikan desain rumah mezzanine juga akan membantu Anda untuk lebih menghemat biaya. Sebab, Anda tidak perlu melakukan renovasi ulang untuk membangun ruang tambahan secara menyeluruh. Jadi, cukup maksimalkan area yang sudah ada lalu kreasikan jadi desain mezzanine rumah minimalis sesuai kebutuhan.

    Baca juga : APA ITU VOID RUMAH? PENGERTIAN, MANFAAT, DAN IDE DESAINNYA

    Desain Mezzanine Rumah Minimalis

    Bagi Anda yang memiliki ukuran rumah minimalis dan ingin menambah area, mezzanine adalah solusi terbaiknya. Untuk itu berikut beberapa inspirasi pengaplikasian desain rumah mezzanine minimalis. 

    1. Mezzanine untuk perpustakaan mini

    Sumber: cdn.decoist.com

    Bagi Anda yang hobi membaca, memiliki perpustakaan sendiri tentu merupakan sebuah impian. Namun sayangnya, ukuran rumah yang tidak cukup besar sering menjadi kendala. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengaplikasikan desain mezzanine rumah minimalis sebagai area perpustakaan dalam hunian. Mezzanine adalah solusi untuk memberikan ruang sederhana yang bisa Anda kreasikan sebagai perpustakaan pribadi.

    2. Mezzanine di atas storage

    Sumber: scandinavianloft.com

    Desain mezzanine sebenarnya tidak harus selalu dibangun diatas ruang utama. Sebab nyatanya, Anda juga bisa membangunnya di atas storage. Hal ini dapat Anda aplikasikan ketika tinggal di apartemen. Mezzanine di atas storage atau tempat penyimpanan dapat dimanfaatkan sebagai tambahan tempat tidur di rumah.

    3. Mezzanine diatas dapur

    Sumber: qhomemart.com

    Umumnya, area dapur tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai diatas plafon. Untuk itu, Anda bisa memaksimalkan area tersebut dengan menggunakannya sebagai tempat tidur ataupun tambahan ruang penyimpanan. Tentunya area dapur juga akan terlihat lebih fungsional dan menarik. 

    4. Mezzanine untuk area kerja

    Sumber: a0.muscache.com

    Momen WFH seperti sekarang membuat Anda harus memiliki area kerja senyaman mungkin di rumah. Bila bosan dengan suasana biasa, Anda bisa mengaplikasikan desain mezzanine menjadi area kerja pribadi yang positif di rumah. Selain memaksimalkan ruang yang kosong, mezzanine juga akan membuat area kerja lebih nyaman dan tenang karena berada diatas.

    Cara Membuat Mezzanine

    Meski mezzanine adalah desain yang ideal dan tidak memakan banyak tempat, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum membangunnya di rumah. Jadi jangan sampai salah, berikut beberapa cara membuat mezzanine yang tepat!

    1. Perhatikan luas ruangan

    Mezzanine adalah salah satu desain interior rumah yang biasanya akan menggunakan sekitar sepertiga dari total luas rumah. Jadi, usahakan ketika Anda mengaplikasikan desain ini, perhitungkan ukuran sisa lahan dengan tepat agar ruangan yang sudah ada tidak menjadi semakin sempit.

    2. Perhitungkan tinggi rumah

    Selain memperhatikan luas ruangan, Anda juga harus mempertimbangkan tinggi bangunan rumah. Sebab biasanya, mezzanine dibangun di ruangan dengan tinggi minimal 4 meter. Hal ini lantaran desain mezzanine rumah minimalis akan mengambil setidaknya 2 meter termasuk plafon atau langit-langit.

    3. Atur pencahayaan dan sirkulasi udara

    Umumnya, mezzanine adalah area tambahan yang terpisah dari ruang utama di rumah. Walau demikian, Anda juga tetap harus memperhatikan aspek pencahayaan dan sirkulasi udara di dalamnya. Caranya, coba tambahkan jendela dengan tambahan ventilasi agar ruang mezzanine tidak tampak sumpek dan terasa pengap.

    4. Sesuaikan dengan fungsi

    Sebelum mulai membangun desain mezzanine, usahakan untuk  mempertimbangkan fungsinya terlebih dahulu. Jika lahan tersebut luas, Anda bisa menggunakan sebagai kamar tidur, area kerja, studio, maupun ruang santai. Namun jika area tersebut terbatas atau tidak terlalu besar, Anda bisa menggunakannya sebagai perpustakaan dan sudut baca.

    5. Sesuaikan material dengan konsep ruangan

    Saat mengaplikasikan desain mezzanine, ada 4 macam bahan material yang dapat Anda gunakan. Mulai dari kayu, besi, baja, hingga beton sesuai selera dan kebutuhan Anda. Selanjutnya, saat memilih material sebelum membangun, selalu sesuaikan desain mezzanine dengan dekorasi ruangan lain agar tampak selaras dan harmonis.

    6. Perhatikan ruangan di bawah mezzanine

    Desain mezzanine adalah konsep area yang dibangun di atas ruangan lain. Artinya, langit-langit rumah akan tampak lebih rendah. Jadi usahakan untuk selalu waspada dan berhati-hati agar aktivitas di area bawahnya tidak terganggu.

    Mezzanine adalah salah satu solusi alternatif praktis bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan dengan ukuran rumah tidak begitu besar. Mezzanine akan membuat tampilan interior rumah tampak lebih fungsional, modern,menarik, dan lega. Jadi, apakah Anda semakin tertarik untuk mengaplikasikan desain mezzanine rumah minimalis?

    Bila iya, yuk buat desain mezzanine rumah minimalis semenarik mungkin! Meski di lahan terbatas, kini hunian idaman bukan lagi mimpi. Untuk itu, iCreate hadir mendampingi Anda dalam mengkreasikan rumah impian jadi kenyataan. Klik tab beranda sekarang dan lengkapi interior hunian dengan berbagai koleksi furniture berkualitas yang menarik dari iCreate!

    Baca juga: 12 INSPIRASI RUMAH ATAP MIRING BESERTA KARAKTERISTIKNYA