Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Model Atap Rumah Minimalis

    6 Model Atap Rumah Minimalis Terbaru untuk Hunian Anda

    Menyiapkan model atap rumah minimalis tidak boleh sembarangan, apalagi pada bentuk dan material gentengnya. Biasanya, material yang sering digunakan untuk atap hunian modern adalah genteng beton. Alasannya, genteng beton dianggap memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Namun, model atap rumah minimalis sederhana lainnya juga kerap menggunakan genteng tanah liat sebagai material utamanya.

    Di samping itu, ada juga beragam jenis bentuk atau model atap rumah minimalis lain yang bisa diterapkan pada hunian. Anda bisa memilih model atap pelana,  perisai, sandar, hingga  datar yang sesuai dengan konsep hunian. Lalu bagaimana jenis material, bentuk, hingga contoh pemakaian berbagai model atap tersebut pada suatu hunian? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

    Aneka Model Atap Rumah Minimalis

    Atap pelana dan perisai sangat umum digunakan pada bangunan di Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa ada juga jenis roof lain seperti atap sandar dan datar? Yuk kita lihat beberapa model atap hunian minimalis berikut!

    Atap pelana

    Tipe atap yang juga disebut dengan gable roof ini memiliki dua sisi miring dan satu bagian lain berbentuk segitiga. Pemasangan atap pelana relatif cepat sehingga biaya yang dibutuhkan juga lebih murah. Tipe pelana cocok digunakan bagi Anda yang ingin menggunakan model atap rumah minimalis sederhana.

    Sumber : unsplash.com/@cezarsampaio

    Atap perisai

    Jika Anda menemui atap dengan sisi berbentuk trapesium dan segitiga, itu merupakan ciri khas dari atap perisai atau hip roof. Pemakaian atap perisai akan sangat mempengaruhi eksterior hunian. Bila tertarik menggunakan atap perisai, Anda perlu memperhatikan pemilihan warna yang akan dipakai pada bagian atap.

    Atap datar

    Flat roof sangat cocok diterapkan pada model atap rumah minimalis modern. Bentuk datarnya yang rata memanjang tanpa pertemuan sisi bisa memberi sentuhan modern yang elegan. Ditemukan sekitar periode tahun 1945 hingga 1970, kini atap datar kembali menjadi tren yang diterapkan pada hunian minimalis.

    Sumber : beautifullife.com

    Atap sandar

    Jenis genteng yang juga dikenal dengan shed roof adalah model atap rumah minimalis modern yang berbentuk miring pada salah satu bidangnya. Sesuai namanya, sisi atap yang miring ini menempel atau bersandar pada tembok vertikal. 

    Sumber : decoholic.org

    Baca juga: 12 INSPIRASI RUMAH ATAP MIRING BESERTA KARAKTERISTIKNYA

    6 Model Atap Rumah Minimalis

    Setelah mengetahui material genteng dan jenis roof di atas, berikut beberapa inspirasi berbagai model atap rumah minimalis untuk hunian modern, sederhana, dan 2 lantai yang bisa jadi referensi Anda selanjutnya.

    Modern dengan shed roof

    Rumah mewah 1 lantai ini memakai model atap sandar atau shed roof. Di samping tampilan arsitekturnya yang atraktif, bentuk atap sandar seperti ini juga bisa memberi jalan aliran air yang hanya ke satu sisi. Sentuhan gaya kontemporernya yang kental juga tampak semakin lengkap dengan perpaduan kayu alami dan brick veneer pada fasad rumah.

    Sumber: houseplans.com

    Flat roof untuk sentuhan elegan

    Desain atap datar yang sering disebut low slope roof pada hunian berikut memberi sentuhan super modern, bukan? Agar tampilan semakin cantik, coba gunakan material kaca pada bagian depan rumah. Pemakaian kaca seperti ini akan memungkinkan Anda untuk memperoleh penerangan alami sekaligus mengurangi penggunaan lampu di siang hari sehingga akan lebih hemat energi.

    Sumber: behance.net/vlado3d

    Atap datar pada satu sisi hunian

    Model atap rumah minimalis modern berbentuk flat roof pun bisa diterapkan pada salah satu sisi hunian untuk memberi sentuhan elegan yang kuat. Hunian berikut memakai atap datar berukuran rendah untuk sisi teras. Padukan kayu dengan furniture serba putih juga digunakan untuk meningkatkan tampilan eksterior hunian yang semakin minimalis.

    Sumber : archdaily.com

    Dutch gable roof untuk model atap rumah minimalis sederhana

    Atap pelana bergaya Belanda bisa Anda terapkan pada hunian minimalis sederhana seperti gambar berikut. Selanjutnya, tambahkan penerangan berupa lampu-lampu kuning untuk memberi kesan homey yang hangat. Warna gelap pada atap yang dipadukan dengan dominasi eksterior putih bisa mengubah tampilan rumah sederhana menjadi lebih berkelas.

    Sumber: houseplans.com

    Gable roof untuk model atap rumah minimalis 2 lantai

    Jika mempunyai rencana untuk menggunakan atap pelana pada hunian, Anda bisa mencontek inspirasi berikut. Agar desain eksterior hunian tidak terlalu kaku, coba tanam berbagai macam tumbuhan dan bunga di halaman rumah. Dijamin, rumah Anda pun semakin terasa teduh dan asri berkat nuansa alami tumbuh-tumbuhan di sekitarnya.

    Sumber: behance.net/vlado3d

    Model atap rumah minimalis 2 lantai yang modern

    Gambar rumah kayu modern mewah berikut didominasi oleh warna hitam gelap di hampir seluruh bagiannya. Apalagi desain berikut menggunakan model atap rumah minimalis 2 lantai yang tampak elegan dan megah secara bersamaan. 

    Salah satu material untuk mewujudkan atap jenis ini adalah beton cor yang diaplikasikan dalam bentuk roof datar. Selain memberi sentuhan modern, atap beton cor mempunyai beberapa kelebihan, seperti multifungsi, dapat menghalau panas, dan awet dalam waktu yang lama.

    Sumber: behance.net/vlado3d

    Bahan untuk Model Atap Rumah Minimalis Modern

    Selain genteng tanah liat, sebenarnya ada beberapa material lain yang bisa digunakan untuk membangun atap, seperti beton, baja ringan, dan polikarbonat. Masing-masing jenis atap mempunyai kelebihan tersendiri. Yuk intip informasinya di bawah ini. 

    Beton cor

    Model atap rumah minimalis 2 lantai sering menggunakan tipe atap beton cor karena dapat menghasilkan tampilan desain yang kokoh. Bentuk atap yang digunakan umumnya adalah jenis datar atau flat roof. Di samping itu, atap beton cor juga bersifat awet serta tahan di berbagai kondisi cuaca.

    Genteng beton

    Jika Anda sedang merencanakan untuk memiliki hunian kekinian simple, genteng beton bisa jadi salah satu model atap rumah minimalis modern yang patut dipertimbangkan. Atap yang terbuat dari beton ini dicetak mirip dengan jenis genteng tanah liat. Di samping daya tahannya yang terkenal awet, model atap rumah minimalis 2 lantai dari genteng beton juga dianggap mampu memberikan tampilan kuat dan modern pada hunian.

    Galvalum

    Selain terkenal akan bentuknya yang seperti lembaran lurus, atap baja ringan atau yang dikenal dengan galvalum juga ada yang hadir dengan model lengkung. Inilah alasan mengapa galvalum lebih fleksibel dan disukai arsitek. Selain kuat dan ringan untuk rangka, atap galvalum juga tampak indah dipandang. Murahnya harga pemasangan serta panjang atap galvalum yang bisa dipesan sesuai kebutuhan juga jadi faktor lain yang membuatnya disukai banyak kalangan..

    Polikarbonat

    Bila ingin menciptakan rumah beratap transparan yang terang, material polikarbonat bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Atap polikarbonat banyak digunakan karena mampu memberikan tampilan estetik dan jernih ala kaca sehingga dapat menghantarkan banyak cahaya terang di siang hari. 

    Tak hanya tahan lama, keunggulan lain dari atap polikarbonat adalah sifatnya yang mudah dipasang serta gampang dibersihkan. Cukup semprotkan air sabun lalu lap dengan kain untuk menjaga permukaan atap polikarbonat tampak kinclong.

    Itulah serba serbi model atap rumah minimalis yang bisa Anda terapkan pada hunian impian. Jadi, model atap seperti apa yang akan Anda gunakan? Apapun desain atap yang akan dipilih, jangan lupa untuk selalu menyesuaikannya dengan konsep hunian. Selain itu, perhatikan pula daya tahan bahan ketika menentukan material genteng. 

    Selanjutnya, lengkapi juga desain interior hunian minimalis modern dengan koleksi dari iCreate. Ada berbagai jenis furniture dan aksesori berkualitas dengan harga bersaing. Kunjungi iCreate sekarang dan temukan furniture impian Anda disini!

    Baca juga: 12 MODEL PINTU RUMAH MINIMALIS MODERN TERBARU 2021