Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Model Cermin Dinding

    9 Ide Model Cermin Dinding Percantik Rumah Anda

    Tahukah Anda bahwa menggunakan cermin hiasan dinding dapat membuat ruangan sempit menjadi terlihat lebar? Yap, pantulan pada cermin dapat memberikan ruang tambahan pada ruangan Anda. Satu cermin saja dapat memberikan banyak fungsi untuk area kamar Anda. Lantas, apa sajakah model cermin dinding yang bisa dipakai sebagai dekorasi dalam rumah?

    Sebelum melihat inspirasi model cermin, perlu Anda ketahui bahwa menggunakan ukuran cermin yang pas pada ruangan dapat memberikan rasa tenang sekaligus nyaman pada penghuninya. Ukuran cermin dinding yang beragam terkadang membuat Anda harus mengaplikasikannya pada ruangan yang tepat. Tetapi Anda tak perlu khawatir, 9 model cermin dinding berikut dapat menjadi inspirasi sesuai dengan penempatannya.


    Ide Cermin dinding untuk dekorasi rumah

    Tak bisa dipungkiri cermin merupakan benda yang wajib ada di beberapa ruangan. Termasuk pada ruang tamu, kamar tidur dan kamar mandi. Setidaknya, setiap ruangan selalu memiliki model cermin tersendiri agar tidak terlihat monoton. Anda bisa mencobanya dengan ide cermin untuk dinding berikut.

    1. Cermin dinding frame ukir

    Cermin dengan frame ukir memang sekilas terlihat klasik. Namun, kesan klasiknya tentu tak membuat mata bosan. Anda pun masih bisa memajangnya pada ruangan berkonsep minimalis. Tetapi perlu diperhatikan jika memilih desain cermin ini, maka Anda harus menyesuaikan warna dengan pola ukirannya. 

    Misalkan, jika meletakkan cermin pada ruangan kecil atau kamar yang sesak dengan furnitur, bisa jadi penggunaan cermin frame ukir malah membuat ruang semakin terkesan sempit. Sehingga, penting bagi Anda untuk mengetahui kemungkinan kesan yang diberikan ketika memilih sebuah model cermin dinding.

    2. Cermin dinding minimalis

    Model cermin dinding minimalis merupakan pilihan yang tepat untuk memberikan kesan mewah dengan bentuk sederhana. Akan salah jika kebanyakan orang berpikir bahwa cermin jenis ini hanya cocok ditempatkan pada ruangan minimalis. Justru cermin ini dapat menghidupkan suasana di segala ruangan. Sebab desainnya yang tak terlalu mencolok dan sederhana.

    Perpaduan warna netral dengan frame warna emas akan menambah sentuhan kesan mewah pada cermin. Meskipun terlihat berkelas dan megah, harga model cermin dinding minimalis cukup terjangkau. Sehingga tidak akan menghabiskan budget ketika Anda ingin menghadirkannya sebagai pelengkap ruangan.

    3. Cermin model semi klasik

    Bukan pilihan yang salah ketika konsep minimalis pada hunian dipadukan dengan cermin dinding bergaya klasik. Walau terlihat biasa, konsep klasik pada cermin dapat menampilkan kesan hangat dan tidak monoton pada ruangan. 

    Namun, jika ruangan Anda telah menerapkan konsep klasik, maka cermin model ini tidak disarankan untuk digunakan. Mengapa demikian? Karena dengan adanya dua konsep yang sama pada ruangan dan model cermin dinding, justru akan menciptakan kesan membosankan dan kaku. 

    Itulah sebabnya perhatikan terlebih dulu desain ruangan Anda sebelum memutuskan menggunakan cermin jenis ini sebagai pelengkap dekorasi dinding.

    4. Cermin pada bagian sudut sebagai sekat

    Cermin pada bagian sudut sebagai sekat dapat berguna pada hunian yang tidak terlalu sempit. Model cermin dinding satu ini dapat memberikan kesan tempat tinggal yang praktis dan lebih efisien. Jika ingin membuatnya menjadi lebih praktis, sebaiknya gunakan cermin dengan satu sisi saja, dan tak perlu menggunakan cermin pada segala sisi hingga membentuk ruangan.

    5. Cermin bentuk stunning dengan tusuk sate

    Ingin berkreasi dengan tusuk sate? Coba ide cermin bentuk stunning memakai frame yang terbuat dari tusuk sate. Cara membuatnya juga mudah, cukup siapkan cermin bulat, tusuk sate dan lem perekat. Selanjutnya, rekatkan tusuk sate pada sisi cermin dan Anda bisa menambahkan sentuhan lain untuk mempercantik. 

    Selain untuk bercermin, model cermin ini pun dapat dijadikan hiasan agar ruangan Anda makin indah. Dengan berbekal satu buah cermin dan tusuk sate saja, ruangan seketika menjadi lebih elegan dan instagramable untuk menjadi tempat mirror selfie.

    6. Cermin untuk dinding model vintage

    Furnitur vintage sampai sekarang masih tetap populer di kalangan pemilik hunian minimalis. Salah satu jenis furnitur yang banyak dicari adalah cermin vintage dengan ukuran lebih kecil atau malah lebih besar dibandingkan cermin biasa. 

    Desainnya pun hampir mirip dengan cermin frame ukir, hanya saja ditambah dengan bentuk cerminnya yang nyentrik. Tak hanya dengan frame ukir, ada pula cermin vintage yang framenya dililit menggunakan tali. 

    Frame yang unik dan beragam ini membuat model cermin dinding vintage cocok ditempatkan di ruangan manapun.

    7. Model Cermin heksagon

    Jika biasanya cermin dinding berbentuk bulat atau oval, coba sesuatu yang unik dengan ide cermin heksagon. Ciri khas dari cermin ini adalah ukurannya yang kecil dan memiliki bentuk persegi enam.

    Model cermin dinding yang unik membuatnya tak hanya fungsional namun juga, dekoratif. Konsep terbaik untuk menempatkan cermin heksagon adalah pada ruangan bernuansa minimalis dan tidak terdapat banyak furnitur. Namun, karena ukuran cermin dinding heksagon lebih kecil, Anda harus membelinya dalam jumlah banyak atau satu paket. 

    8. Cermin untuk dinding panjang kontemporer

    Kontemporer identik dengan masa kini, begitu pula dengan jenis cermin ini. Ukuran cermin kontemporer besar dan panjang dengan sudut horizontal dan vertikal yang menjadi ciri khasnya. Umumnya cermin ini juga sering diletakkan pada kamar mandi karena bentuk panjangnya cukup untuk bercermin lebih dari satu orang. 

    Kesan kontemporernya ada pada frame sederhana dengan berpola garis asimetris. Walau terlihat sederhana, tetapi nuansa yang dihasilkan terasa alami. Untuk harganya sendiri, semakin besar ukurannya makan harga cermin dinding ini pun lebih tinggi.

    9. Cermin persegi panjang minimalis

    Jika sudah menemukan cermin panjang futuristik, kali ini cermin minimalis juga memiliki jenis cermin panjang dan sederhana. Tanpa memberi kesan berlebihan, model cermin minimalis persegi panjang bisa Anda letakkan di area ruangan manapun. 

    Selain itu, ukuran cermin dinding ini juga bervariasi. Dengan bentuknya yang panjang, maka akan memudahkan Anda untuk leluasa bercermin dari pangkal rambut hingga ujung kaki. 

    Tidak hanya itu,framenya yang tipis pada model cermin dinding ini juga tidak akan mengalahkan perhatian sehingga lebih fokus pada apa yang ada dalam cermin.

    Baca Juga: Hiasan Dinding Ruang Tamu dan Tips Tepat Memilih Hiasan

    Menghadirkan cermin sebagai pelengkap dekorasi dinding menjadi pilihan terbaik untuk dekorasi rumah Anda. Apalagi ketika Anda memiliki hunian minimalis, tentunya akan membuat ruangan terkesan lebih luas. Tapi jangan lupa sebelum memilih model cermin dinding sebagai pelengkap dekorasi sesuaikan juga dengan tema rumah Anda.