Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Model Jendela Rumah Klasik

    12 Model Jendela Rumah Klasik Minimalis Keren Terpopuler 2021

    Meski banyak bermunculan desain modern yang terlihat lebih kekinian, nyatanya model jendela rumah klasik masih banyak digemari oleh beberapa orang lho! Pasalnya selain nuansa berkelas, detail konsepnya yang terlihat begitu khas juga tampak timeless sehingga masih akan tetap menarik bahkan hingga beberapa tahun ke depan.

    Jadi, Anda pun tak perlu takut ketinggalan zaman ya dengan menghadirkan jendela klasik di rumah. Asalkan desain yang dipilih sudah sesuai, dijamin tampilan hunian akan semakin elegan. Untuk itu, agar tidak salah pilih, yuk cek beberapa inspirasinya berikut!

    12 Model Jendela Rumah Klasik

    Tak hanya sebagai ventilasi udara, kehadiran model jendela rumah klasik juga dapat meningkatkan estetika hunian, lho. Untuk itu, Anda perlu memilih desain yang tepat seperti contoh model jendela rumah klasik di bawah ini!

    Model double hung yang efisien

    model jendela rumah klasik

    Sumber: marvin.com

    Konsep sederhana namun praktis pada model jendela rumah klasik Eropa modern tipe double hung bertujuan untuk menghadirkan suasana rumah yang sejuk. Berkat kegunaan efisiennya, udara dapat masuk ke dalam ruangan ruangan. Sehingga, Anda bisa menghemat penggunaan AC setiap saat.

    Desain double hung sendiri memiliki ciri khas berupa engselnya yang bisa dibuka secara vertikal dari dua sisi, bagian bawah maupun atas . Di samping itu, model jendela rumah klasik Eropa ini juga tersedia dalam berbagai material, ukuran, warna, serta gaya.

    Tampak estetik dengan tipe awning window 

    model jendela rumah klasik

    Sumber: domain.com.au

    Tak hanya memaksimalkan fungsinya sebagai ventilasi udara, model awning window juga tidak membiarkan air hujan masuk. Sehingga, tipe ini cocok diterapkan pada daerah beriklim basah atau lembab karena dibangun dengan konstruksi khusus yang membuatnya tahan cuaca.

    Selain itu, model jendela rumah klasik minimalis ini pun memiliki kelebihan lain yaitu dapat diterapkan dimana saja seperti dapur dan kamar mandi. Ditambah lagi, Anda juga bisa memasangnya pada ruang sempit di kamar, garasi, atau kabin untuk memperlancar sirkulasi udara secara alami.

    Model minimalis pada jendela transom

    model jendela rumah klasik

    Sumber: pinterest.com

    Tipe transom biasanya dipasang di atas jendela besar maupun pintu bangunan dengan rangka kayu pada bagian tengahnya. Model jendela rumah klasik Eropa ini sering dijumpai pada hunian modern di luar negeri.

    Jenis jendela transom umumnya dimaksudkan untuk meningkatkan estetika serta menciptakan titik fokus pada pintu masuk. Biasanya, bentuknya berupa setengah lingkaran, tetapi bisa juga persegi panjang. 

    Konsep tertutup dengan frosted window

    model jendela rumah klasik

    Sumber: idealhome.co.uk

    Gaya frosted window bisa jadi pilihan tepat jika Anda menginginkan privasi hunian lebih terjaga. Sebab, material kaca transparan semi buram yang digunakan dapat membuat keadaan dalam rumah tidak terlihat dari luar. Alhasil, Anda pun bisa memasangnya di dinding kamar mandi, ruang ganti baju, dan sebagainya.

    Menghadirkan suasana kafe dengan bi-fold windows

    model jendela rumah klasik

    Sumber: windowsgeelong.com.au

    Gaya bifold adalah alternatif yang bagus untuk diterapkan di dapur. Jendela ini biasa disebut sebagai servery window yang sering ditemukan di bistro, kafe, serta restoran. 

    Seperti namanya, model jendela rumah klasik modern bifold bekerja dengan cara digeser, dilipat, maupun disusun kembali ke satu sisi dinding. Sehingga, jika menerapkannya di dapur, maka Anda dapat merasakan suasana kafe di dalam rumah.

    Casement window yang semakin populer

    model jendela rumah klasik

    Sumber: marvin.com

    Dikarenakan kepraktisannya, model casement window semakin populer beberapa tahun terakhir. Jendela ini mudah dibersihkan, memberikan ventilasi alami yang sangat baik, serta dapat disesuaikan dengan segala macam gaya hunian.

    Tak hanya itu, model jendela rumah klasik modern ini ideal untuk hunian yang berada di daerah beriklim tropis. Sebab, desainnya bisa dimiringkan untuk mengarahkan angin alami ke dalam bangunan. Ditambah lagi, cara perawatan dan pengoperasiannya pun mudah, menjadikan tipe jendela ini semakin digemari.

    Baca juga: 12 INSPIRASI DESAIN JENDELA UNTUK HUNIAN MINIMALIS ANDA

    Gaya stationary window anti mainstream

    model jendela rumah klasik

    Sumber: lushome.com

    Jangan salah, jendela juga bisa didesain seperti stationary atau rak, lho. Model ini sering ditemukan pada desain rumah minimalis. Sama seperti fixed window yang tidak bisa dibuka, jendela stationary biasanya hanya difungsikan sebagai dekorasi eksterior hunian.

    Dengan tambahan rak menempel di dinding, Anda bisa meletakkan berbagai perabot estetik yang disusun secara rapi. Kini, tampilan hunian tampak menawan serta anti mainstream karena berbeda dari model jendela rumah klasik lainnya.

    Tampilan luas pada picture window

    model jendela rumah klasik

    Sumber: internationaldesignforum.com

    Salah satu kelebihan dari picture window yaitu memiliki bingkai yang besar. Rancangannya pun disesuaikan dengan garis jendela yang menyertainya untuk menghadirkan tampilan lebih luas dan kontemporer pada hunian. 

    Di samping itu, model jendela rumah klasik modern ini membiarkan banyak cahaya alami masuk sehingga membuat ruangan tampak lebih cerah dan menarik. Apalagi, picture window juga dapat meningkatkan daya tarik estetika suatu hunian, terutama jika dikombinasikan dengan gaya lain.

    Nuansa cottage pada jendela berbentuk lingkaran

    model jendela rumah klasik

    Sumber: dezeen.com

    Gaya unik pada model jendela rumah klasik berbentuk lingkaran bisa menjadi inspirasi bagus bagi hunian Anda. Apalagi, tipe ini tersedia dalam beberapa warna dan gaya seperti adanya pola di bagian tengah. Jika menghendaki tampilan klasik dan elegan, pilih warna putih dengan bingkai kayu seperti gambar di atas. 

    Tampilan segar dengan sliding window 

    model jendela rumah klasik

    Sumber: socobois.fr

    Segarkan dan percantik tampilan eksterior rumah Anda dengan memasang sliding window. Sesuai dengan namanya, jendela ini meluncur secara horizontal dari satu sisi dan membawa cahaya alami serta udara segar ke dalam bangunan. 

    Model jendela rumah klasik dari sliding window sangat populer di hunian bergaya kontemporer, ruang sempit, ataupun bangunan yang membutuhkan tambahan ventilasi. Tak hanya cantik, ruangan juga menjadi semakin sejuk karena angin alami.

    Praktis dan tetap menawan dengan wood shutter blind window

    model jendela rumah klasik

    Sumber: essexwindowshutters.co.uk

    Dalam hal mendesain rumah, menerapkan wood shutter blind window adalah cara yang bagus untuk melengkapi dekorasi eksterior hunian. Model jendela rumah klasik Eropa ini memiliki ciri khas pada bingkai strukturalnya yang biasanya berbahan kayu. 

    Melalui gaya jendela shutter blind, Anda dapat menyesuaikan cahaya yang masuk dengan membuka atau menutup tirai sepenuhnya serta memiringkan bilah untuk memantulkan cahaya keluar maupun menariknya ke dalam. 

    Gaya klasik modern lane farmhouse window

    model jendela rumah klasik

    Sumber: lizmarieblog.com

    Entah disebut klasik, vintage, rustic, atau tradisional, gaya farmhouse merupakan konsep hunian bersejarah yang berasal dari Amerika. Desain ini meniru tampilan dan nuansa masa lalu. Ditandai dengan kehadiran elemen kontemporer seperti bingkai kayu berwarna hangat, model jendela rumah lane farmhouse merupakan pilihan bagus untuk meningkatkan nilai estetika pada hunian Anda.

    Wah, sudah terbayang bukan betapa berkelasnya hunian Anda dengan aneka model jendela rumah klasik Eropa di atas? Bahkan di samping mempercantik tampilan bangunan, menghadirkan aliran udara penuh gaya pun bisa jadi salah satu alternatif tambahan akses cahaya di siang hari, sehingga lebih hemat energi.

    Sebenarnya, ada banyak taktik cerdas untuk memaksimalkan setiap sudut di rumah lho! Bukan hanya sekedar nilai estetika semata, menambahkan aneka fitur pintar juga akan membuat hunian Anda semakin nyaman dan bikin betah. Maka dari itu, jangan lewatkan postingan tips & trik terbaru di laman blog iCreate setiap harinya ya!

    Baca juga: 9 MODEL JENDELA RUMAH MINIMALIS MODERN POPULER TERBARU 2021