Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Model Kanopi Baja Ringan

    11 Model Kanopi Baja Ringan Terbaru 2021 yang Elegan

    Apa jadinya jika rumah bergarasi tanpa adanya kanopi? Fungsi utama kanopi sendiri adalah untuk melindungi halaman rumah, teras atau garasi mobil dan bagian luar rumah lain dari terik matahari secara langsung. Dari sekian jenis yang ada, model kanopi baja ringan menjadi pilihan paling banyak dipilih.

    Di samping itu, model kanopi baja ringan juga memiliki berbagai pilihan mulai dari desain standar, minimalis sampai mewah. Desain kanopi tentu akan disesuaikan dengan ukuran rumah dan kebutuhan dari pemilik rumah itu sendiri. Tertarik menggunakan kanopi baja ringan di rumah? Simak artikel berikut ini!

    Desain Kanopi Baja Ringan

    Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung mobil ketika di luar rumah, kanopi baja juga akan membuat hunian Anda tampil lebih mewah dan menarik. Berikut 11 desain kanopi baja ringan yang cocok dijadikan penutup teras rumah Anda.

    1. Kanopi dengan Atap Kayu

    Sumber: facebook.com

    Di kafe-kafe atau restoran, menggunakan kanopi perpaduan atap kayu menjadi hal yang biasa. Pastinya selain menambah estetika, kesan minimalis dan sederhananya seakan muncul dari material kayu itu sendiri. 

    Bukan hanya di kafe, kini Anda pun dapat menjadikan desain kanopi ini pada hunian minimalis. Meski memakai perpaduan material kayu, tetapi unsur kokoh masih didapatkan pada tiang bajanya. Anda pun perlu mempertimbangkan jenis dan berat kayu sebelum memasangnya.

    2. Kanopi Baja Ringan Spandek Transparan

    sumber:kanopi-baja-ringan.com

    Di masa sekarang, kebanyakan orang tertarik dengan hal sederhana namun memiliki sentuhan elegan, misalkan saja pada model kanopi baja ringan spandek transparan. Model kanopi ini menggunakan material yang kokoh serta cocok diletakkan pada rumah gaya modern minimalis.

    Jika dilihat sekilas, tampilan kanopi terkesan natural dengan spandeknya yang dapat memancarkan sinar matahari secara tidak langsung. Namun, desain kanopi satu ini terkadang dapat membuat udara terasa panas. 

    3. Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

    Sumber: kanalmu.com

    Model kanopi baja ringan tanpa tiang merupakan tren yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Desain ini lebih sederhana serta tidak memakan banyak pengeluaran karena materialnya tak sebanyak model kanopi lain. 

    Dilihat dari bentuknya, model kanopi baja ringan minimalis satu ini terbilang modern dan tidak berlebihan. Mulai dari segi penataannya yang cocok pada konsep rumah minimalis hingga rangka atap kanopi yang kokoh. 

    Selain itu, terdapat satu keunggulan lain dari desain kanopi ini yaitu hemat tempat sebab tidak memakai tiang sehingga bisa diletakan pada ruangan sempit.

    4. Kanopi Tiang 'A'

    Sumber: infoturia.com

    Menyerupai model kanopi baja ringan tiang 'V', yang satu ini hanya menambahkan satu tiang horizontal kecil di bagian tengah sehingga membentuk huruf A. 

    Selain itu, jenis kanopi ini dinilai dapat mempercantik tampilan rumah sebab desainnya yang artistik namun tidak berlebihan. Karena kental dengan unsur minimalisnya, model kanopi baja ini dapat memberikan sentuhan  seimbang antara kesan modern dan elegan.

    5. Kanopi Baja Ringan untuk Taman Belakang Rumah

    traveletc.id

    Kanopi melengkung cocok dipakai untuk area halaman belakang rumah. Model kanopi melengkung ini bentuknya mirip seperti tenda milik militer.

    Selain memiliki desain yang unik, jenis kanopi ini termasuk kanopi yang memiliki ukuran besar. Sehingga dalam jenis cuaca apapun, baik panas maupun hujan, model kanopi baja ringan minimalis ini dapat tetap melindungi penghuni rumah dan benda di bawahnya.

    Baca juga: PONDASI CAKAR AYAM - PANDUAN UKURAN, KELEBIHAN, KEKURANGAN

    6. Kanopi Tiang 'V'

    Sumber: justdial.com

    Inovasi kanopi menarik lain yang juga menjadi primadona di kalangan pecinta rumah minimalis adalah model kanopi baja tiang 'V'. Desain kanopi ini tidak memakan banyak tempat dan cocok digunakan pada segala jenis ukuran rumah. 

    Perbedaan tiang V dengan tiang biasa adalah pada jumlah besi tiang yang digunakan dan daya tahan yang lebih besar. Jika sebelumnya tinggi tiang biasa sejajar dengan bagian atap kanopi, pada tiang V panjang tiang dibuat lebih panjang dan membentuk segitiga lancip. Bagian segitiga inilah yang menjadi dasar kenapa kanopi baja ringan ini bernama kanopi tiang V.  

    7. Kanopi berbentuk Tiga Tiang

    Sumber: facebook.com

    Jika memakai kanopi dua tiang saja masih belum cukup untuk mempertahankan kekokohannya, desain kanopi minimalis ini akan menjamin kepuasan penghuninya dengan tiga tiang yang menjulang. 

    Memiliki rumah minimalis modern memang menyenangkan, tetapi bukan berarti Anda tidak memperhatikan bagaimana kanopi bekerja. Seperti model kanopi baja ringan dengan tiga tiang, kanopi ini lebih terlihat kokoh dan menjamin terciptanya tampilan rumah menarik dan modern.

    8. Kanopi Samping

    Sumber: i.pinimg.com

    Bagi Anda yang mempunyai carport atau garasi dan ingin meletakkan kanopi, maka solusi tepat dengan memiliki kanopi khusus area samping. Sebenarnya tidak ada perbedaan besar kanopi khusus area samping dengan model kanopi baja ringan lain, hanya saja jika kanopi untuk area samping memiliki desain lebih santai dan tertutup. 

    Agar tampak lebih cantik, Anda dapat mengganti atap kanopi dengan kaca atau menggunakan model kanopi baja ringan tanpa tiang. Namun, memakai kaca dan tidak ada tiang pada kanopi tak terlalu direkomendasikan ada area carport yang memang diperuntukan untuk tempat parkir.

    9. Kanopi Baja Ringan Lengkung

    Sumber: simomot.com

    Model kanopi tenda lengkung tak hanya cocok ditempatkan pada halaman belakang, bahkan jenis kanopi ini biasanya dipakai di jalan raya sebagai area pejalan kaki. 

    Tetapi dengan kreativitas, Anda dapat mengadopsi model kanopi melengkung pada halaman depan rumah minimalis, baik menggunakan ukuran kecil ataupun sedang tergantung seberapa besar area Anda menaruhnya. 

    Sama dengan desain sebelumnya, kanopi melengkung ini biasanya dipakai untuk area bersantai keluarga. Tetapi kebanyakan orang akan menggunakannya sebagai parkiran mobil karena modelnya yang luas dan besar.

    10. Kanopi Laser Cut

    Sumber: patiocoverkits.com

    Salah satu keunggulan material baja ringan adalah sifatnya yang mudah dibentuk, misalkan saja pada kanopi model laser cut. Laser cut sendiri yaitu teknik pemotongan besi atau baja yang kerap digunakan para pengrajin untuk membuat ukiran. 

    Terlihat dari desain kanopi ini, kesan indah terasa pada setiap ukurannya sehingga dua kali lipat menghadirkan kenyamanan. Meski begitu, model kanopi baja ringan ini tidak direkomendasikan untuk digunakan pada garasi atau halaman depan rumah dan area bersantai di belakang rumah. Hal tersebut dikarenakan ukirannya memberi celah sinar matahari atau ketika hujan membasahi dasar lantai.

    11. Kanopi Jendela

    Sumber: kurio.id

    Ukuran model kanopi baja ringan satu ini tidak sebesar jenis lain karena ditujukan menutup bagian atas jendela rumah saja. Sayangnya tak banyak kreasi yang bisa Anda terapkan pada kanopi jendela, terlebih lagi pada bentuk bagian rangka. 

    Namun agar tetap terlihat menarik, beberapa orang mewarnai rangka dengan cat yang selaras dengan warna dinding atau jendela itu sendiri. 

    Kanopi bukan hanya melindungi mobil ketika di luar rumah, tetapi ada pun fungsi menguntungkan lain seperti memperindah bangunan, sebagai area tambahan atau untuk properti fotografi. Tidak masalah seberapa besar atau kecil ukurannya, kanopi tetap berfungsi sebagai pelindung barang. Sehingga Anda akan mendapat kenyamanan dari kanopi yang praktis serta efisien.

    Baca juga: 8 IDE DESAIN PAGAR RUMAH MINIMALIS UNTUK HUNIAN ANDA