Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Model Plafon

    Ragam Jenis dan 10 Inspirasi Model Plafon yang Menarik

    Sebagai salah satu struktur integral desain interior yang selalu dilihat orang saat masuk ke suatu ruang, pemilihan model plafon rumah menjadi elemen penting saat proses pembangunan. Mulai dari jenis yang sederhana, kombinasi hingga unik dan dekoratif. Yuk, intip beberapa jenis dan inspirasi model plafon rumah minimalis terbaru!

    Jenis Model Plafon Rumah

    Meski sekilas terlihat sama, nyatanya ada banyak jenis model plafon rumah berbeda yang umum dipakai dalam pembangunan. Penasaran? Berikut 8 tipe plafon yang paling sering digunakan

    1. Plafon balok

    Sesuai namanya, model plafon terbaru satu ini adalah tipe langit-langit rumah yang akan menampilkan jajaran lintangan balok dalam ruang. Umumnya, plafon balok banyak digunakan pada hunian modern kontemporer dengan sentuhan rustic. Tidak harus dengan balok asli yang berat, Anda juga bisa memanfaatkan tiruannya untuk meningkatkan nilai estetika hunian.

    2. Plafon baki

    Tipe baki atau yang juga bisa disebut dengan tray ceiling adalah bentuk plafon dengan bagian tengah dibuat terangkat. Sehingga bila diaplikasikan, tampak ilusi plafon tersembunyi di bagian atasnya. Bagian plafon baki yang terangkat bisa dibuat dengan bentuk segi empat ataupun segi banyak sesuai dengan konsep ruangannya.

    Bagi Anda yang tertarik, cobalah beberapa dekorasi untuk mempercantik permukaan plafon. Di antaranya adalah dengan memasang lampu hias dan mengecatnya sehingga terlihat lebih menarik. Kedua tips tersebut bisa membuat plafon lebih tegas, menonjol dan tampak bercahaya.

    3. Plafon datar transparan

    Tipe datar transparan merupakan salah satu model plafon terbaru yang banyak digunakan pada hunian bergaya semi terbuka. Disebut transparan sebab plafon ini dibuat dengan susunan kaca sehingga bisa memaksimalkan cahaya matahari yang masuk. Selain unggul dari aspek pencahayaan, Anda juga bisa memperoleh kesan modern dan stylish saat mengaplikasikannya.

    4. Plafon kubah

    Biasanya, plafon kubah banyak digunakan pada ruangan luas yang mempunyai langit-langit atap tinggi. Bentuknya yang menonjol ke atas membuatnya cocok diaplikasikan di sudut terpenting dalam rumah. Memanfaatkan plafon bergaya kubah akan membuat hunian Anda terlihat megah dan berkelas di waktu bersamaan.

    5. Plafon gantung

    Plafon gantung atau biasa disebut sebagai plafon drop adalah plafon datar konvensional yang merupakan tipe langit-langit rumah paling umum dan sering digunakan di Indonesia. Biasanya, plafon drop dibuat dengan tujuan untuk menyembunyikan kabel lampu dan alat-alat mekanik yang berantakan.

    Plafon gantung dibuat sesuai dengan pelat lantai atau struktur atap yang ada. Model plafon rumah tipe datar konvensional biasa dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin menghadirkan hunian bernuansa modern minimalis.

    6. Plafon grid

    Unik, itulah satu kata yang bisa mendeskripsikan langit-langit rumah tipe grid. Pasalnya, plafon grid dibentuk dengan pola kotak yang menyerupai wafer. Plafon ‘wafer’ ini biasa diaplikasikan pada hunian dengan nuansa klasik sehingga terlihat mewah dan berkelas. Sebaiknya, manfaatkan lampu gantung di bagian tengah untuk kesan klasik yang lebih kental.

    7. Plafon miring

    Bagi Anda yang ingin menciptakan kesan tinggi, adem dan luas pada ruang, plafon bergaya miring bisa jadi pilihan terbaik. Mengapa demikian? Sebab plafon dengan sisi kemiringan yang berbeda akan membuat sudut langit-langit atap tampak naik sehingga bisa memberikan akses cahaya serta udara segar untuk masuk.

    8. Plafon busur

    Model plafon minimalis satu ini dinamakan busur tentu bukan tanpa alasan. Plafon busur dibuat dengan material bangunan yang disusun berjajar dan melengkung di sepanjang langit-langit ruangan. Selain unik, plafon busur juga mampu memberikan sentuhan dramatis sebab bentuknya yang berbeda dengan lurusnya lantai dan dinding ruang sekitarnya.

    10 Inspirasi Model Plafon Rumah Minimalis

    Setelah mengetahui jenis model plafon terbaru tentu Anda membutuhkan beberapa referensi untuk bisa mengkreasikannya lebih menarik lagi. Untuk itu, berikut 10 inspirasi model plafon rumah minimalis yang unik dan menarik

    1. Flat ceiling untuk kamar

    Permukaan plafon yang datar dan sederhana bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin menghadirkan kamar dengan detail anti rumit. Pilihan warna cat yang digunakan juga dapat disesuaikan dengan konsep kamar dan desain interior lainnya. 

    2. Model plafon minimalis transparan yang cantik

    Selain minimalis, kaca transparan yang mendukung cahaya matahari untuk masuk adalah keunggulan utama dari model plafon terbaru satu ini. Memaksimalkan pencahayaan dengan menggunakan desain plafon ini juga akan membantu Anda untuk lebih hemat energi.

    3. Langit-langit yang megah

    Bosan dengan gaya sederhana dan minimalis yang itu-itu saja? Jika iya, rupanya desain plafon satu ini bisa jadi referensi lain. Selain megah, nilai estetika dan klasik hunian juga akan meningkat seiring dengan mengaplikasikan desain plafon ini.

    4. Model plafon minimalis miring dari kayu

    Tak hanya dari gypsum, model plafon rumah minimalis juga bisa dibuat dari kayu balok yang sudah dipoles. Anda dapat mengkreasikannya menjadi bentuk miring sehingga bisa menjadi point of view yang berbeda dengan dinding dan lantai ruangan.

    5. Plafon tray klasik

    Pecinta desain klasik pasti akan sangat menyukai desain plafon tray kali ini. Bagaimana tidak? Paduan desain berkelas dengan interior yang sesuai sangat cocok diaplikasikan untuk hunian bernuansa klasik.

    6. Model plafon minimalis balok

    Move on dari gaya klasik, inspirasi plafon kali ini sangat mengusung tema minimalis yang cocok diterapkan pada hunian terutama dengan sentuhan rustic. Detail plafon yang tidak terlalu rumit juga menambah kesan cozy pada hunian.

    7. Plafon kombinasi yang unik

    Siapa bilang plafon hanya bisa dibuat dari satu material bahan saja? Ini buktinya! Gaya plafon satu ini memperlihatkan kombinasi susunan gypsum dan kayu sehingga membentuk langit-langit rumah yang menarik.

    8. Pola ‘wafer’ yang klasik

    Kembali lagi ke nuansa klasik, pola plafon ‘wafer’ bisa jadi referensi lain di luar tray ceiling. Ujung gypsum yang saling bertemu di tiap sudutnya membuat permukaan plafon terlihat antik dan tidak pasaran.

    9. Model plafon minimalis yang cozy

    Ingin menciptakan hunian rustic industrial yang cozy dan unik? Coba gaya plafon yang seperti ini. Susunan polesan kayu halus di langit-langit ruang tentu akan membuat nuansa sekitar lebih adem dan nyaman bagi penghuninya.

    10. Kreasi unik tray ceiling

    Berbeda dengan desain tray ceiling lainnya, inspirasi plafon kali ini merupakan hasil dari kreativitas pembuatnya yang dikombinasikan dengan variasi susunan gypsum. Anda juga dapat meletakkan kipas angin di bagian tengah plafon untuk fokus detail ruang.

    Jadi, mana jenis dan desain model plafon terbaru yang paling Anda sukai? Semoga artikel ini bisa jadi salah satu referensi bagi Anda yang ingin mengganti ataupun menghadirkan model plafon rumah ya!

    Baca juga: 12 Inspirasi Desain Jendela Untuk Hunian Minimalis Anda