Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Model Rak Piring Minimalis

    6 Model Rak Piring Minimalis Bikin Dapur Makin Praktis

    Setiap rumah tentu memiliki dapur dengan perabot tambahan seperti piring, gelas dan alat makan lain. Agar tetap terlihat rapi, penting menyediakan rak piring di rumah Anda. Selain menghindarkan alat dapur yang berantakan, adanya berbagai model rak piring minimalis juga mampu membuat dapur idaman Anda semakin terlihat praktis.

    Ada berbagai pilihan model rak dapur minimalis yang bisa dijadikan pelengkap rumah Anda. Mulai dari ukuran sedang, berbahan kayu maupun jenis-jenis lainnya. Hingga sekarang pun model rak minimalis selalu mementingkan kesederhanaan dan multifungsi, maka Anda pun tak harus mengeluarkan banyak tenaga dalam memilihnya. Berikut inspirasi model rak piring minimalis yang bisa Anda jadikan referensi.

    1. Rak piring bahan kayu

    Rak piring berbahan kayu memang jarang diaplikasikan pada kebanyakan hunian. Namun, Anda tentu bebas memilih jenis rak ini sesuai budget, semakin mahal budget yang dikeluarkan maka semakin terjamin kualitasnya. Rak piring kayu umumnya dibuat dengan sistem custom agar serasi dengan konsep dapur. 

    Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah wajib memilih kayu berkualitas, kuat, daya tahannya baik dan resisten terhadap air. Proses akhir memakai bahan anti rayap juga penting, agar rak kayu tak mudah hancur. Namun, biasanya rak bahan kayu cenderung kecil dan hanya muat untuk meletakkan beberapa piring saja. Tetapi dengan ruang yang ada, Anda pun dapat menginisiatifkannya dengan rak jenis lain.

    2. Rak piring dengan pintu

    Jika Anda adalah orang yang gemar menyimpan barang pada ruangan tertutup, maka berikut rekomendasi model rak piring minimalis tertutup dengan pintu. Jenis rak dapur ini sudah umum berada di berbagai tempat tinggal. Bahannya pun bervariasi, ada yang terbuat dari kaca, aluminium dan plastik. Model rak piring minimalis tertutup ini berukuran besar, jadi lebih cocok dipasangkan pada dapur yang luas. 

    Terlebih, ketika menggunakan jenis rak ini, peralatan dapur Anda akan lebih tertata dan semakin terhindar dari debu maupun kerusakan. Karena ukurannya besar maka banyak sekat yang menjadi tumpuan, jadi lebih banyak menyimpan alat dapur dibandingkan jenis rak lain.

    3. Model rak piring minimalis gantung

    Ketika luas dapur masih tak memadai untuk meletakkan rak piring dengan pintu, Anda pun dapat menggantinya dengan model rak piring minimalis gantung. Adanya rak ini akan membuat dapur semakin luas yang nantinya bisa dimanfaatkan meletakkan barang lain. 

    Model rak piring ini biasanya terbuat dari partikel bercampur bahan kayu. Anda pun dapat menggantungnya di atas tempat mencuci piring, agar semakin mudah ketika ingin merapikan piring. Tidak perlu khawatirkan sekat, rak gantung ini mampu menampung banyak piring, gelas, sendok dan beberapa alat dapur lain.

    4. Rak piring dari plastik

    Mayoritas orang akan memilih perabotan berbahan plastik karena harganya lebih terjangkau juga praktis, seperti halnya rak piring dari plastik. Rak jenis ini cocok untuk Anda yang sering memindahkan barang maupun sekadar menaruh beberapa piring. Jika menggunakan rak piring ini, maka yang mesti Anda perhatikan adalah muatan alat dapurnya, misal dengan menaruh piring plastik dan beberapa piring keramik, atau gelas kaca serta mug plastik. Karena bahannya rentan membuat rak piring plastik mudah rusak dan kotor. Namun, ketika Anda bisa mengaplikasikannya dengan baik, kemungkinan risikonya pun akan semakin kecil.

    5. Rak piring kaca

    Menginginkan rak piring elegan dan tidak terlalu mencolok? Sebaiknya aplikasikan rak berbahan kaca pada dapur Anda. Termasuk dalam jenis rak piring tertutup, tak heran jika bahan yang dipakai bukan dari kaca biasa, melainkan kaca tebal khusus dan sedikit buram. Sesuai dengan kualitasnya, maka harga yang dipatok pun lebih mahal dibanding rak bahan lain. 

    Bila memilih rak piring kaca, berarti Anda sudah siap untuk lebih telaten membersihkannya. Bahan kaca membuat debu sedikit pun terlihat dan hal tersebut akan memengaruhi daya tariknya. Rak kaca yang jarang dibersihkan juga dapat menimbulkan tumbuhnya jamur, sehingga perlu diperhatikan dengan seksama kebersihannya.

    6. Model Rak piring minimalis tertutup

    Hampir sama dengan rak piring pintu, jenis rak dapur ini tertutup dan ukurannya sedikit lebih besar. Hanya saja, rak minimalis tertutup kebanyakan terbuat dari kaca serta penutupnya yang terbilang unik. Karena ukurannya pun sedang, maka tidak menampung barang sebanyak rak dengan pintu. 

    Meski begitu, bagi Anda pemilik hunian minimalis tentu mesti mencoba memasang rak ini pada dinding. Sebagai penambah daya tarik, rak minimalis tertutup dapat di multifungsikan untuk menyimpan bahan makanan atau hidangan matang. Rentang harganya pun tak berbeda jauh dengan rak pintu, jadi Anda pasti sudah dapat mempertimbangkan sebelum membelinya.

    Baca Juga: Kreasikan Rak Dinding Minimalis untuk Segala Ruang dan Tips Lengkapnya

    Rak piring punya beberapa model pilihan yang menarik dengan berbagai bahan yang unik. Anda bisa menyesuaikan dengan tema, kebutuhan maupun budget. Sekarang Anda tak usah mengkhawatirkan bagaimana rak piring yang cocok untuk area dapur. Karena sama halnya dengan makanan, jika Anda menempatkan pada sisi yang tepat maka hasilnya pun semakin menarik.