Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Model Taplak Meja Makan

    12 Model Taplak Meja Makan Terbaru Cara Perawatannya

    Taplak meja makan memang terdengar sepele dibandingkan dengan perabotan rumah lainnya. Tapi, tahukah Anda bahwa taplak mempunyai manfaat lain selain menutup meja makan? Dengan penempatan dan pemilihan warna yang pas, taplak bisa menjadi dekorasi cantik sekaligus menjaga meja makan dari noda makanan atau minuman.

    Bahkan saat ini fungsinya semakin dimaksimalkan dengan berbagai model taplak meja makan terbaru yang anti air dan tentunya tetap terlihat cantik juga minimalis. Berikut adalah variasi model taplak meja makan terbaru yang bisa digunakan sebagai referensi untuk pelengkap rumah Anda.

    12 Model Taplak Meja Makan Terbaru 

    Taplak meja makan bisa dibuat dari berbagai bahan seperti kain dan plastik. Coraknya dan desainnya juga mulai beragam, terlebih di era serba minimalis saat ini. Cek inspirasi berikut!

    1. Taplak Meja Makan Plastik

    Taplak meja makan plastik bisa menjadi pilihan Anda yang menginginkan bahan yang mudah dibersihkan sekaligus anti air. Warna dan corak yang tersedia juga cukup bervariasi, sehingga bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan.

    Selain karena kepraktisan dan fungsinya, taplak jenis ini juga terbilang lebih terjangkau daripada model lainnya. 

    2. Taplak Meja Makan Minimalis 

    Minimalis berarti melepaskan hal-hal yang tidak dibutuhkan dan memaksimalkan fungsi sebuah furniture. Dalam menjalankan konsep ini, Anda bisa memilih taplak meja makan minimalis dengan kain putih sederhana atau warna polos lainnya.

    Warna-warna hangat, kalem dan pallet lebih sering digunakan karena memberikan kesan terang juga rapi pada ruangan. Namun bila merasa takut jika taplak menjadi mudah kotor, Anda bisa menambahkan plastik bening atau menggantinya dengan warna lebih gelap seperti abu-abu.

    Selain corak polos, Anda juga bisa memilih taplak minimalis yang bercorak kotak atau garis yang sedang trend akhir-akhir ini. Corak ini akan memberikan kesan manis apabila taplak polos dirasa terlalu “kosong”. 

    3. Taplak Kain Perca

    Apabila mempunyai sisa kain perca yang tidak digunakan, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai taplak untuk meja makan di rumah. Selain menghemat pengeluaran, Anda juga menjaga lingkungan dari sampah. 

    Selain itu Anda juga bisa membuat taplak jenis ini sendiri dengan alat jahit di rumah. Kalau tidak memungkinkan, Anda bisa pergi ke penjahit terdekat.

    4. Taplak Rajut Kayu 

    Taplak rajut kayu berguna untuk menjadi tatakan piring, panci atau gelas panas yang dihidangkan di atas meja makan. Warna dan serat kayunya yang cantik, cocok untuk dipasangkan dengan desain interior apa saja. Selain untuk meja makan, taplak ini juga bisa digunakan sebagai hiasan ruang tamu Anda.

    5. Taplak Katun Sederhana

    Taplak katun untuk meja makan sudah sering digunakan karena mudah dicuci, murah, ringan dan tersedia dengan berbagai motif. Namun yang perlu diperhatikan adalah, karena bahannya yang mudah menyerap cairan, taplak ini cepat menyerap noda. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau. Jadi, tertarik untuk membelinya?

    6. Taplak Meja Makan Jaring-Jaring

    Taplak jaring juga bisa digunakan di atas meja makan selain ruang tamu. Motifnya yang cantik dan berwarna putih cenderung mudah dikombinasikan dengan warna atau desain interior yang ada di ruangan Anda. Agar makin terlihat cantik Anda bisa menambahkan hiasan tanaman hijau atau bunga di tengah meja. 

    7. Taplak Meja Bening

    Taplak meja bening memiliki keunggulan yang lebih dari model lainnya.  Modelnya yang transparan bisa digunakan alas meja makan biasa atau menutup taplak yang sudah ada dibawahnya. Selain itu, karena bahannya yang terbuat dari plastik akan memudahkan perawatan dan ramah di kantong Anda. Untuk cara perawatannya, Anda cukup membersihkannya biasa dengan tangan atau mesin cuci. 

    8. Taplak Meja Makan dengan Rumbai

    Salah satu cara untuk mengakali taplak meja yang terlalu polos adalah menggunakan rumbai. Agar tidak terlalu mencolok, pilihlah rumbai kecil dan tidak menggunakan warna yang terlalu mencolok. Hal ini dilakukan agar kesan rapi dan sederhana tidak hilang dari ruang makan Anda.

    9. Taplak Meja Vintage

    Selain minimalis, konsep vintage juga digemari karena membawa kesan nostalgia. Untuk mewujudkannya pilihlah taplak merah kotak dengan varian warna segar. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan taplak meja lama. Untuk menampilkan kesan tempo dulu, Anda juga bisa menambahkan foto kenangan atau tanaman hijau kecil di tengahnya untuk memberi kesan segar dan nostalgic. 

    10. Taplak Meja dengan Corak Abstrak dan Solid Colour

    Variasi taplak untuk meja makan yang unik lainnya adalah perpaduan motif abstrak dan solid colour. Biasanya, taplak model ini sudah terjual satu paket dengan sarung bantalnya. 

    Motif ini mulai banyak disukai karena memberikan kesan mahal, elegan dan rapi bagi ruang makan. Dalam memilih taplak ini, pilihlah warna dan corak yang cocok dengan desain interior ruangan Anda.

    11. Taplak Setengah atau Runner

    Model taplak setengah meja makan yang diletakkan di tengah menjadi incaran banyak orang saat ini. Karena tidak seperti taplak yang menutupi keseluruhan meja, model satu ini memberikan ruang bagi Anda untuk melihat bahan dari tempat makan.

    Agar tidak salah pilih, carilah taplak yang mempunyai warna senada dengan meja makan Anda. Hal ini menjadi penting agar ruang makan Anda terlihat tetap harmonis dan rapi. 

    12. Taplak Meja Anti Air

    Taplak meja anti air bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya. Dengan taplak ini Anda sudah tidak perlu bingung dengan noda atau tumpahan air. Taplak ini juga tetap cantik dengan berbagai corak dan warna, disamping fungsi dan kegunaannya. 

    Tips Merawat Taplak Meja Makan

    Noda menjadi tantangan dalam merawat taplak untuk meja makan. Mulai noda dari tumpahan sayur, sambal, hingga peralatan makan. Itulah sebabnya, agar taplak tetap awet, berikut beberapa tips sederhana yang bisa diikuti.

    1. Segera Bersihkan Noda Baru

    Tips pertama adalah jangan membiarkan noda terlalu lama di taplak Anda. Untuk membersihkannya gunakan katembat, serbet atau langsung menggantinya dengan taplak lain ketika nodanya sudah terlalu besar.

    2. Rendam dengan Air Dingin

    Apabila menemukan noda yang terlanjur mengering, segera rendam taplak dengan air dingin untuk melunturkan kotorannya. Rendam beberapa saat kemudian cucilah seperti biasa lalu cuci sampai benar-benar kering.

    3. Cuci dengan Tepat

    Khusus untuk taplak jaring atau beranda, Anda harus berhati-hati dalam mencucinya. Kalau bisa hindari mencuci dengan sikat, cukup menggunakan tangan saja. Taplak ini cenderung memiliki serat kain yang tipis dan bila disikat terlalu keras akan mudah robek.

    Baca Juga: 8 Desain Meja Lipat Minimalis Serbaguna Untuk Hunian Anda

    Setelah Anda mengetahui berbagai model taplak meja makan maka jangan lupa untuk mengikuti tips untuk perawatannya. So, model taplak meja mana yang cocok dengan Anda?