Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Model Tiang Teras Rumah

    10 Model Tiang Teras Rumah Minimalis Simpel Modern

    Siapa sangka, ternyata model tiang teras rumah dapat mempengaruhi tampilan fasad lho! Apalagi mengingat letaknya yang berada di muka bangunan, tentu salah satu bagian halaman ini juga berperan sebagai penentu impresi pertama para tamu. Oleh karena itu, sebaiknya pilih desain yang memang sesuai dengan konsep hunian Anda.

    Jangan sampai, model tiang teras rumah tampak tidak harmonis dengan elemen eksterior lain di sekitarnya. Nah agar tidak bingung, berikut beberapa inspirasi yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membangunnya.

    10 Model Tiang Teras Rumah

    Tidak hanya untuk mempercantik, tetapi tiang teras rumah juga memiliki fungsi melindungi area rumah dari sinar matahari atau hujan. Maka dari itu, bahan dasar yang digunakan juga harus kokoh dan tidak sembarangan. Jika bingung, bagaimana mendesain tiang teras supaya kuat sekaligus menarik, berikut ada beberapa model yang bisa Anda terapkan. 

    Beton minimalis

    model tiang teras rumah

    Sumber: gambrick.com

    Model tiang teras rumah biasanya menggunakan material beton. Mengapa? Karena harga beton relatif lebih murah berkisar Rp80.000 hingga Rp200.000, memiliki struktur yang kokoh, dan lebih awet untuk digunakan sebagai tiang penopang. Anda juga bisa menyesuaikan warna beton seperti putih atau abu, agar selaras dengan tema hunian minimalis.

    Kombinasi kayu dan batu bata

    model tiang teras rumah

    Sumber: bryanwallacebuilders.com

    Material kayu memiliki rona serta motif yang alami dan tidak pernah seragam. Di sisi lain, tiang teras dengan bahan ini dapat menciptakan kehangatan serta nilai artistik lebih. Saat musim hujan, kayu dapat membantu mengeluarkan hawa panas. Jika ingin menambahkan variasi tekstur dan motif, Anda juga bisa memadukan kayu dengan material batu bata yang selaras dari segi warna. 

    Tiang berkonsep monokrom

    model tiang teras rumah

    Sumber: pinterest.com

    Bagi pecinta monokrom dengan kombinasi warna hitam dan putih saja, konsep yang sama juga bisa Anda aplikasikan pada model tiang teras rumah. Tentunya kedua rona ini memberikan kesan hunian yang modern dan unik. Cocok bagi Anda ingin tema berbeda, tetapi tetap minimalis. 

    Model tiang teras rumah mewah dengan granit 

    model tiang teras rumah

    Sumber: sngranite.ie

    Di Indonesia, tiang granit dapat ditemukan di berbagai tipe perumahan, umumnya pada kelas menengah ke atas. Mengapa? Karena material granit tergolong lebih mahal, mencapai Rp300.000 per dusnya. Hal ini bukan tanpa alasan sebab, hunian yang menggunakan material granit menghadirkan kesan mewah dan berkelas, lewat detail halus seperti gambar di atas. Sangat cocok jika diaplikasikan dengan rumah berkonsep minimalis. 

    Tiang teras berkombinasi hitam dan coklat 

    model tiang teras rumah

    Sumber: houzz.com

    Tiang teras kombinasi hitam dan coklat ini cocok buat Anda yang ingin memiliki hunian elegan dengan rona gelap. Ditopang bebatuan cerah, membantu menerangkan suasana rumah supaya tidak terlalu suram. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa warna-warna yang dipilih harus selaras dan harmonis satu dengan lainnya. 

    Baca juga: 15 INSPIRASI MODEL PAVING BLOCK HALAMAN RUMAH TERBARU 2021

    Tiang teras berwarna merah putih 

    model tiang teras rumah

    Sumber: interiorsherpa.com

    Tiang teras rumah tak melulu harus menggunakan warna yang netral loh! Jika ingin mengadopsi konsep yang lebih unik tetapi tidak norak, Anda bisa menggabungkan putih dengan rona kontras seperti merah tua atau muda sekalipun. Cocok untuk rumah kecil agar tidak terlihat monoton. Namun kembali lagi, pemilihan warna harus disesuaikan dengan tema hunian Anda ya. 

    Tiang teras pada rumah minimalis

    model tiang teras rumah

    Sumber: houzz.com

    Seiring berjalannya waktu, konsep minimalis semakin marak diterapkan di desain hunian. Untuk menghadirkan tampilan sederhana, Anda dapat menggunakan warna netral pada bagunan seperti coklat yang kemudian dipadukan dengan model tiang teras berona putih. Perpaduan klasik antara kedua warna tersebut dapat membuat hunian terasa hangat dan nyaman. 

    Model tiang teras rumah batu alam 

    model tiang teras rumah

    Sumber: hjsrealty.co.id

    Tiang teras rumah batu alam dapat menciptakan suasana nyaman dan sejuk. Umumnya, material ini didesain dengan bentuk kotak minimalis untuk tiang teras hunian. Di sisi lain, Anda juga dapat memanfaatkan motif garis serta rona yang senada untuk menambahkan nilai estetika. Tidak perlu corakan ramai, cukup dengan material yang satu ini, dijamin rumah terlihat elegan dan mewah. 

    Scandinavian look berwarna putih 

    model tiang teras rumah

    Sumber: southernliving.com

    Pernah dengar scandinavian look dalam desain interior? Hunian gaya tersebut umumnya ditandai dengan warna netral yang dominan, pencahayaan alami lewat jendela besar, minimalis, dan lebih mementingkan fungsionalitas. Bagi pecinta konsep sederhana, Anda dapat membangun tiang teras berwarna putih yang berbentuk simple tanpa motif, seperti pada gambar. 

    Model tiang berbesi dipadukan dengan kaca

    model tiang teras rumah

    Sumber: countryliving.com

    Pemakaian kaca yang identik dengan konsep minimalis, semakin marak diaplikasikan ke dalam desain rumah. Biasanya, hal ini diwujudkan dalam bentuk jendela yang besar atau cermin. Anda bisa menggabungkan kaca tersebut dengan tiang besi yang juga bergaya minimalis. Di sisi lain, rona abu hitam pada tonggak besi juga terkesan netral sehingga cocok dipadukan dengan warna apapun. 

    Itulah beberapa rekomendasi model tiang teras rumah terbaru dalam berbagai gaya berbeda. Kira-kira, inspirasi manakah yang paling cocok dengan gaya hunian impian Anda? Setelah menentukan desain pilihan, pastikan juga untuk selalu menggunakan bahan material berkualitas agar tiang tetap berdiri kokoh.

    Mempercantik eksterior rumah memang tak ada habisnya, selalu ada angin segar dari perkembangan dunia arsitektur. Begitu juga dengan interior hunian, iCreate selaku toko furniture online terdepan di Indonesia pun terus berinovasi untuk menyediakan beragam kebutuhan dekorasi rumah berkualitas dengan harga terjangkau. Yuk klik beranda sekarang!

    Baca juga: 10 INSPIRASI MODEL KANOPI RUMAH MEWAH MINIMALIS KEKINIAN