Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Mushola Dalam Rumah

    9 Inspirasi Desain Mushola dalam Rumah Mungil Minimalis Modern

    Sebuah rumah bisa dinilai ideal apabila dapat memenuhi kebutuhan penghuninya. Akan sangat menyenangkan jika memiliki mushola dalam rumah sehingga ibadah lebih khusyuk. Yuk, intip beberapa inspirasi desain mushola dalam rumah berikut ini.

    9 Inspirasi Desain Mushola Dalam Rumah

    Tak harus besar, Anda juga bisa menyisihkan sedikit lahan ataupun memanfaatkan sisa area di rumah untuk menghadirkan mushola. Penasaran bagaimana bentuknya? Berikut beberapa inspirasi desain terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai ide kreasi di rumah.

    Desain mushola dalam rumah minimalis

    mushola dalam rumah

    Sumber: suba-arch.com

    Memiliki ruangan mushola dalam rumah minimalis banyak digunakan karena terbatasnya lahan yang tersisa. Ukuran mushola dalam rumah bisa bervariasi tergantung dengan lahan yang ada. Ukuran minimal tempat mushola di rumah adalah sekitar 70 x 140 cm. 

    Ukuran tersebut cukup digunakan untuk satu orang saja. Jika masih ada tempat, Anda bisa memperluas ukuran sehingga bisa dipakai berjamaah dengan keluarga. Meski berukuran kecil, Anda tetap bisa beribadah secara nyaman dengan pilihan konsep yang tepat. 

    Model mushola dalam rumah dengan konsep terbuka

    mushola dalam rumah

    Sumber: gambarrumah.online

    Bila ingin menambah suasana sejuk, Anda bisa menggunakan model mushola dalam rumah dengan konsep terbuka. Maksudnya terbuka adalah ruang tanpa sekat pembatas. Biasanya, konsep ini digunakan dengan tempat sholat yang menyatu dengan ruangan lain.

    Alternatif lain bila tetap menginginkan privasi, Anda dapat menggunakan sekat berupa kayu atau tirai berwarna putih agar ruangan tidak terasa sempit. Menggunakan konsep terbuka akan membuat desain mushola dalam rumah minimalis tampak nyaman tanpa rasa sesak. 

    Konsep alami yang menyejukkan

    mushola dalam rumah

    Sumber: realestate.id

    Nuansa alam bisa menjadi salah satu alternatif ide konsep desain mushola dalam rumah minimalis. Anda bisa menambahkan beberapa tanaman segar pada pojok ruangan. Selain itu, tambahkan juga rumput sintetis sebagai pengganti karpet untuk mushola.

    Gunakan juga jendela besar pada salah satu sisi mushola, atau memakai sebagian atap transparan untuk pencahayaan pada siang hari untuk memaksimalkan fungsi sinar matahari.

    Tema monokrom dengan warna netral

    mushola dalam rumah

    Sumber: vikufurniture.co.id

    Warna monokrom memang cocok digunakan pada ruangan apapun. Tak heran warna ini juga banyak ditemukan pada konsep desain modern minimalis yang sedang menjadi tren saat ini.

    Meskipun terlihat simpel, warna monokrom tetap terlihat menarik untuk dilihat. Anda bisa mengecat ruangan mushola dengan warna putih atau abu muda. Untuk menambah kesan monokrom, tambahkan juga rak berwarna hitam untuk menyimpan peralatan ibadah.

    Suasana hangat warna beige

    mushola dalam rumah

    Sumber: syamufa-architecture.com

    Warna tertentu memang memberikan kesan tersendiri saat dipandang, salah satunya warna beige. Warna beige atau krem akan membuat ruangan tampak hangat dan menenangkan. Caranya, Anda dapat mengkombinasi warna krem dengan warna putih atau coklat. 

    Kesan hangat juga dapat ditampilkan dengan tambahan sentuhan kayu. Anda bisa memakai pelapis lantai bermotif kayu atau menambahkan rak kayu pada sudut ruangan. Selain membuat suasana hangat pada mushola, warna beige juga dapat membuat ruangan tampak lebih luas. 

    Lantai marmer berikan kesan dingin 

    mushola dalam rumah

    Sumber: canstockphoto.com

    Penggunaan lantai marmer pada model mushola dapat memberikan kesan dingin nan adem pada ruangan. Kesan dingin, adem dan sejuk membantu Anda untuk lebih fokus saat beribadah. Mushola dalam rumah minimalis Anda juga menjadi nyaman untuk digunakan beribadah sehari-hari. 

    Warna pastel yang cocok untuk mushola

    mushola dalam rumah

    Sumber: rummx.id

    Warna pastel yang lembut dapat Anda jadikan sebagai referensi pada desain mushola dalam rumah. Anda bisa memainkan warna yang lucu untuk memberikan kesan playful namun tetap tidak berlebihan. 

    Gunakan juga pajangan dengan desain lucu yang berisi quotes untuk mushola Anda. Jangan lupa juga perhatikan warna cat ruangan dan aspek pencahayaan pada mushola. Lampu di mushola tidak boleh terlalu terang ataupun redup. Sebagai tips, Anda bisa menggunakan lampu dinding pada dua sisi.

    Mushola dengan tempat wudhu

    mushola dalam rumah

    Sumber: 1.bp.blogspot.com

    Wudhu adalah kebutuhan bagi siapapun yang hendak melaksanakan sholat. Untuk mempermudah pelaksanaannya, Anda bisa memanfaatkan sisa area dekat mushola sebagai tempat wudhu. Berikan sekat antara tempat wudhu dan mushola, agar lantai di dalam tempat sholat tidak basah karena terciprat oleh air. 

    Dekorasi unik untuk mushola

    mushola dalam rumah

    Sumber: joerg-wiele.de

    Agar ruangan mushola tidak monoton, Anda juga bisa menggunakan dekorasi atau hiasan pada dindingnya. Tambahkan juga wallpaper islami dengan tulisan arab ataupun lukisan tulisan kaligrafi untuk menghias ruangan mushola. Dekorasi seperti itu menambah kesan religius dari kaligrafi dan tulisan Arab yang telah dibuat. 

    Pastikan juga warna dekorasi sudah sesuai dengan tema ruangan agar mushola tampak indah. Usahakan untuk tidak menambahkan dekorasi terlalu banyak untuk mushola, cukup pilih satu hingga dua hiasan saja. Selain menambah estetika, ruangan ibadah pun nampak luas dan lebih indah. 

    Mushola yang nyaman tentu akan membuat siapapun tenang dalam beribadah. Beberapa inspirasi diatas biasa jadi pilihan bagi Anda yang ingin membuat model mushola dalam rumah. Bagaimana, tertarik menghadirkan model mushola dalam rumah?

    Baca juga: 12 INSPIRASI DESAIN MUSHOLA MINIMALIS UNTUK HUNIAN MUNGIL