Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Mushola Minimalis

    12 Inspirasi Desain Mushola Minimalis untuk Hunian Mungil

    Bagi sebagian orang, definisi tempat tinggal yang ideal adalah soal kemampuan rumah tersebut dalam memenuhi seluruh kebutuhan penghuninya. Terutama bagi mereka yang muslim, memiliki mushola minimalis di dalam rumah merupakan sebuah impian. Sebab, keberadaan mushola di tengah-tengah hunian dianggap mampu membuat aktivitas ibadah terasa lebih khusyuk.

    Terlebih jika letak rumah Anda jauh dari masjid, maka mushola minimalis dalam hunian boleh jadi solusi terbaiknya. Lalu bagaimana desain serta dekorasi mushola dalam rumah yang menarik? Yuk simak 12 ragam inspirasi lengkapnya berikut!

    12 Desain Mushola Minimalis Modern

    Di tengah keterbatasan lahan, Anda tetap bisa mewujudkan mushola impian di dalam rumah dengan perhitungan yang tepat. Tak harus luas, berikut 12 inspirasi desain mushola minimalis modern yang bisa jadi referensi terbaik Anda.

    Dominasi warna emas dan beige

    Sumber: 1.bp.blogspot.com

    Bila Anda memiliki ruang kecil yang tidak terpakai, coba sulap jadi area beribadah mini seperti inspirasi di atas. Sentuhan warna coklat muda dan emasnya yang mendominasi elemen interior di dalamnya, membuat desain mushola minimalis di atas tampak elegan. Tambahkan juga beberapa hiasan serta ornamen khas yang mendukung hadirnya suasana tenang. 

    Area ibadah rumah yang menenangkan

    Sumber: f1-styx.imgix.net

    Inspirasi desain mushola minimalis berikut tampak unik dengan konsep lapang dan lega yang ditawarkan. Anda juga bisa mengadopsinya dengan membiarkan area mushola terbuka begitu saja tanpa tambahan pintu agar udara segar bisa mengalir dengan leluasa. Hal ini tentu akan membuat kegiatan beribadah Anda bersama keluarga terasa lebih teduh dan khusyuk.

    Nuansa elegan yang islami

    Sumber: 1.bp.blogspot.com

    Penerapan konsep interior berkelas yang elegan ternyata juga cocok diterapkan pada mushola minimalis modern seperti desain di atas. Sentuhan ornamen kaligrafi di dindingnya menjadi daya tarik utama yang mampu menghadirkan kesan islami di dalamnya. Terakhir, coba tambahkan sajadah tebal yang empuk di tengah-tengah mushola untuk membuat momen ibadah terasa lebih khidmat dan nyaman.

    Tetap lapang walau di area sempit

    Sumber: blogpictures.99.co

    Bagi Anda yang ingin membuat ruang beribadah di dalam rumah namun merasaminder karena minimnya lahan, desain mushola minimalis di atas bisa jadi salah satu referensi terbaik. Meski di tengah area sempit, cobalah untuk selalu fokus pada komposisi penyusun ruang. Hasilnya bahkan Anda bisa menambahkan tempat berwudhu tepat di belakang area sholat.

    Warna-warni dekorasi hiasan

    Sumber: storydrops.blogspot.com

    Ragam warna dan corak pada desain mushola minimalis kali ini sukses membuat tampilan area ibadah di atas tampak sangat cerah dan ceria. Apalagi dengan kehadiran tanaman-tanaman kecil, suasana sekitar mushola pun terasa lebih teduh dan segar. Anda juga bisa menambahkan dinding partisi dari kayu di samping mushola sebagai penyekat agar area ibadah tetap terasa privat.

    Hangat dengan sentuhan kayu alami

    Sumber: i0.wp.com

    Walau tanpa detail kekinian berlebih, desain mushola minimalis kali ini tetap berhasil menampilkan area beribadah dengan nuansa hangat yang menenangkan. Hal ini disebabkan oleh pemilihan elemen kayu di hampir seluruh elemen interior di dalamnya. Dijamin, aktivitas beribadah Anda bersama keluarga akan terasa lebih nikmat dan penuh penghayatan.

    Sudut kecil di bawah tangga

    Sumber: beauty-glamorous.blogspot.com

    Bagi Anda yang memiliki rumah dengan lantai lebih dari satu, coba manfaatkan sudut kecil di bawah tangga menjadi mushola minimalis modern. Caranya, buat permukaan lantai area mushola lebih tinggi dari area sekitarnya sebagai penanda batas lahan. Selanjutnya, berikan beberapa dekorasi dan hiasan dinding yang sesuai dengan konsep desain mushola.

    Ornamen ala timur tengah yang elegan

    Sumber: bramblefurniture.com

    Bila bosan dengan konsep minimalis yang itu-itu saja, desain mushola minimalis modern yang elegan seperti inspirasi di atas bisa jadi referensi menarik selanjutnya. Sentuhan warna, kaligrafi, serta ornamen klasik khas timur tengah yang berkelas tentu akan membuat interior mushola tampak lebih unik dan mewah.

    Semi outdoor yang alami

    Sumber: encrypted-tbn0.gstatic.com

    Punya taman kecil terbuka samping rumah? Coba padukan dengan mushola minimalis semi outdoor seperti inspirasi desain di atas. Rimbunnya rerumputan hijau di sekitar mushola tentu akan memberikan suasana beribadah baru dan segar yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Tambahkan batuan putih sebagai batas penanda area mushola dan taman.

    Tambahan area berwudhu di lahan sempit

    Sumber: rumahlia.com

    Sudut kecil di rumah bukan masalah! Anda tetap bisa mewujudkan mushola minimalis lengkap dengan tempat berwudhunya seperti inspirasi desain di atas. Caranya, buat permukaan area inti untuk sholat lebih tinggi dan lapisi dengan karpet empuk. Kemudian, tambahkan lemari kabinet dan rak gantung untuk menyimpan peralatan untuk ibadah

    Lapang tanpa detail berlebih

    Sumber: nada313.com

    Bila ingin membuat mushola minimalis yang lapang tanpa detail dan corak berlebih, konsep kali ini patut Anda coba! Caranya, pilihlah warna cat abu-abu yang netral dan cenderung kalem untuk membuat nuansa interior lebih tenang. Selanjutnya, tambahkan kipas angin gantung di salah satu sisinya agar udara sekitar mushola tetap terasa segar.

    Susunan papan di atas kolam kecil

    Sumber: i1.wp.com

    Inspirasi desain mushola minimalis modern terakhir ini termasuk konsep area beribadah yang paling unik. Pasalnya, permukaan mushola tersebut dibangun di atas kolam dengan air mengalir di bawahnya. Gemericik suara air dari kolam tentu akan menambah suasana teduh yang menenangkan saat momen beribadah berlangsung.

    Jadi, inspirasi desain nomor berapakah yang paling Anda sukai? Apapun desain mushola minimalis pilihan Anda nantinya, pastikan untuk selalu merawat dan membersihkannya dengan rutin. Apalagi mengingat fungsinya sebagai tempat beribadah, perhatikan juga tata letak mushola dan kesesuaian desainnya dengan konsep hunian.

    Kemudian bila memang ingin menambah dekorasi tertentu di dalamnya, sebaiknya pilihlah hiasan yang tak terlalu mencolok. iCreate menjual aneka aksesoris cantik berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa lengkapi kebutuhan mushola dan interior ruang lainnya di rumah. Lihat berbagai pilihannya, dan selamat mencoba!

    Baca juga: 9 INSPIRASI DESAIN MUHSOLA DALAM RUMAH MINIMALIS MODERN